Inikah Emosi Cinta

Ketakutan akan gambaran citra tubuh diri sendiri

Dari Kisahcintasejati.com, tempat asyik belajar keromantisan cinta untuk kamu dan si dia.

Ketakutan akan gambaran citra tubuh diri sendiri
Ilustrasi acak tentang Ketakutan akan gambaran citra tubuh diri sendiri (sumber: Pixabay.com)

Ketakutan akan gambaran citra tubuh diri sendiri bisa dialami oleh laki-laki maupun perempuan, masalah ini sering terjadi ketika seseorang mulai menginjak usia remaja sudah memperhatikan namanya penampilan fisik, setiap kali dirinya melihat cermin selalu tidak menyukainya merasa ada yang salah dengan bagian tubuhnya.

Biasanya sesuatu yang salah dengan bagian tubuhnya seringkali bermasalah merasa kecewa di daerah wajah dan sekitarnya seperti wajah berminyak, ada bekas jerawat, wajah tidak putih, pipi tembem, hidung pesek, rambut tidak panjang atau lurus, dan lain-lain. Sedangkan di daerah bagian tubuh lainnya seperti kurang tinggi, badan kegendutan, kulit tidak mulus atau tidak putih, tubuh tidak aduhai, bingung akan berat badannya dan lain-lain.

Masalah ini seringkali terjadi dan ditemui berawal di usia remaja kebingungan juga ketakutan akan kekurangan citra tubuhnya yang tidak proporsional, obsesi akan kekurangan penampilan fisiknya yang tidak proporsional bisa berdampak serius kedepannya.

Gangguan citra tubuh ini kerapkali berujung depresi apabila seseorang tersebut tidak bisa mencapai sesuatu bentuk penampilan yang dia inginkan bahkan parahnya bisa sampai mengakhiri hidupnya disebabkan malu memiliki penampilan yang menurutnya tidak proporsional.

Baca juga:  Cara Tepat untuk Memperoleh Restu Menikah dari Orang Tua

Salah satu contohnya, kemana pun dia pergi selalu memakai masker untuk menutupi bagian wajahnya baik itu di tempat terbuka maupun di dalam ruangan atau bisa juga munculnya satu jerawat di wajahnya langsung ketakutan setengah mati bahkan sampai tidak mau keluar rumah.

Menginginkan kulitnya terlihat mulus atau putih akhirnya dia memakai segala macam cara untuk dicobanya tetapi menurut anggapannya hasilnya tidak selalu memuaskan padahal orang-orang di sekitarnya melihatnya bahwa hasilnya sangat memuaskan bahkan terlihat sangat sempurna.

Penyebabnya interaksi antara masalah psikologis dan lingkungan campur jadi satu kesatuan yang ada di dalam dirinya, masalah psikologis selalu ditemukan adanya self esteem yang buruk lalu ditambah lagi dengan ketakutan atau kecemasan akan masalah kehidupan yang dia alami.

Masalah lingkungan bisa membuat seseorang tersebut menjadi kurang percaya diri akan citra tubuhnya, dewasa ini bisa dimengerti bahwa perkembangan zaman yang semakin modern dan teknologi yang semakin maju betapa canggihnya gadget saat ini bisa digunakan untuk browsing internet.

Baca juga:  Empat Cara Cerdas Mengontrol Emosi Ketika Marah dengan Pasangan

Tak heran kita akan selalu menemukan gambaran-gambaran mengenai penampilan kerapkali diilustrasikan menyesatkan bahwa penampilan bentuk citra tubuh yang proporsional, contohnya harus seperti ini sehingga bisa mengubah cara pandang seseorang untuk berlomba-lomba menampilkan bahwa penampilan citra tubuh yang proporsional harus seperti itu.

Belum lagi di lingkungan pergaulan bisa juga mempengaruhi cara pandang seseorang mengenai ketidakpuasan akan bentuk citra tubuhnya akibat tertular dengan cara pandang yang dimiliki oleh lingkungan pergaulannya sehingga akhirnya harus mengikutinya supaya diterima di dalam lingkungan pergaulan tersebut.

Contohnya seseorang bisa berubah dan malu akan kekurangan citra tubuhnya yang tidak proporsional disebabkan dia menyukai seorang cowok tetapi cowok yang disukainya menolaknya dengan alasan bahwa dirinya berjerawat, tidak putih atau rambutnya tidak lurus, atau dia menyukai seorang cewek tetapi cewek yang disukainya menolaknya dengan alasan bahwa dirinya tidak tinggi, tidak keren atau kegemukan.

Baca juga:  Lima Alasan Inilah Membuat Cowok Belum Siap Menikah

Beberapa hal tersebut bisa membuat seseorang menjadi terobsesi dengan kekurangan citra tubuhnya yang tidak proporsional bisa mempengaruhi dan mengganggu kualitas hidupnya bahkan parah bisa mengalami gangguan mental emosional yang lebih serius, baca juga lihat karakter orang yang kita sukai dari foto selfie-nya.

Kesimpulannya: ketakutan akan gambaran citra tubuh diri sendiri bisa dialami oleh laki-laki maupun perempuan merasa ada yang salah dengan bagian tubuhnya bahkan bisa juga berujung depresi apabila seseorang tersebut tidak bisa mencapai sesuatu bentuk penampilan yang dia inginkan atau harapkan bisa sampai mengakhiri hidupnya, penyebabnya adanya interaksi antara masalah psikologis dan lingkungan campur menjadi satu yang ada di dalam dirinya.

Terima kasih sobat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca ketakutan akan gambaran citra tubuh diri sendiri, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Sobat ada tanggapan lain?




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge