Inikah Emosi Cinta

Kenali selingkuh hati itu apa

Dari Kisahcintasejati.com, tempat asyik belajar keromantisan cinta untuk kamu dan si dia.

Kenali selingkuh hati itu apa
Ilustrasi acak tentang Kenali selingkuh hati itu apa (sumber: Pixabay.com)

Kenali selingkuh hati itu apa sebenarnya supaya kita tidak terjebak dalam lingkungan penyesalan di kemudian hari, selingkuh hati terjadi adanya ketertarikan paling utamanya disebabkan faktor emosional atau ekspresi yang kebanyakan tidak melibatkan kontak secara fisik walaupun arah kesana masih tetap ada.

Untuk mengetahuinya maka jawablah pertanyaan mendasar ini, apakah kita pernah chatting atau BBM-an dengan lawan jenis yang bukan pasangan kita tetapi ketika chatting atau BBM-an disertai dengan perasaan senang dan penuh harapan bahkan timbul adanya suatu kenyamanan ketika chatting bersamanya dibandingkan dengan pasangan sendiri?

Apabila jawabannya iya, kemungkinan besar kita mengalami selingkuh hati. Penyebab terjadinya adanya hubungan dengan pasangan tidak berlangsung baik apalagi tidak memperoleh pemenuhan kebutuhan emosionalnya akhirnya lari ke facebook, twitter, BBM, line atau whatapps.

Tak jarang melalui media inilah diharapkan bisa memenuhi kebutuhan emosionalnya bahkan berharap melalui media seperti ini bisa menemui mantan-mantannya atau seseorang yang menarik buat memuaskan hasrat akan kebutuhan emosionalnya sesaat dengan menggunakan berbagai macam alasan pembenaran untuk membenarkan tindakannya tersebut apabila ketahuan oleh sang kekasih.

Penyebab lainnya bahwa kekasih sudah memenuhi 8 dari 10 kriteria kekasih ideal kita tetapi tiba-tiba oleh suatu sebab, kita lebih melihat selingkuhan yang hanya memiliki 2 kriteria saja seolah-olah lebih baik dibandingkan 8 kriteria yang dimiliki oleh kekasih kita.

Baca juga:  Maksud Ucapan Cewek Mengatakan Kamu Terlalu Baik Buat Aku

Akhirnya kita memutuskan secara sepihak dan lebih memilih selingkuhan, beranggapan dia adalah terbaik daripada sang kekasih. Setelah jalan bersamanya beberapa minggu atau bulan, muncullah kenyataan pahit bahwa selingkuhannya berbeda jauh dari harapan yang kita bayangkan sebelumnya dan beranggapan sang kekasih masih lebih baik.

Janganlah beranggapan bahwa selingkuh hati tidak berbahaya dibandingkan selingkuh fisik padahal selingkuh hati jauh lebih berbahaya dan kompleks disebabkan apabila hati seseorang sudah berselingkuh dengan melanggar komitmennya maka jalan tol menuju selingkuh fisik sudah terbangun.

Selain itu untuk mendeteksi selingkuh hati lebih sulit dibandingkan selingkuh fisik yang belum tentu melibatkan hati tetapi selingkuh hati tanpa diketahui tanda-tandanya tiba-tiba seseorang bisa pergi dari kekasihnya dengan sejuta alasan pembenarannya untuk membenarkan tindakannya.

Pembenaran atas tindakannya seperti ketika ada masalah bukan diselesaikan malah lari dari masalah bahkan membuat masalah baru, walaupun dirinya tahu yang dilakukannya itu salah tetapi tidak mau mengakui kesalahannya malah menyalahkan kekasihnya.

Berikut ini tanda-tanda selingkuh hati itu apa termasuk perilakunya yang perlu dicermati:

1. Hampir sama dengan perasaan yang muncul saat kita jatuh cinta dengan sang kekasih, seperti mulai menunggu untuk mendapatkan kabar darinya sampai merasa kehilangan dan bingung saat dia tidak memberitahukan kabarnya bahkan selalu mencari alasan untuk berusaha bersama dengan orang tersebut.

Baca juga:  Pacar Minta Break Tandanya Ia Suka Lari dari Masalah

2. Seringnya melakukan penyangkalan sekaligus pembenaran, bahwa apa yang dilakukannya bukan adanya perasaan ketertarikan atau mengatakannya sebagai teman saja seperti “kan hanya ngobrol biasa semua orang juga tahu ini facebook atau bbm”.

Sebenarnya penyangkalan tersebut menandakan kita sudah dikuasai dan tergantung pada orang tersebut walaupun di sebelah kita sedang jalan bersama sang kekasih tetapi pikiran dan hati kita sedang jalan-jalan bersama selingkuhan hatinya, tidak heran kita sering tidak fokus ketika jalan bersama sang kekasih.

3. Seringnya curhat pada lawan jenis, usahakan untuk tidak curhat pada lawan jenis apalagi dengan selingkuhan terutama mengenai masalah apapun yang terjadi dengan kekasih kita disebabkan orang itu belum tentu paham mengenai masalah kita apalagi menyelesaikan masalah kita.

Obrolan yang terlalu personal apalagi diikuti dengan intensitas yang tinggi dapat menumbuhkan perasaan suka terhadap selingkuhan, apalagi kalau dia ada niat tidak baik dengan mengkompori kita bahwa sang kekasih tidak baik untuk kita akhirnya beranggapan bahwa dia lebih mengerti dan memahami kita daripada sang kekasih.

Bila ingin curhat pilihlah seseorang yang bisa dipercayai seperti kakak tertua atau sahabat terdekat atau bisa juga dengan psikolog, tujuan curhat untuk mencari perspektif lain dari masalah tersebut apa yang perlu untuk dilakukan buat menyelamatkan hubungannya.

Baca juga:  Betapa Konyolnya Mengandalkan Hubungan Cinta yang Labil

Untuk pencegahan apabila kita sudah terlanjur berselingkuh hati maka langkah paling tepat untuk dilakukan dengan memunculkan self awareness, menyadari bahwa kita telah memiliki seorang kekasih dan sadarkan diri untuk tidak memanjakan keegoisan sesaat dengan mencari perhatian kepada orang lain.

Kita harus bersikap tegas memutuskan kontak dengan selingkuhan tersebut, jangan menghubunginya lagi melalui media apapun dan hargailah perasaan kekasih kita dengan menjaga hati tetap pada komitmen dan kejujuran sebagai faktor terpenting dalam membina hubungan cinta.

Kesimpulan kenali selingkuh hati itu apa

Biasanya terjadi adanya ketertarikan disebabkan faktor emosional, penyebabnya hubungan dengan pasangan tidak berlangsung baik apalagi tidak memperoleh pemenuhan kebutuhan emosionalnya akhirnya lari ke sosial media untuk memuaskan hasrat akan kebutuhan emosionalnya sesaat dengan menggunakan berbagai macam alasan pembenaran untuk membenarkan tindakannya tersebut apabila ketahuan oleh sang kekasih.

Terima kasih sobat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca kenali selingkuh hati itu apa, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Sobat ada tanggapan lain?




ARTIKEL LAINNYA

8 balasan untuk artikel ini

  1. jika seorang suami orang atau lajang dicurhati istri orang atau lajang, hanya ada 3 hal saja yang perlu dilakukan:
    1.nyatakan bahwa sebaik2 prioritas penyelesaian masalah internal adalah oleh para pelakunya sendiri.
    2.ada lembaga konseling yang memang untuk menyelesaikan masalah itu.
    3.nyatakan bahwa diri kita takut memberi opini yang salah karena bukan ahlinya.
    diluar 3 langkah tadi percayalah: zina sedang dibangun para pelaku tadi

  2. Ea min mending jangan cuehat ma lawan jenis..kebanyakan yg dicurhati pasti jd naksir

  3. ea sih min bener bgt tuw kadang saat qta curhat ma lawan jenis tanpa disadari pasti timbul perasaan dia kok lbh perhatian ma aq ketimbang cowokq atau dia kok lebih mau dengerin aq ketimbang pasanganku & akhirnya tanpa disadari timbul rasa suka ma org laen. tuw kan dah selingkuh lwt pikiran min

    1. iya sista kalau lebih sering curhat dengan lawan jenis, apalagi obrolannya sudah terlalu personal diikuti dengan intensitas yang tinggi dapat menumbuhkan perasaan suka lama-lama keterusan turun ke hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge