Inikah Emosi Cinta

Kenali ancaman kekerasan dalam hubungan pacaran

Kenali ancaman kekerasan dalam hubungan pacaran

Kenali ancaman kekerasan dalam hubungan pacaran sering dijumpai salah satu pihak tidak diimbangi dengan kesiapan mental yang matang, dampaknya bisa melakukan tindakan kekerasan kepada pacarnya sendiri, walaupun itu hanya gara-gara masalah yang sepele.

Dirinya lebih memilih melakukan tindakan kekerasan kepada pacarnya daripada jalur negosiasi atau komunikasi secara dua arah, tindakan kekerasan dilakukannya setelah keduanya sempat cekcok dan tidak ketemu pola penyelesaian masalahnya atau terjadilah miskomunikasi di antara keduanya.

Orang yang lebih memilih untuk melakukan tindakan kekerasan terhadap pacarnya ada kecenderungan bertindak kasar dalam hubungannya, idealnya menjalin hubungan cinta untuk membangun kualitas keintiman hubungannya dan bisa memberikan kenyamanan maupun keamanan kebutuhan perasaan satu sama lainnya “melahirkan rasa aman, tenteram, bahagia dan harmonis di dalam hubungannya”.

Mengapa yang terjadi malah sebaliknya, dirinya yang seharusnya bisa memberikan kenyamanan dan keamanan hubungannya kepada pacarnya. Justru menjadi penebar teror yang nyata dan menakutkan di lingkungan hubungan cintanya sendiri “tega menyakiti dan melukai orang yang disayanginya”.

Kenali ancaman kekerasan dalam hubungan pacaran bila tidak diimbangi dengan kesiapan mental yang matang bisa melakukan tindakan kekerasan kepada pacarnya walaupun itu gara-gara masalah yang sepele

Memang secara mental antara dirinya dengan pacarnya memiliki daya tahan dan kepribadian satu sama lainnya tidaklah sama tetapi siapa pun orangnya, ketika berani menjalin hubungan cinta dengan orang lain tentu harus memiliki kesiapan lahir dan batin yang kuat, terutama dalam menghadapi konflik yang muncul.

Baca juga:  Kenali Ragam Bentuk Tindakan Melukai dalam Pacaran

Jangan sampai hanya karena persoalan yang sepele melakukan tindakan tidak masuk akal, misalnya cowoknya telat menjemput ada 10 menitan, ketika cowoknya datang tanpa mau mendengarkan apa alasannya langsung si cewek berkata dengan kata-kata kasar, bahkan sampai merendahkan harga diri cowoknya itu termasuk salah satu bentuk kekerasan secara verbal dan psikis.

Contoh lain ceweknya tidak mau menuruti keinginan cowoknya yang dinilai bisa membahayakan kehormatannya di masa depan untuk seorang cewek, yaitu cowoknya minta berhubungan badan di luar nikah dengan berjanji akan menikahi kalau ada apa-apa dan berjanji selalu setia selamanya sama ceweknya.

Ketika ceweknya menolak permintaannya, langsung si cowok menganiaya ditambah dengan mengeluarkan kata-kata kasar yang bisa melukai harga diri ceweknya itu termasuk salah satu bentuk kekerasan secara verbal, psikis, dan fisik.

Kenali ancaman kekerasan dalam hubungan pacaran bisa dijumpai kepada seorang pacar yang secara psikologis memang temperamental, cenderung impulsif dan berkepribadian rapuh. Dirinya tidak kuat menghadapi tekanan atau konflik yang muncul di dalam hidupnya, ditambah lagi dirinya juga memiliki kecemasan yang tinggi tanpa sadar berkembang menjadi pribadi yang rapuh.

Orang yang rapuh dalam menjalani kehidupan hubungan cintanya hanya gara-gara masalah sepele, dirinya bisa langsung melakukan tindakan kekerasan terhadap pacarnya. Walaupun pada awalnya dirinya sekedar menakuti tetapi lama-lama ada keinginan ingin melukai pacarnya yang sudah dinilai mengganggu ego atau statusnya, kata lainnya merasa harga dirinya diinjak-injak.

Baca juga:  Yuk Intip Cara Move On Ala 3 Selebriti Papan Atas

Contohnya hanya gara-gara menginginkan sesuatu di hari ulang tahunnya tetapi dirinya tidak pernah berbicara mengenai apa yang diinginkannya kepada pacarnya hanya memberikan sinyal-sinyal atau kode-kode mengenai apa yang diinginkannya.

Ketika hari ulang tahunnya tiba dan pacarnya memberikannya hadiah ternyata tidak sesuai dengan apa yang diinginkannya lewat sinyal-sinyal atau kode-kode kepada pacarnya, langsung dirinya memaki-maki dengan mengeluarkan kata-kata kasar bahkan membanting, membuang atau merusak hadiah pemberian dari pacarnya.

Orang yang tidak memiliki kesiapan mental yang matang dalam menjalani hubungannya, bukan tidak mungkin dirinya akan terjebak untuk melakukan tindakan-tindakan di luar akal sehat ketika diberi tanggung jawab yang besar atau kuasa yang besar di dalam hubungannya, kata lainya dirinya tidak siap menerima dan memegang amanah dari cinta.

Belum lagi adanya tekanan tidak hanya berasal dari hubungan cintanya tetapi juga tekanan hidup yang berat, apabila suatu waktu di dalam kehidupannya ada konflik yang muncul maka orang yang tidak tahan menerima tekanan akan memilih jalan kekerasan sebagai satu-satunya jalan penyelesaiannya.

Kenali ancaman kekerasan dalam hubungan pacaran dengan memilih jalan kekerasan sebagai satu-satunya jalan penyelesaiannya, orangnya acap kali berkelakuan aneh dihinggapi berbagai macam ilusi dan delusi karena pikirannya yang kacau.

Orangnya tidak dapat mengontrol dengan baik apa yang dilakukannya, walaupun sehari-hari tampak normal atau waras dan tidak ada keganjilan dalam kelakuannya tetapi sering dijumpai menampakkan sikap fanatik yang berlebihan, apalagi dirinya dihantui halusinasi yang kacau bukan tidak mungkin dirinya bisa bertindak secara tiba-tiba di luar akal sehat.

Baca juga:  Betapa Konyolnya Mengandalkan Hubungan Cinta yang Labil

Cara terbaik untuk mengatasinya dengan memahami bahwa dirinya adalah makhluk sosial yang membutuhkan sentuhan perhatian dan dukungan “sentuhan personal yang erat satu sama lainnya”, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan yang lebih intensif terhadap kondisi psikologisnya dilakukan oleh tenaga profesional seperti psikolog.

Kesimpulan kenali ancaman kekerasan dalam hubungan pacaran:

Pacaran tidak diimbangi dengan kesiapan mental yang matang bisa melakukan tindakan kekerasan kepada pacarnya, walaupun itu hanyalah gara-gara masalah yang sepele. Orang yang memang temperamental, cenderung impulsif dan berkepribadian rapuh sering dijumpai lebih memilih untuk melakukan tindakan kekerasan di dalam hubungannya.

Terutama kalau dirinya tidak kuat dalam menghadapi tekanan atau konflik yang muncul dalam hidupnya, apalagi orangnya memiliki kecemasan yang tinggi tanpa sadar dirinya berkembang menjadi pribadi yang rapuh. Jadi sebelum memutuskan berpacaran, ada baiknya harus memiliki kesiapan lahir maupun batin yang kuat, terutama dalam menghadapi konflik yang muncul.

Terima kasih sahabat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca kenali ancaman kekerasan dalam hubungan pacaran, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Berikan komentarnya atau ada yang ingin ditanyakan?




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge