Kontak Batin Cinta

Cinta adalah komunikasi dua arah

Cinta adalah komunikasi dua arah

Cinta adalah komunikasi dua arah sebagai kuncinya suatu hubungan cinta yang sehat, tujuannya untuk memperdalam koneksi cinta yang kuat dan stabil secara lahir batin di antara pasangan. Pasangan yang berkomunikasi menggunakan rasa menghormati, menghargai dan memiliki cinta di dalamnya membawa dampak dalam hubungannya lebih bahagia, harmonis dan langgeng dibandingkan pasangan yang berkomunikasi saling mencela, menyerang, menghakimi dan menyalahkan sehingga menusuk hati.

Komunikasi yang sehat secara lahir batin akan menimbulkan rasa bahagia dan ketenangan sehingga dalam menghadapi perjalanan kehidupan ataupun masalah ditempuhnya dengan memakai cara kelembutan dan menyelesaikannya secara positif. Bagi pasangan sudah menikah efek dari komunikasi yang sehat ini akan menganggap pasangannya sebagai sahabat hidupnya atau belahan jiwanya.

Cinta adalah komunikasi dua arah bertujuan untuk memperdalam koneksi cinta yang kuat dan stabil secara lahir batin di antara kedua pasangan semakin intim dan mesra

Komunikasi bisa membantu menjadi lebih baik dan lebih erat satu sama lainnya dalam mencari titik temu bukan untuk saling mencela, menyerang, menghakimi dan menyalahkan pasangannya bisa berkontribusi rusaknya hubungan cinta.

Baca juga:  Gaya pacaran berpengaruh terhadap kelanggengan hubungan

Rusaknya suatu hubungan cinta baik itu masa pacaran ataupun menikah disebabkan salah satu pasangannya hanya berkomunikasi untuk berusaha mendapatkan apa yang diinginkannya sehingga membuat pasangannya merasa tidak nyaman seperti dengan cara mengancam, cemberut, berbicara kepada orang lain dan merengek.

Artikel lainnya: Intens berkomunikasi untuk menyatukan perbedaan.

Bila ada salah satu pasangan dalam menjalani suatu hubungan cinta dilakukan dengan kebohongan dan penipuan, memang kamu berpikir tidak akan ketahuan tetapi suatu saat lambat laun akan ketahuan dan efeknya bila pasanganmu mengetahui semua kebohongan dan penipuanmu selama ini akan menggoyahkan semuanya bisa menimbulkan keretakan.

Bahaya dari komunikasi yang penuh dengan kebohongan dan penipuan dengan menutupi perasaan dan tidak mempercayai pasangan tidak akan membuat keadaan menjadi lebih baik sebab kamu sendiri tidak akan merasa nyaman bila menerima kebohongan dan penipuan. Sebaiknya kamu bersikap lebih dewasa dengan berkata sejujurnya apa yang dirasakan atas segala hal kepada pasangan karena hubungan dilandasi dengan kejujuran dan keterbukaan akan ada integritas didalamnya.

Baca juga:  Matangkan 5 Persiapan Pranikah Jika Ingin bahagia

Komunikasi yang baik pastikan mengirimkan sinyal pesan kepada pasanganmu sambil menjaga kontak mata karena kamu dan pasanganmu akan saling mendengarkan secara aktif dan berfokus pada apa yang dikatakan sehingga komunikasi efektif bisa terjadi saat pasanganmu menerima pesanmu dengan baik. Berusaha menghindari kemungkinan komunikasi menjadi memburuk dengan sikap mencari kesalahan pasanganmu dibarengi emosional seperti sikap menang kalah itu tidak akan membaiki keadaan.

Komunikasi yang baik dan sehat bila di dalamnya ada kemampuan dan kemauan mendengar di antara keduanya, tidak bisa salah satu pihaknya saja karena memberikan kesempatan pada pasanganmu berbicara dan tidak memotong perkataannya secara lengkap akan menimbulkan rasa saling menghargai, mengerti perasaan pasanganmu dan melatih kesabaran daripada memotong pembicaraan dan menuntut pasangan memberikan respon cepat sesuai keinginanmu dengan mengajukan beberapa pertanyaan sekaligus.

Supaya hubungan tambah erat dan mesra ketika terjadi perseteruan dengan pasanganmu harus berusaha tetap berada pada jalur permasalahan itu, jangan pernah mengungkit kembali peristiwa lama hanya akan membuat pasanganmu tambah kesal akan terjadi efek domino di belakangnya seperti pasanganmu akan bersifat defensif dan melebar ke topik lainnya yang lebih menyakitkan sehingga dapat memicu emosi.

Baca juga:  Lima Alasan Inilah Membuat Cowok Belum Siap Menikah

Baca juga: Kenali komunikasi narsis dalam hubungan cinta.

Kesimpulannya cinta adalah komunikasi dua arah:

Bisa membantu pasangan menjadi lebih baik dan lebih erat satu sama lainnya dengan memunculkan kebiasaan mengucapkan kata-kata positif kepada pasangan menunjukkan sikap menghargai seperti kata terima kasih dan tolong daripada kata-kata negatif yang bersifat memaksa atau memerintah hanya akan memperburuk keadaan.

Hubungan yang positif di dalamnya terjadi setiap harinya komunikasi untuk mencari kesempatan saling mengenal dan berterima kasih atas apa yang sudah dilakukan pasangan akan membantu menghangatkan suasana makin tambah romantis dan mesra sehingga dapat mempermudahkan dalam mengatasi konflik daripada mencari-cari kesalahan pasangan.

Terima kasih sahabat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca cinta adalah komunikasi dua arah, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Berikan komentarnya atau ada yang ingin ditanyakan?




ARTIKEL LAINNYA

4 Comments

  1. pengikat erat suatu hubungan yaitu ‘komunikasi’
    . gag isa d ganggu gugat ??.

  2. yup bener bgt tuw min dengan kata2 yang baek hubungan pasti akan menjadi lebih mesra. tapi jangan sampai kata2 manis dibuat hanya untuk menutupi kesalahan atau kebohongan kepada pasangannya

    1. keren sekali sista memang benar kita harus jeli dalam menangkap adanya perubahan yang terjadi pada dirinya, jadi pentingnya berkomunikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge