Kontak Batin Cinta

Tips meredam emosi pacar saat bertengkar

Tips meredam emosi pacar saat bertengkar

Tips meredam emosi pacar saat bertengkar cukup berfokus dalam pemilihan kata-kata memiliki peranan penting untuk menjaga keharmonisan dan keutuhan sebuah hubungan cinta termasuk didalamnya peningkatan kualitas pribadi seperti kemampuan diri dalam mengontrol emosi yang berlebihan dan kemampuan mengendalikan emosi agar kondisi tidak menjadi makin memanas.

Pertengkaran dalam suatu hubungan cinta bisa muncul dan terjadi sewaktu-waktu maka pilihlah kata-kata yang tepat agar pertengkaran tidak menjadi panas dan berlarut-larut karena efek dari luka yang ditimbulkan akan membekas di hati dan membutuhkan proses yang lama untuk menyembuhkannya daripada sebuah pisau yang amat tajam.

Pertengkaran pasti akan membawa dirimu dan pasanganmu menuju tingkat emosional yang tinggi sehingga secara tidak sadar pasti akan keluar dari mulut kita berbagai macam kata-kata kasar yang dapat melukai hati pasangan kita. Walaupun sedang marah jangan sampai kamu kehilangan kontrol diri dengan tetap menjaga ucapan kita karena bila kata-kata kasar sudah terucap tidak bisa ditarik lagi.

Untuk menggairahkan kembali hubungan cinta akibat hilangnya passion saat terjadi pertengkaran yang didalamnya hanyalah ada emosi dan egois, untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan pemilihan kata-kata yang bijak saat bertengkar. Tujuannya untuk menguatkan kembali keintiman dari sebuah hubungan cinta menjadi lebih solid dan kuat dengan cara menciptakan romantisme dan jadikan pasanganmu sebagai prioritas utamanya.

Tips meredam emosi pacar saat bertengkar supaya tidak berlarut-larut:

1. Aku sayang kamu
Bila kamu mampu menyampaikan perasaan kamu paling dalam kepada pasanganmu, kata-kata ini mampu meluluhkan hati pasanganmu yang sedang emosi karena kamu akan segera menyadari bahwa dirinya lebih penting dan berarti untukmu daripada melanjutkan pertengkaran yang tiada habisnya.

2. Tolong pahami pendapatku atau tolong hargai pendapatku
Setiap terjadi pertengkaran pasti terjadi adanya perbedaan pendapat sehingga emosi dan ego ikut campur di dalamnya, tak heran dapat mempersempit cara pikir kamu dan pasanganmu. Kata-kata ini dapat membuat dirimu menjadi berempati dengan tetap memperdulikan perasaan pasanganmu.

3. Tolong dengarkan ini penting buat aku
Dalam pertengkaran biasanya masing-masing pasangan akan tidak peduli dengan pendapat pasangannya, kata-kata ini memiliki pengaruh yang sangat besar untuk mendapatkan perhatiannya dan tunggu 1 menit untuk menyampaikan pendapatmu kepada pasangan tapi jangan semua poin kamu sampaikan hanya poin-poin terpenting saja.

4. Aku juga salah
Pertengkaran terjadi pasti ada sebabnya daripada menyalahkan pasangan dan masalahnya tambah meluas tiada akhir, lebih baik menyadari dan mengakui kalau sebab terjadinya pertengkaran memang berasal dari dirimu walaupun masalah itu terlihat kecil bagimu.

5. Ini bukan masalahmu saja tapi masalah kita berdua
Memang munculnya pertengkaran bisa disebabkan dari salah satu pasangan menyimpan atau ingin menyelesaikan masalahnya sendiri tapi ketika ada kalanya kita ingin berusaha membantu mengatasi masalah tersebut berdua karena dua kepala lebih baik daripada satu kepala.

6. Aku minta maaf atau Maafkan aku sayang
Selama pertengkaran terjadi biasanya ada tindakan atau ucapan yang tidak baik kita lontarkan kepada pasangan, minta maaflah kalau kamu melakukan sesuatu hal yang tidak baik walaupun kamu merasa tidak salah karena kata-kata ini memiliki kekuatan yang positif dalam menyelesaikan pertengkaran. Sambil meminta maaf nyatakan pula perasaanmu dan peluklah pasanganmu.

7. Aku tidak suka kalau kamu bersikap seperti itu
Ketika pertengkaran terjadi semarah dan seemosi apapun dirimu, jangan pernah mengeluarkan kata-kata benci kepada pasangan karena kata-kata ini tidak akan membantu menyelesaikan pertengkaran tapi semakin membuat suasana menjadi lebih buruk.

8. Aku cinta kamu tolong mengerti perasaanku ini
Hindari kata-kata ketika terjadi pertengkaran dan pasanganmu merasa kesal mendengarnya karena merasa disudutkan “kamu selalu begitu atau kamu tidak pernah mengerti perasaanku”, lebih baik katakan langsung apa permasalahannya secara baik-baik kepada pasangan lebih spesifik dan jelas (to the point). Contohnya sayang aku lapar, tolong belikan iya aku nasi goreng, sayang baju merah atau hijau bagus mana iya.

9. Iya sudah kita pikirkan saja dulu atau aku mau pergi sebentar
Pertengkaran terjadi akan muncul emosi yang ingin meledak-ledak, ada baiknya berhenti berbicara lalu pergi ke kamar mandi untuk menenangkan diri sambil mencuci muka dan basahkan rambutmu lalu pergi keluar rumah untuk menghirup udara segar.

Mampirlah ke tempat makanan dan minuman untuk mengonsumsi yang dingin, segar dan manis seperti es krim atau minuman dingin sambil makan makanan kecil untuk memberikan ketenangan dirimu dalam mencari jalan keluarnya menggunakan kata hati dan pikiran jernih.

Jangan lupa selalu pikirkan kebaikan pasangan dan positif thinking dengan tidak mengungkit kembali masalah kemarin-kemarin karena manusia punya kesalahan termasuk dirimu, jadi intropeksi diri sangatlah penting lalu temui kembali pasanganmu besoknya.

Kesimpulan tips meredam emosi pacar saat bertengkar:

Pilihlah pemilihan kata-kata yang bijak dapat meredakan tingkat emosional pasangan menjadi rendah dan hindari berbagai macam kata-kata kasar untuk tidak diucapkan. Kemampuan mengontrol diri dan mengendalikan emosi dalam memilih kata-kata peredam emosi adalah kuncinya dibutuhkan kesadaran dan kemauan kuat dari dalam diri masing-masing pasangan untuk membuat hubungan semakin mesra dan harmonis.

Terima kasih sobat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca tips meredam emosi pacar saat bertengkar, jangan lupa membookmark atau berbagi artikel ini ke teman-temanmu, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Sobat ada tanggapan lain?



DMCA.com Protection Status

10 Comments

  1. Yg penting ga saling egois min…harus ada yg mengalah

  2. Tips nya bagus banget min
    Klo saya lg marah lbh baik saya diam sejenak sampai suasana tenang baru saya minta maaf duluan ntah sapa yg salah,nanti pasti pasangan akan luluh dan mengatakan aku minta maaf juga. Dan diakhiri dengan kata aku sayang kamu…so sweet 🙂

    1. terima kasih sista, memang cara tersebut paling bagus meminta maaf duluan tak peduli siapa yang salah tujuan kita hanya untuk mempertahankan suatu hubungan

  3. insya alloh sangat membantu banget ni min…. makasi min tips nya… 🙂 🙂

  4. Iya min bsa ditiru tuh tipsnya..
    Mkch ea min.
    Tp biasanya org emosi tuh omongannya suka gag terkontrol min

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *