Apa Artinya Cinta

Pendidikan karakter cinta dengan cara melatihnya

Dari Kisahcintasejati.com, tempat asyik belajar keromantisan cinta untuk kamu dan si dia.

Pendidikan karakter cinta dengan cara melatihnya
Ilustrasi acak tentang Pendidikan karakter cinta dengan cara melatihnya (sumber: Pixabay.com)

Pendidikan karakter cinta dengan cara melatihnya bertujuan untuk membentuk karakter budi pekerti yang di dalamnya ada kebaikan dan semangat, kebaikan bisa berwujud kejujuran, kesopanan, rasa empati, kesabaran, kepekaan, menghargai dan sejenisnya.

Sedangkan semangat bisa berwujud pantang menyerah, berani bertanggung jawab, tangguh, keuletan, rajin, mau belajar untuk memiliki pengetahuan lahir maupun batin dan sejenisnya. Pembentukan budi pekerti dalam cinta bukan hanya urusan moral saja melainkan di dalamnya ada kebaikan dan semangat tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya.

Kalau ingin memiliki cinta yang baik maka di dalamnya harus memiliki keduanya, yaitu kebaikan dan semangat yang positif apabila hanya salah satu saja maka pertumbuhan cintanya bisa menimbulkan suatu masalah di kemudian hari.

Misalnya kalau hanya memiliki rasa empati saja tetapi malas atau tidak mau belajar untuk memiliki pengetahuan lahir maupun batinnya bisa dibodohi atau sekedar dimanfaatkan oleh kepentingan sang kekasih dengan menggunakan kata-kata cinta dan sayang untuk melancarkan tujuannya.

Pendidikan karakter cinta juga bisa untuk mengontrol keinginan atau keegoisan sesaatnya sehingga apapun hasil yang diperolehnya selalu bisa memuaskan dan menenteramkan jiwanya bahkan ketika kita berusaha sedemikian kerasnya untuk mendapatkan hasil yang terbaik tetapi kenyataannya berbeda, yaitu kegagalan.

Baca juga:  Jawaban Pacarmu Sekarang Belum Tentu Jodohmu

Beranggapan kegagalan adalah sesuatu hal yang lazim terjadi akan ditemui dalam hidup sebagai sarana untuk belajar memperbaiki kualitas diri agar tidak mengulangi kegagalan yang sama berulang-ulang, ini membuat kita memaksakan diri sendiri untuk belajar berlatih dan mengembangkan potensi diri dengan melakukan kegiatan yang berulang-ulang atau biasanya kita menyebutnya sebagai kebiasaan.

Adanya kegagalan yang terjadi dalam hidup bisa membuat diri sendiri menyadari ada yang salah dengan apa yang kita lakukan dalam hidup ini sehingga kita berusaha menjadi lebih baik lagi dengan terus-menerus berlatih menjadi terampil lagi, untuk menghadapi dan mengatasinya buat menghindari kemungkinan kegagalan yang sama agar tidak terjatuh ke lubang yang sama kedua kalinya.

Kebiasaan melatih karakter cinta sangat membutuhkan namanya proses dan kerja keras untuk mampu mendapatkan sesuatu yang lebih baik lagi kedepannya sehingga efek dari kebiasaan ini bisa membuat kita mampu melihat mana kekurangan dan mana kelebihan kita sendiri.

Berawal dari sana kita bisa berfokus untuk belajar dan mengembangkan mana yang harus diperbaiki juga mana yang harus ditingkatkan, kebiasaan ini bisa membuat kita pada hari ini tampil lebih baik daripada hari kemarin.

Baca juga:  Istilah Jomblo Tidak Mengenal Batasan Usia bagi Siapa Saja

Bagaimana cara untuk melatih karakter cinta, pertama kali tumbuhkan dan mantapkan niat lalu belajar pelan-pelan dan tahap demi tahap seperti belajar bersabar terhadap hal apapun, belajar menahan amarahnya walaupun kita sebenarnya bisa untuk marah, belajar menerima dan memahami kekurangan orang lain.

Belajar memanajemenkan untuk mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan sendiri, belajar berbakti dan menyayangi kedua orang tua maupun orang-orang terdekat yang kita sayangi, terakhir belajar mendekatkan diri kepada Tuhan.

Jika kita sering melatih karakter cinta sepanjang hidup kita bisa membantu untuk melawan atau menekankan keegoisan yang ada di dalam diri kita, kebiasaan yang baik ini akan menuntut kepada diri kita untuk memfokuskan dan memberikan yang lebih baik lagi di dalam kehidupan kita melalui jalan yang baik dan kerja keras untuk memperolehnya.

Daripada hanya memikirkan bagaimana secepatnya mendapatkan sesuatu yang diinginkannya melalui jalan pintas tanpa kerja keras, biasanya hasil yang diperoleh tidak akan tahan lama disebabkan di dalam dirinya selalu memunculkan perasaan yang tidak selalu puas atau selalu saja merasa kurang terhadap hal apapun yang dia dapatkan.

Baca juga:  Perempuan Terlahir sebagai Sosok yang Menguatkan

Tak heran di dalam hidupnya selalu saja kurang bisa memanajemenkan untuk menenteramkan dan mendamaikan jiwanya apabila tidak sesuai dengan harapannya selalu saja menyalahkan keadaan atau orang terdekatnya, baca juga energi positif cinta bisa membuat kita jadi sukses.

Kesimpulannya: pendidikan karakter cinta dengan cara melatihnya untuk menanamkan pendidikan karakter mental supaya tertanam kuat di dalam jiwanya, semua hal tersebut tergantung dari keberhasilan dari diri sendiri untuk menekankan adanya suatu keegoisan sesaat yang muncul dari diri sendiri, keberhasilan dalam rangka menekankan keegoisan sesaat untuk menghasilkan atau memperoleh kepuasan dan kebahagiaan tersendiri dalam hidupnya melalui hasil kejujuran dan kerja keras.

Terima kasih sobat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca pendidikan karakter cinta dengan cara melatihnya, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Sobat ada tanggapan lain?




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge