Apa Artinya Cinta

Mengenal cinta untuk memahami dan mengelola emosi

Mengenal cinta untuk memahami dan mengelola emosi

Mengenal cinta untuk memahami dan mengelola emosi seperti yang kita tahu bahwa emosi adalah bagian dari diri kita, termasuk juga bagian dari hubungan cinta. Mengenali emosi bisa mempersiapkan kita untuk menghadapi kehidupan hubungan cinta di masa depan maka belajar untuk latihan pengelolaan emosi sangat diperlukan.

Belajar pelatihan pengelolaan emosi bisa membuat kita menjadi pribadi yang sehat secara mental apabila kita tidak mampu mengekspresikan emosi maka kita akan kesulitan beradaptasi dalam lingkungan hubungan cinta itu sendiri terutama kita jadi kesulitan mengenali emosi kekasih kita dan akhirnya kita jadi egois.

Latihan pengelolaan emosi sangat dibutuhkan keseriusan niat yang tinggi berasal dari dalam diri kita apalagi emosi pada anak usia muda atau anak ABG suka naik turun atau masih labil kondisinya, melalui pemahaman emosi yang baik dari latihan pengelolaan tersebut maka kita mampu mengenali macam-macam emosi yang sang kekasih miliki.

Salah satu cara latihan pengelolaan emosi dalam hubungan cinta bisa melalui latihan mengajak berkomunikasi dengan menanyakan apa yang membuatnya menjadi seperti itu, tentu saja kita harus belajar peka terlebih dahulu terhadap tanda-tanda yang ditunjukkan oleh si dia.

Perhatikan tanda-tandanya umumnya emosi yang diperlihatkan melalui perubahan pada nada suara, mimik wajah, kata-kata sampai respon fisik, tentu saja untuk mengajak berkomunikasi dengan memperhatikan suasana yang kondusif maupun amati dulu tanda-tandanya si dia secara umum.

Untuk menanyakannya tergantung dari emosi yang dia perlihatkan kepada kita seperti marah, sedih, takut, atau senang, tujuan kita menanyakan tersebut untuk memahami apa yang dirasakan oleh sang kekasih buat membantu si dia untuk mengelola emosinya dan memberikan respon yang tepat agar kadar emosinya bisa dikontrolnya.

Mengenal cinta untuk memahami dan mengelola emosi dengan cara mengajak berkomunikasi dan keseriusan niat

Jika kita maupun sang kekasih tidak ada niatan untuk belajar mengelola emosinya bisa membuat emosi yang dimiliki apabila terlalu rendah kadar emosinya bisa membuat jadi kurang peka namun kalau kadar emosinya terlalu tinggi bisa membuat jadi hipersensitif.

Belajar pengelolaan emosi agar kita bisa memberikan respon yang tepat dengan mengarahkan ketika sang kekasih memperlihatkan emosinya seperti tanyakan penyebabnya apa, dari sana kita bisa memutuskan bagaimana untuk bersikap, misalnya capek habis sibuk bekerja lupa membalas chatnya lalu tiba-tiba si dia marah-marah.

Tindakan kita perlu menjelaskan kenapa lupa membalas chatnya juga jelaskan tidak perlu disikapi dengan kemarahan yang berlebihan agar si dia tidak mudah tersinggung atau mudah marah-marah untuk hal-hal yang sepele.

Tentu saja untuk membantu kondisinya nyaman kembali maka kita jangan ikut-ikutan marah-marah juga, misalnya kamu lagi marah iya sayang? maaf iya sayang aku lupa balas chatmu kemarin aku capek banget habis pulang bekerja”.

Menjalin hubungan cinta maka kita bersama sang kekasih saling bantu membantu untuk mengasah kepekaan di berbagai situasi seperti memberikan dukungan agar hubungannya semakin nyaman tidak membuat hubungannya menjadi frustrasi atau bersikap berlebihan dalam menghadapinya.

Belajar latihan pengelolaan emosi maka kita bisa mengenalinya dan bagaimana untuk bersikap, emosi marah bisa menolong kita untuk bersikap tegas terutama apabila sang kekasih membatasi atau mengusik hak kebebasannya kita, bersikap tegas bisa menjadikan kita bisa mempertahankan diri tetapi tetap harus dikontrol agar tidak terpancing melakukan tindakan negatif yang dapat merugikan diri sendiri.

Lalu emosi sedih bisa membantu kita memahami memiliki keterbatasan dan tidak semua hal bisa dikontrol terutama menyangkut keinginan kita, melalui emosi ini kita bisa belajar berempati kepada sang kekasih tetapi emosi ini harus bisa kita atur agar jangan terlalu sedih bisa membuat kita jadi putus asa atau frustrasi.

Kemudian emosi takut bisa membantu kita untuk sikap berhati-hati dalam menjalani kehidupannya maupun hubungannya, akhirnya kita bisa memahami untuk memberikan solusi yang tepat atau bisa bertindak menggunakan pemikiran yang logis tetapi jangan berlebihan bisa menimbulkan paranoid.

Terakhirnya emosi senang bisa membantu kita merasa nyaman dan menghargai diri sendiri atau memiliki rasa percaya diri, dari sini kita bisa belajar mengapresiasi pemberian, keberhasilan, perjuangan dan pengorbanan dari sang kekasih untuk membahagiakan kita, baca juga cinta adalah wujud dialog komunikasi antara pasangan.

Kesimpulan mengenal cinta untuk memahami dan mengelola emosi:

belajar melatihnya bisa membuat kita menjadi pribadi yang sehat secara mental sehingga kita mampu mengekspresikannya untuk beradaptasi mengenali emosi dalam hubungan cintanya, salah satu cara latihannya bisa melalui latihan mengajak berkomunikasi untuk belajar peka terhadap tanda-tanda yang ditunjukkan oleh si dia.

Terima kasih sobat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca mengenal cinta untuk memahami dan mengelola emosi, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Sobat ada tanggapan lain?



DMCA.com Protection Status

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*