Inikah Emosi Cinta

Menghadapi pasangan tukang bohong beberkan fakta

Dari Kisahcintasejati.com, tempat asyik belajar keromantisan cinta untuk kamu dan si dia.

Menghadapi pasangan tukang bohong beberkan fakta
Ilustrasi acak tentang Menghadapi pasangan tukang bohong beberkan fakta (sumber: Pixabay.com)

Menghadapi pasangan yang berbohong menjadi tantangan tersendiri bagi kita sebagai pasangannya lalu bagaimana sebaiknya respon kita sebagai pasangannya bila ternyata mengetahui pasangan kita berbohong, apa yang harus kita lakukan. Kebohongan yang dilakukan oleh pasangan kita bisa berbeda-beda sesuai dengan situasi dan kondisi juga fase usia dari pasangan kita sendiri.

Untuk menghadapi pasangan berbohong maka kita harus memiliki nalar dan kemampuan beragrumentasi yang tinggi, tujuannya bukan untuk melawan ataupun menjatuhkan pasangan kita tetapi ingin membangun dan membesarkan hubungan cinta dengan karakter yang menghargai kejujuran sehingga hubungannya dapat terbuka atau bisa berbagi dalam hal apapun.

Apa sebenarnya yang membuat pasangan kita berbohong, di antaranya ada perasaan insecure lalu mengalihkan kesalahan kepada orang lain, bisa juga peer pressure bisa mengakibatkan pasangan kita berbohong dengan mengarang suatu cerita yang sebenarnya tidak ada tetapi kemudian pasangan memghindari dari sesuatu yang tidak menyenangkan seperti takut atau kesal dimarahi oleh kita karena ketahuan berbohong.

Menghadapi pasangan tukang bohong beberkan fakta dengan memiliki bukti-bukti nyata yang konkret, kemampuan nalar dan kemampuan beragrumentasi yang tinggi

Pasangan berbohong sebenarnya merupakan salah satu mekanisme pembelaan dirinya atas apa perbuatan yang dia lakukan ada kemungkinan besar perbuatannya bisa mengakibatkan kita menjadi kesal maupun kecewa kepadanya sehingga pasangan kita memutar otaknya untuk menciptakan suatu rangkaian kata-kata melalui kemampuan nalar dan daya imajinasinya untuk berbohong supaya masuk akal.

Baca juga:  Cara Tepat untuk Memperoleh Restu Menikah dari Orang Tua

Lalu bagaimana menyikapinya jika pasangan kita berbohong maka jangan langsung melontarkan tuduhan kepada pasangan kita ketika menghadapi kondisi tersebut, misalnya “kamu berbohong, kamu selingkuh di belakangku”, itu namanya kita secara tidak langsung menuduhnya pasti pasangan kita tidak mau mengakuinya atau menyangkalnya bahkan malah marah besar kepada kita.

Ada cara lain yang lebih elegan ketika mengetahui pasangan berbohong yang seharusnya dilakukan oleh kita adalah membeberkan fakta, tentu saja kita harus mengumpulkan terlebih dulu fakta-fakta pendukung sebelum berbicara kepada pasangan kita. Misalnya “sayang, saya punya bukti sudah mengumpulkan semuanya dari awal dan menemukan kamu selingkuh di belakangku, juga kemarin minggu katanya kamu ada keperluan keluarga tetapi dua sahabatku melihat kamu lagi jalan sama orang lain, ini fotonya”.

Dalam membeberkan fakta buatlah pasangan kita nyaman untuk bercerita dan mengakui kebohongannya, ajaklah mengobrol pasangan kita dengan nada lembut tapi tegas dan usahakan jangan marah dengan menekan emosi kita juga siapkan diri kita untuk siap menerima kebenarannya ketika pasangan sudah mengakui dan menceritakan yang sebenarnya.

Tujuannya untuk menghindari dari reaksi kita yang langsung marah dan menuduh pasangan kita berbohong seringkali membuat pasangan semakin menyangkal dan membuat kebohongan-kebohongan lainnya, akhirnya hubungan cinta kita bersama pasangan selalu diwarnai dengan kebohongan. Jika kita membeberkan fakta dan konsekuensinya kepada pasangan maka kebohongan tidak akan berlanjut sehingga hubungan kedepannya dijalani penuh dengan keterbukaan dan kejujuran bisa mencegah siapapun yang mau merusak hubungan kita bersama pasangan kedepannya.

Baca juga:  Pacar Minta Break Tandanya Ia Suka Lari dari Masalah

Setelah membeberkan fakta dan konsekuensinya selanjutnya kita bisa mendiskusikan solusinya untuk memberikan pengertian kenapa pasangan berbohong termasuk paparkan juga konsekuensinya ketika pasangan berbohong perlu diingatkan kembali mengenai komitmen awalnya karena ini bagian dari salah satu tanggungjawabnya pasangan kita dalam menjaga hubungan cintanya.

Di sisi lain supaya pasangan kita tidak berbohong lagi maka kita sendiri jangan pula berbohong kepada pasangan kita tetapi berikanlah contoh perbuatan yang baik dan positif dengan selalu mengutamakan kejujuran dan keterbukaan dalam hal apapun, bila kita melanggarnya dengan melakukan kebohongan dan ketahuan oleh pasangan kita. Ini merupakan inkonsistensi dan sangat mungkin ditiru oleh pasangan sehingga hubungan cinta yang terjadi selalu diwarnai penuh dengan kebohongan.

Hubungan cinta supaya tidak ada kebohongan di dalamnya berkaitan erat dengan namanya komunikasi dua arah, penghargaan, cara dalam mengatasi suatu masalah yang datang, kenyamanan dan keamanan perasaan dalam menjalin suatu hubungan. Apakah penuh dengan kejujuran dan keterbukaan atau sebaliknya, misalnya kita melakukan kesalahan maka kita harus berani mengakui, meminta maaf dan menerima konsekuensinya karena ketika pasangan berbuat kesalahan maka pasangan berani mengakui, meminta maaf dan menerima konsekuensinya.

Tanda-tanda pasangan kita berbohong dapat dilihat dari menghindari menatap mata kita, mengulangi kata-katanya dengan jawaban bertele-tele, menyentuh wajah seperti menggosok hidung dan memegang alis, terlihat sekali reaksinya defensif atau membela diri, gestur dari bahasa tubuhnya seperti menyembunyikan tangan di belakang atau tangannya tidak tenang ataupun mata berkedip lebih banyak, adanya perubahan suaranya, perilakunya mulai berubah tidak seperti biasanya misalnya menjadi lebih pendiam atau sebaliknya.

Baca juga:  Empat Kebiasaan Sepele Ini dapat Merusak Hubungan Cinta

Kesimpulan menghadapi pasangan tukang bohong beberkan fakta:

Kita harus memiliki nalar dan kemampuan beragrumentasi yang tinggi bukan untuk melawan atau menjatuhkan pasangan tetapi lebih ingin membangun hubungan cinta dengan karakter yang menghargai kejujuran, pasangan berbohong salah satu mekanisme pembelaan dirinya atas perbuatan yang dia lakukan bisa mengakibatkan diri kita menjadi kesal dan kecewa sehingga pasangan memutar otak lewat kemampuan nalar dan daya imajinasinya untuk berbohong supaya masuk akal.

Pasangan berbohong jangan langsung menuduhnya kalau dituduh pasangan akan makin menyangkal tetapi membeberkan faktanya dan berusaha jujur kepada pasangan sehingga pasangan juga bisa melihat bahwa berbohong sekecil apapun tidaklah baik untuk hubungan kedepannya, seburuk apapun kondisinya jujur tetap lebih baik. Menjalin hubungan cinta dengan fondasi kejujuran dan keterbukaan dibangun sejak dari awal akan membuat hubungan jauh lebih harmonis dan saling percaya satu sama lainnya.

Terima kasih sobat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca menghadapi pasangan tukang bohong beberkan fakta, jangan lupa membookmark atau berbagi artikel ini ke teman-temanmu, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Sobat ada tanggapan lain?




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge