Inikah Emosi Cinta

Ketika masalah menghampiri larinya ke makanan

Ketika masalah menghampiri larinya ke makanan

Ketika masalah menghampiri larinya ke makanan bahkan dihabiskannya secara berlebihan atau makan tanpa kontrol, hal ini terjadi ingin melarikan diri dari stres dan kecemasan atas masalah yang dihadapinya tidak kunjung berakhir. Makan tanpa kontrol atau bingeing adalah suatu keadaan dimana makan dalam jumlah banyak dalam waktu singkat dengan kondisi tidak lapar.

Masalah makan tanpa kontrol bisa diderita siapa saja baik itu laki-laki maupun perempuan, usia yang paling rentan terkena masalah ini antara usia 20 sampai 40 tahun. Makan tanpa kontrol bisa menimbulkan masalah kesehatan mulai dari terancam mengidap suatu penyakit, kekurangan zat gizi akibat asupan makanan tidak berkualitas dan kenaikan berat badan.

Bagi mereka yang ingin melarikan diri dari stres dan kecemasan atas masalah yang dihadapinya melampiskannya dengan cara makan secara berlebihan, bahwa makanan bisa memperbaiki moodnya atau suasana hatinya yang sedang naik turun. Setiap kali ada masalah larinya ke makanan tergolong kebiasaan kompulsif yang serba tidak terkontrol dan berulang-ulang.

Baca juga:  Cara Move On yang Efektif Nggak Pake Lama Sekali

Walaupun mereka bisa makan dengan jumlah yang banyak untuk mengatasi masalah yang dihadapinya kerapkali dihantui oleh perasaan tidak nyaman, biasanya diawali dengan adanya rasa tertekan atas masalahnya lalu ingin makan kemudian ada unsur kepuasan di dalam dirinya kalau mereka bisa makan dengan sejadi-jadinya.

Setelah makan sejadi-jadinya kembali muncul ketakutan merasa tidak nyaman dan dihantui oleh rasa bersalah di dalam dirinya seperti takut gemuk dan tidak percaya diri akan penampilannya, makan sejadi-jadinya sebagai pelarian dari masalahnya sangat berkaitan erat dengan mereka yang memiliki kepribadian yang tertutup, rendah diri, sulit mengungkapkan perasaannya hingga sulit menerima kenyataan yang ada sangat rentan mengalaminya.

Gangguan ini akan terus ada sepanjang hidupnya kalau tidak segera diatasi bisa menjadi bom waktu, bahwa emosi negatif yang tersimpan di dalam dirinya bisa membuat kondisi moodnya menjadi tidak baik terutama ketika menghadapi suatu masalah, akhirnya untuk mencari kenyamanan dirinya maka pelariannya dengan makan sejadi-jadinya.

Baca juga:  Sebaiknya Kamu Tanyakan Dulu Ketika Pacar Minta Break

Untuk mengatasi mereka yang mengidap makan tanpa kontrol kerapkali dihantui oleh perasaan tertekan hingga depresi dengan mencari pelampisan yang positif dan memberikan perhatian dari orang-orang terdekat supaya mereka merasa nyaman, juga jangan pula menyalahkannya secara sepihak atas apa yang mereka lakukan dengan makan tanpa kontrol sebagai pelarian dari masalah yang dihadapinya.

Mereka yang mengidap makan tanpa kontrol memiliki kesulitan dalam mengolah rasa dan pikirannya sehingga penting sekali dalam memberikan perhatian kepadanya melalui jalan dengan mengajaknya berkomunikasi yang efektif supaya mereka menyadari bahwa orang-orang terdekatnya masih memperhatikannya.

Untuk penanganan yang lebih baik mereka bisa diajak untuk menemui psikolog supaya bisa memberikan solusi yang tepat mengenai masalahnya tersebut, juga tidak perlu menunggu harus dibawa ke psikolog sampai masalahnya parah. Kalau makin parah mereka yang mengidapi makan tanpa kontrol wajib menjalani terapi yang difokuskan pada aspek fisik maupun psikisnya, baca juga ketakutan akan gambaran mengenai citra tubuh diri sendiri.

Baca juga:  Penyebab Pacaran 6 Tahun Ditinggal Nikah Sang Kekasih

Kesimpulannya: ketika masalah menghampiri larinya ke makanan biasanya ingin melarikan diri dari stres dan kecemasan melampiskannya dengan makan secara berlebihan, bahwa makanan bisa memperbaiki suasana hatinya yang sedang naik turun. Mereka yang memiliki kepribadian yang tertutup, rendah diri, sulit mengungkapkan perasaannya hingga sulit menerima kenyataan yang ada sangat rentan mengalaminya.

Kalau tidak segera diatasi masalah ini bisa menjadi bom waktu yang tersimpan di dalam dirinya terutama ketika menghadapi masalah untuk mencari kenyamanan dirinya maka pelariannya dengan makan sejadi-jadinya, untuk mengatasinya dengan mencari pelampisan yang positif dan berikan perhatian dengan mengajaknya komunikasi supaya mereka menyadari bahwa orang-orang terdekatnya masih memperhatikannya.

Terima kasih sobat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca ketika masalah menghampiri larinya ke makanan, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Sobat ada tanggapan lain?




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge