Metode yang Bisa Memenangkan Perdebatan Tanpa Merusak Hubungan

Metode yang Bisa Memenangkan Perdebatan Tanpa Merusak Hubungan
Ilustrasi Metode yang Bisa Memenangkan Perdebatan Tanpa Merusak Hubungan (Sumber: pixabay.com)

Ini metode yang bisa memenangkan perdebatan tanpa merusak hubungan kamu dengan pasanganmu. Perdebatan yang terjadi dalam hubungan cinta bisa terjadi kepada siapa saja dan topik yang beragam. Hanya saja, terkadang perdebatan berakhir dengan salah satu pihak yang merasa jengkel. Tentu saja ini dapat berakibat buruk pada hubungan asmara.

Perdebatan yang terjadi pada sepasang kekasih dalam hubungan cinta bisa menimbulkan dampak positif. Dari debat tersebut, kamu bisa memperoleh manfaat lebih jauh, seperti lebih mengenal karakter pasangan, kesempatan belajar bersikap lebih dewasa, serta momen untuk belajar menghadapi konflik maupun berkompromi.

Salah satu metode yang bisa memenangkan perdebatan tanpa merusak hubungan dan tidak kehilangan rasa kasih sayang adalah gunakan fakta dan data, pakai bahasa yang tepat, pahami memahami maksud pasangan, simak dan dengarkan pasanganmu, aturlah nada suara dan bahasa tubuhmu, hingga berani minta maaf

Dalam perdebatan dengan pasangan dalam hubungan cinta, sebenarnya tidak terlalu penting siapa yang menang. Namun, jika kamu ingin memenangkan perdebatan, pastikan tidak memperburuk hubungan cinta yang telah ada (rusaknya hubungan cinta). Kamu bisa mencoba metode memenangkan perdebatan tanpa merusak hubungan asmara di bawah.

Ada tujuh metode yang bisa memenangkan perdebatan tanpa merusak hubungan yang bisa kamu terapkan sebagai berikut:

Baca juga  20 Cara Pasti untuk Move On Dari Gebetan yang Cuek

1. Gunakan fakta dan data
Metode memenangkan perdebatan tanpa merusak hubungan yang pertama adalah mengungkapkan data dan fakta yang sesungguhnya bukan hoax. Dengan data dan fakta tersebut, pasangan bakal bisa berpikir secara logis mengenai pendapat yang kamu utarakan. Apalagi, kalau data dan fakta tersebut berasal dari sumber yang punya kredibilitas tinggi.

2. Pakai bahasa yang tepat
Cara keduanya adalah menggunakan pola bahasa yang tepat. Hal yang kerap kali terjadi, perdebatan antara pasangan memanas karena salah satu pihak sering mengutarakan pendapat dengan bahasa yang kurang tepat. Misalnya, berbicara kasar atau gunakan nada tinggi. Alhasil, informasi atau pembicaraan yang ditangkap oleh pasangan jadi jauh berbeda.

3. Cobalah memahami maksud dari pasangan
Apa pun perdebatan yang terjadi, kamu harus bisa mencoba untuk memahami maksud pendapat dari pasanganmu (dengarkan dan menyimaknya). Jangan menyalahkan pasangamu secara mentah-mentah. Selain itu, jangan pernah sekali-kali menyerang karakter pasangan. Sebaiknya, kamu pahami pendapatnya dan lihatlah masalah dari sudut pandang pasanganmu.

4. Ajukan sebuah pertanyaan
Metode yang bisa memenangkan perdebatan tanpa merusak hubungan yang berikutnya adalah mengajukan pertanyaan mengenai masalah yang terjadi. Tujuan dari pengajuan pertanyaan ini adalah untuk menggali lebih banyak informasi dari pasangan. Dari sana, kamu bisa mengubah perdebatan dalam hubungan ke arah momen diskusi dengan suasana yang kondusif.

Baca juga  Betapa Konyolnya Mengandalkan Hubungan Cinta yang Labil

5. Simaklah dan dengarkanlah pasanganmu
Menyimak dan mendengarkan merupakan metode yang bisa memenangkan perdebatan tanpa merusak hubungan yang selanjutnya. Hal ini berkaitan erat dengan pengajuan pertanyaan yang ada di atas. Agar bisa menyimak dan mendengar lebih banyak informasi, kamu perlu mengajukan pertanyaan menggunakan kata-kata “bagaimana”, “mengapa”, atau “apa”. Selanjutnya, dengarkan pendapat pasanganmu secara seksama itu saja.

6. Atur nada suara dan bahasa tubuh
Cara selanjutnya yang perlu kamu lakukan ketika berdebat dengan pasangan adalah memperhatikan nada suara dan bahasa tubuh. Jangan pernah kamu menunjukkan nada suara yang keras, tinggi, bahkan membentak. Selain itu, bahasa tubuh juga harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai kamu emosi karena perdebatan yang mulai memanas.

Kamu perlu mengatur napas agar nada suara dan bahasa tubuh tetap terjaga (stabil). Caranya adalah mengambil napas dengan dalam-dalam dan perlahan-lahan. Perlu kamu ketahui, hal yang membuat kamu menang dalam perdebatan bukan terkait apa yang disampaikan. Namun, kemenangan ditentukan bagaimana cara kamu menyampaikannya.

7. Tidak sungkan minta maaf
Terakhir, metode yang bisa memenangkan perdebatan tanpa merusak hubungan yang perlu kamu lakukan adalah mengajukan permintaan maaf. Hal ini dilakukan kalau ada hal yang tidak menyenangkan atau menyakitkan telah kamu ucapkan selama perdebatan. Ini tidak kalah pentingnya, kamu juga harus bertanggung jawab atas pendapat yang telah kamu utarakan. Hal ini perlu dilakukan sebagai bukti bahwa kamu menganggap penting apa yang tengah diperdebatkan merupakan problem yang serius.

Baca juga  Cara Tepat Menenangkan Perempuan yang Sedang Menangis

Kesimpulan metode yang bisa memenangkan perdebatan tanpa merusak hubungan

Beberapa metode memenangkan perdebatan tanpa merusak hubungan di atas, tidak hanya bisa diterapkan ketika berhadapan dengan pasangan. Misalnya, lingkungan sosial. Kamu juga bisa menggunakan cara yang sama ketika berdebat dengan orang-orang terdekat. Tentu saja kamu harus memperhatikan tujuh ketentuan, seperti gunakan fakta dan data, pakai bahasa yang tepat, cobalah memahami maksud pasangan, mengajukan pertanyaan yang terkait perdebatan, simak dan dengarkan pasanganmu, aturlah nada suara dan bahasa tubuhmu, serta berani minta maaf. Dengan cara itu, kamu bisa memastikan tidak kehilangan rasa kasih sayang dari orang-orang terdekatmu.

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca metode yang bisa memenangkan perdebatan tanpa merusak hubungan. Bagikan artikel ini kepada teman-temanmu, pacarmu, atau keluargamu. Jika kamu punya pendapat lain tentang metode yang bisa memenangkan perdebatan tanpa merusak hubungan? Berikan komentarnya di bawah.