Apa Artinya Cinta

Pentingnya belajar tentang hubungan cinta yang sehat

Dari Kisahcintasejati.com, tempat asyik belajar keromantisan cinta untuk kamu dan si dia.

Pentingnya belajar tentang hubungan cinta yang sehat
Ilustrasi acak tentang Pentingnya belajar tentang hubungan cinta yang sehat (sumber: Pixabay.com)

Betapa pentingnya belajar tentang hubungan cinta yang sehat untuk memotong dan menghentikan segala macam bentuk kekerasan atas nama cinta yang dimanfaatkan oleh beberapa orang agar tujuannya tercapai atau terpenuhi, belajar hubungan cinta sama artinya kita belajar untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri.

Bahasa kerennya belajar evaluasi diri untuk mengenal siapa diri kita yang sebenarnya, bagaimana karakter dan kebiasaan kita, bagaimana pola komunikasi kita, bagaimana kita belajar menghadapi konflik, bagaimana daya juang dan daya tahan kita sendiri.

Bagaimana tingkat keegoisan dan kesabaran kita, bagaimana pola penyelesaian masalah kita bersama sang kekasih, bagaimana bentuk penghargaan kita, bagaimana cara kita untuk menyenangkan dan membahagiakan kekasih kita, bagaimana tingkat rasa tanggung jawab yang kita miliki, bagaimana tingkat rasa jenuh atau kebosanan kita, dan lain-lain.

Pentingnya belajar tentang hubungan cinta yang sehat itu sama saja artinya kita belajar untuk meningkatkan kualitas diri atau belajar evaluasi diri agar tidak memunculkan muatan emosional dan keegoisan di dalam hubungannya

Setelah kita belajar mengenai hubungan cinta maka kita juga harus belajar kekerasan atas nama cinta seperti berselingkuh, mengucapkan kata-kata kasar sampai menghina harga diri, terlalu menuntut untuk dituruti semua keinginannya tanpa terkecuali, bersikap egois, terlalu posesif, mengajak berhubungan badan di luar nikah dengan mengumbar janji-janji belaka.

Acara putus nyambung dengan minta balikan lagi, suka sekali menyalahkan kekasihnya atas apa yang terjadi di dalam hidupnya, langsung meninggalkan kekasihnya seorang diri ketika posisi hubungannya lagi tidak nyaman secara finansial, mendiamkan masalah sampai berlarut-larut, mengekang secara berlebihan dan lain-lain.

Baca juga:  Pria Mudah Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama ketimbang Wanita

Pentingnya belajar tentang hubungan cinta yang sehat untuk mencegah dan mengenali bentuk kekerasan atas nama cinta seperti yang ada di atas, kalau kita tidak pernah belajar hubungan cinta secara utuh bisa berpotensi memunculkan hubungan cinta yang tidak sehat ke depannya. Istilahnya kita tanpa sadar telah melahirkan adanya potensi konflik kekerasan di dalam hubungannya yang tidak kunjung padam.

Hal tersebut bisa menjadi salah satu pemicu munculnya hubungan yang tidak sehat ke depannya selalu saja penuh dengan muatan emosional bahkan mendatangkan seorang kekasih yang tidak baik hatinya, penyebabnya kita tidak pernah belajar tentang hubungan cinta secara utuh dan kita tidak pernah belajar untuk mengenal siapakah diri kita yang sebenarnya.

Efeknya kita tidak bisa mengenal kekasih kita secara utuh seperti apa orangnya karena kita hanya berfokus untuk hura-hura dan senang-senang dalam menjalani hubungannya, tanpa mau mengenal lebih dalam seperti apa visi misinya, karakternya dan kebiasaannya kekasih kita.

Tak heran kita jadi bingung ketika kekasih kita mulai berubah tidak seperti dulu lagi, bingung tiba-tiba kekasih kita menghilang tanpa kabar, bingung pola penyelesaiannya ketika ada konflik yang muncul, bingung bagaimana cara berkomunikasi dengan kekasih kita, bingung cara untuk menolak permintaannya kekasih kita yang dianggap oleh kita sangat berlebihan, dan lain-lain.

Ironis bukan itulah berbagai macam kasus yang sering dijumpai di dalam hubungan cinta seperti kebingungan untuk belajar bersikap atau berperilaku, belajar berkomunikasi secara terbuka dan jujur, belajar berkata tidak, belajar mau dibawa ke mana arah hubungannya, belajar untuk bisa menghargai, belajar menerima kekurangan dan kelebihan, belajar menghadapi konflik.

Baca juga:  Kenali 10 Tanda Cewek yang Sudah Siap Menikah

Pentingnya belajar tentang hubungan cinta yang sehat untuk menekankan atau menghindari kita dari perilaku-perilaku yang cenderung buas penuh dengan muatan emosional atau pikiran yang negatif hanya mengedepankan nafsu belaka, kalau kita belajar hubungan cinta akan diajari lebih mengedepankan kejernihan pola pikir dan pola rasa di dalam hubungannya, yaitu saling memahami, saling mengerti dan saling mengalah satu sama lainnya.

Konsekuensi siapa pun yang berani menjalin hubungan cinta bersama orang yang dicintai dan sayangi harus bisa menghadirkan di dalamnya adalah kenyamanan dan keamanan kebutuhan perasaan hubungannya, istilahnya masing-masing pasangan berupaya keras dalam memberikan hubungannya terasa nyaman, aman, tenteram, dan bahagia karena ini menyangkut masa depan hubungannya.

Kalau ingin memiliki hubungan cinta yang sehat dalam jangka panjang, ketika ada konflik yang muncul sebisa mungkin berupaya keras untuk menghindari adanya kekerasan tangan maupun lisan. Upayakan komunikasikan dan berinteraksi dengan cara baik-baik dalam menyelesaikan konflik yang muncul berdasarkan kejernihan pola pikir dan pola rasa.

Pentingnya belajar tentang hubungan cinta yang sehat agar kita bisa belajar bagaimana caranya mengedepankan kejernihan pola pikir dan pola rasa, atau kita mengenalnya dengan “akal sehat” seperti yang kita ketahui logika akan diikuti sepanjang tidak bertentangan dengan hati, sedangkan hati akan didengar sepanjang tidak bertentangan dengan logika.

Akhirnya kita bisa bersikap tegas apabila melihat atau tidak terima dengan perilaku-perilaku buruk kekasih yang mengatasnamakan cinta, terutama perilaku-perilaku yang bisa merusak kelangsungan hubungannya ke depan sebagai cikal bakal munculnya sebuah hubungan cinta yang tidak sehat.

Baca juga:  Pacaran Lama Tidak Menjamin Kamu Akan Menikah

Contohnya hubungan cinta yang tidak sehat seperti si cowok minta hubungan badan di luar nikah sama ceweknya dan berjanji akan dinikahi juga setia selamanya sama ceweknya, atau ceweknya minta sejumlah uang tertentu tiap bulannya sama cowoknya yang alasannya belajar menjadi calon istri yang baik dengan mengelola keuangan sebelum menikah.

Kesimpulan pentingnya belajar tentang hubungan cinta yang sehat:

Kalau kita ingin memiliki hubungan cinta yang sehat dan seorang kekasih yang baik juga bertanggung jawab dalam hubungan cintanya, caranya kita harus belajar hubungan cinta secara utuh. Artinya kita belajar untuk meningkatkan kualitas diri atau belajar evaluasi diri buat mengenal lebih jauh siapakah diri kita maupun kekasih yang sesungguhnya.

Kalau kita tidak pernah belajar hubungan cinta secara utuh bisa memunculkan sikap keegoisan di dalam hubungannya dan berpotensi memunculkan hubungan cinta yang tidak sehat ke depannya, tanpa sadar kita telah melahirkan adanya potensi konflik kekerasan di dalam hubungannya. Tak heran hubungannya selalu saja penuh dengan muatan emosional bahkan mendatangkan seorang kekasih yang tidak baik hatinya.

Tujuan kita belajar hubungan cinta itu untuk belajar bersikap atau berperilaku, belajar berkomunikasi atau menangkap pesan, belajar berkata tidak, belajar mau dibawa ke mana arah hubungannya, belajar menghargai, belajar menerima kekurangan dan kelebihan, juga belajar menghadapi konflik.

Terima kasih sahabat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca pentingnya belajar tentang hubungan cinta yang sehat, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Berikan komentarnya atau ada yang ingin ditanyakan?




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge