Kenali Pola Cinta

Tips pacaran beda usia 5 tahun

Tips pacaran beda usia 5 tahun

Ada beberapa tips pacaran beda usia 5 tahun ataupun 10 tahun seringkali memiliki pacar berbeda usia menimbulkan masalah dari perbedaan pemikiran yang ada seperti kondisi kesehatan, jalan pemikiran, psikologis dan keuangan dapat menjadi pemicu terbesar kualitas hubungan. Di sini akan membahas satu demi satu dan bagaimana cara mengatasinya agar hubungan yang terjalin tidak retak.

Ada usianya sudah dewasa tapi masih memiliki sifat kekanak-kanakan belum bisa menemukan kematangan dalam pola pikirnya, ketika mencari pasangan yang lebih tua dengan harapan dia dapat bersikap lebih dewasa tapi pada kenyataannya seringkali berbeda. Begitu pula mencari pasangan usianya lebih muda banyak berpikiran mereka lugu, manja dan mudah diatur pada kenyataannya seringkali berbeda.

Bagi kamu yang memiliki pacar dengan perbedaan usia antara 5 tahun atau 10 tahun lebih perlu diperhatikan adanya perbedaan selera dan gaya hidup, bila kamu memiliki pacar yang lebih muda haruslah mengerti informasi terkini seperti musik, film dan tempat gaulnya yang sedang booming di kalangan seusianya dan jika memiliki pasangan yang jauh lebih tua kamu harus mempelajari selera dan gaya hidup yang berlangsung saat ini.

Carilah persamaan antara kamu dengan pacarmu, kesamaan yang mungkin terdengar sepele bisa memperkuat hubungan dan memperkecil perbedaan yang begitu besar, hindari rasa khawatir berlebihan atas perbedaanmu dengan pacarmu dan tanamkan rasa percaya diri sangatlah dibutuhkan. Kuncinya adalah yakin dan percaya diri juga berfokuslah pada kualitas hubungan.

Baca juga:  Tanda-tanda apakah ini cinta sejati atau cinta sesaat

Bila usia cewek lebih tua seringkali mengambil alih dalam hal permasalahan karena cewek usia lebih tua lebih banyak bertoleransi, dewasa, bersabar, menyesuaikan dalam hal berkomunikasi, gaya hidup dan pandai dalam membawa diri.

Cewek yang usianya 3-5 tahun lebih tua dari pacarnya pada umumnya masih banyak memiliki kesamaan tetapi perbedaannya terletak pada prioritas yang tinggi dalam hal mencari solusi, ketahanan dalam mental dan merasa berpengalaman. Cara mengatasinya diperlukan adanya saling beradaptasi dan saling menyesuaikan untuk menghargai satu sama lainnya.

Usia cowok lebih tua dari pacarnya dalam beberapa kasus yang terjadi, banyak cewek memilih cowok lebih tua karena faktor kematangan, sumber daya dan pemikiran. Cowok lebih tua lebih memilih cewek berusia muda tetapi cerdas karena memiliki daya tarik tersendiri sehingga merasa muda kembali dan merasa dihargai.

Biasanya konflik yang terjadi antara cewek yang lebih tua dengan cowok lebih muda, adanya kurangnya sikap yang dewasa pada pihak cowok sehingga menimbulkan konflik karena si perempuan merasa khawatir kurangnya motivasi dalam mencari pekerjaan yang lebih mapan. Konflik yang terjadi antara cewek yang lebih muda dengan cowok lebih tua adalah merasa dikendalikan, diatur, dikekang kebebasannya dan tidak bisa melihat sesuatu hal yang sama.

Baca juga:  Kenali 4 Tanda Kamu Sudah Siap untuk Jatuh Cinta Lagi

Tips pacaran beda usia 5 tahun agar hubungan berjalan seirama dan tahan lama:

1. Hilangkan gengsi dan malu
Kamu dianggap pacaran sama tante-tante atau om-om malah dikatakan kamu selingkuhannya, jangan sakit hati dulu. Abaikan semua anggapan miring tentang hubunganmu dan beranggapan mereka iri karena kamu memiliki pacar yang lebih mapan dan dewasa.

2. Beda selera harus saling mengerti
Pacar kamu berbeda usia cukup jauh biasanya berpengaruh pada selera dan hobi yang pasti jelas berbeda, tumbuhkan sikap saling pengertian dan menghargai antara kamu dan pacarmu dapat mempererat hubungan kamu dengan pacarmu.

3. Perbedaan generasi
Kamu datang dari generasi yang berbeda zaman bukan tidak mungkin kamu dan pacarmu akan mendapatkan banyak konflik seperti hal terkecil yang tidak kamu pikirkan bisa saja menyulutkan emosi pacarmu, tumbuhkan sikap pengertian dan saling dewasa harus terus dibina, dikembangkan dan dipertahankan oleh kamu dan pacarmu.

Baca juga:  Gaya pacaran berpengaruh terhadap kelanggengan hubungan

4. Harus bisa saling menempatkan diri
Usia yang berbeda jauh antara kamu dan pacarmu kadang untuk menyatukan satu ide atau keinginan mungkin agak sulit lebih baik kamu yang memiliki umur lebih muda dengannya ada baiknya mampu menempatkan diri untuk belajar bersikap bijak dan menjaga hubungan yang baik.

5. Harus siap dengan segala gosip miring
Kadangkala lingkungan sangat kejam dan menilai ke arah yang negatif, dari beberapa pendapat ataupun pengalaman yang pernah ada menganggap kamu memilih pacar yang berumur lebih tua seringkali berdasarkan materi, kesuksesan dan kekayaan walaupun ada sebagian orang sengaja memilih pacar lebih tua karena alasan itu.

Kesimpulan tips pacaran beda usia 5 tahun:

Apabila pasanganmu jauh lebih muda atau lebih tua dibutuhkan kedewasaan, pemahaman, menghormati dan menghargai dari masing-masing pasangan sehingga dapat memiliki hubungan yang baik dan berhasil menciptakan rasa hormat, cinta dan kesenangan yang dibutuhkan untuk mempertahankan hubungan cinta.

Terima kasih sobat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca tips pacaran beda usia 5 tahun, jangan lupa membookmark atau berbagi artikel ini ke teman-temanmu, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Sobat ada tanggapan lain?




ARTIKEL LAINNYA

24 Comments

  1. Min , aku beda usia 4 thn sama pacar ku, dan kami berdua saling mencintai dn saling mengerti, tpi org tua ku tdk setuju kalau aku pacaran dengan nya,, aku pun bingung apa yg harus aku lakukan,, tolong kasi saran nya ya min

    1. pasti ada alasannya mengapa orang tuanya sobat tidak setuju untuk pacaran dengan ceweknya, cobalah sobat cari tahu sendiri dengan menanyakan langsung kepada orang tuanya. apa orang tuanya sobat tidak suka dengan sikap dan perilaku ceweknya? atau sebab lainnya. ada baiknya tanyakan saja dan yakinkan kepada orang tuanya kalau sobat bisa bertanggung jawab dengan menunjukkan perilaku yang bisa mengubah pandangan orang tuanya sobat terhadap ceweknya

  2. Mbk/mas admin…..sy cw 38thn, br ini pertama sy jalin hubungan dgn cwo yg unr nya di bwh ku yg selisih 5 thn.
    Mmg bnr ada bbrp hal yg bergejolak terutama aku yg sbg cwk umumnya pingin diperlakukan sbgm cwk umum nya dr pasangan, tp cwok nya malah yg pingin sebaliknya. Ada saran dn nasehat gk buat aku agar bs kuat menjaga jalinan ini, dan insya alloh bs langgeng ke jenjang yg lbh serius. Mohon saran dn tipsnya ya mbk dan mas admin, trimakasih

    1. selain tips di atas, tumbuhkan sikap saling pengertian, menghargai, dan mampu menempatkan diri untuk belajar bersikap bijak antara sista dengan pacarnya harus tetap dikembangkan dalam hubungannya juga tingkatkan selalu komunikasi dua arah secara sehat terutama bila ada perbedaan dalam menyatukan ide

  3. Min saya udah deket selayaknya pacaran hampir 4thn. Selisih umur kita itu 10thn 3bln. Tapi orangtuaku gak menyetujui karena masalah faktor usia atau pekerjaan. Padahal kita udh sama sama nyaman, menerima satu sama lain. Aku bingung gimana bisa dpt restu dari orangtua kalau begitu caranya? Kadang saya sedih jika harus backstreet melulu ingin rasanya bisa terbuka dgn orgtua tp apa daya kita belum mendapat restu jd cuma kaya gini aja..
    Gimana ya min supaya ortu kita percaya sm cowo kita yg udh buat kita lebih baik dan dia bisa menjaga kita dgn tulus/ bisa mengerti kita. Pdhl ortu ku juga selisih 11thn

    1. bagaimana caranya sista dan cowoknya bisa menyakinkan orang tua, pasti ada alasannya orang tua tidak merestui hubungannya itu yang harus sista dan cowoknya cari tahu dulu. apakah pekerjaan cowok yang dibilang belum siap untuk membina rumah tangga, atau ada salah satu pasangan yang masih egois dan belum mampu untuk menghadapi konflik yang ada terutama hubungan jangka panjang, ada baiknya sista dan cowoknya memberikan bukti yang nyata dan konkret kepada orang tua, juga diskusi secara baik-baik kepada orang tua apa yang membuatnya tidak merestui hubungan kalian berdua

  4. Min.. Aku beda usia sangat jauh dengan pacarku.. 14 thn, dya memang sangat dewasa, sabar dan bisa menyeimbangkan dengan ku yg masih manja. Tapi jujur aku belum ada perasaan cinta dengannya.. Hanya kenyamanan yg aku rasa saat dekat dengan nya.. Karna perbedaan yg sangat jauh ini yg membuat aku merasa bingung harus berbuat apa ketika temen2 ku meledek. Ketika sedang berkumpul dengan temen2, aku meminta dya jauh dari aku karna jujur omongan temen2 membuat aku semakin labil dan akhirnya sering menyakiti dya. Apa yg harus aku lakukan min ? Aku jg tdk bisa terus2n membohongi perasaan aku sendiri.dan aku jg tdk mau menyakiti hati dya dan berakhir dengan penyesalan..

    1. usia hubungannya sudah berjalan berapa lama? usianya sista berapa? dan usia pacarnya? apa yang membuat sista belum ada perasaan cinta kepadanya, disarankan bicarakan secara jujur dan terbuka kepada pacarnya apa yang sista rasakan, mungkin ada visi misi yang sedikit berbeda antara sista dengan pacarnya. buat apa sista mendengarkan omongan teman-temannya yang menjatuhkan sista, ada kemungkinan teman-temannya iri melihat hubungannya sista dengan pacarnya tidak seperti yang mereka miliki. ubahlah sifat sista yang masih manja itu agar sista bisa melihat dan menghargai bentuk perasaan pacarnya kepada sista selama ini (apa sih yang membuat sista jadi nyaman saat dekat bersamanya).

  5. Min.. Saya pacaran beda usia sangat jauh “14 thn”. Dya memang bisa menyeimbangkan sifat saya yg masih labil.. Sikap nya yg sabar dan mau mengalah membuat hati saya luluh bertahan dengan nya.. Tapi lama2 saya merasa hanya kenyamanan yg membuat saya bertahan lama dengan nya. Dan pada saat saya berkumpul dengan teman2 yg kebetulan teman bersama.. Ada perasaan malu yg tiba2 muncul karna teman2 kita hoby meledek.Prasaan cinta pun belum ada :(. Tapi saya tdk bisa dan tdk tega membuat dya dan keluarga nya kecewa.. Tapi bagaimana dengan perasaan saya karna saya belum bisa mencintainya.. Apa yg harus saya lakukan min ?? Sebuah pernikahan akan terasa indah bila pasangan nya saling mencintai.. Tapi sampai saat ini saya belum merasakan nya..

    1. berapa usianya sista? dan usia pacarnya? sudah berjalan berapa lama hubungannya? apa yang membuat sista belum bisa mencintainya? untuk memunculkan perasaan cinta pasti ada sesuatu yang membuat sista memilih dan bertahan bersamanya, ada baiknya sista tidak perlu mendengarkan ledekan teman-temannya, ada kemungkinan mereka iri melihat hubungannya sista bersama pacarnya. ada baiknya kenali lagi karakternya sista dan pacarnya dengan cara intropeksi secara mendalam, ubahlah sifat sista yang masih labil tersebut, ada kemungkinan sifat tersebut yang menghalangi kebimbangan sista selama ini.

  6. Pacar saya lebih tua 5 tahun dari saya. Yah namanya aja uda beda usia, pasti beda pemikiran banget kan. Saya anak cewek satu satunya, jadi sikap manja dan ingin diperhatikan lebih itu terbawa sampai kemana-mana, termasuk pacar saya. Tapi pacar saya sikapnya sangat cuek, karna dia berpikir tidak terlalu penting untuk basa basi dan sangat menyepelekan komunikasi. Sms-an sehari hanya 3 x, gak lebih dari itu. Dia bener-bener sangat cuek. Saya bingung bagaimana harus menghadapinya, saya hampir stres memikirkan sifat cueknya itu. Saya harus gimana ya min ? 🙁

    1. usianya sista berapa tahun? usia hubungannya sudah berjalan berapa lama? iya sista hubungan beda usia itulah salah satu kendalanya sering dijumpai orang berusia lebih tua tidak suka dengan hal yang basa basi lebih berfokus untuk sesuatu hal ke depannya, cobalah sista sampaikan apa yang dirasakannya kepada cowoknya secara jujur dan terbuka tetapi sampaikannya jangan pakai emosi iya, kalau mengobrol sama cowoknya jangan terlalu monoton atau membahas hal itu-itu saja, ganti topiknya bisa dengan aktivitasnya sista sendiri atau sista bisa tanyakan aktivitas cowoknya yang seru apa hari ini

      1. min saya sama pacar saya bedah 3 tahun tapi saya ngerasa pengen putus karenah bedah ,,
        cuman saya gak bisa pengen mutusin dia ,saya sayang sama dia ,,
        saya jugak bepekir bedah 3 tahun itu merasah sepanter .tapi hati saya gak pengen putus ..
        saya bingung gimana min solusi nya

        1. sobat lagi galau dengan hubungannya, sobat harus bisa menentukan sikapnya sendiri, apakah memilih untuk putus atau lanjut. jadi kenali lagi masalahnya lebih dalam apa yang membuat sobat ingin putus tetapi di sisi tidak ingin putus, ada baiknya komunikasikan lagi bersama ceweknya

  7. Iya Mbak pasanganku lebih muda 10 tahun, tapi kayaknya dia gak mempermasalahkan itu, orangnya lebih dewasa sifatnya, hanya saja ketika berkumpul dengan teman-temannya dia seperti gadis remaja dengan bercandaannya sampai ke media sosial lanjut terus. Aku sih Mbak gak memaksakannya harus denganku, aku biarkan saja dia memilih yg terbaik, kalau jodoh gak akan lepas. Kayaknya orangnya suka dekat gitu Mbak, hubungan langsung tatap wajah, gak suka di perhatikan lewat media sosial, jarang di balas Mbak. Mudah-mudahan bisa sampai ke pernikahan Mbak, benar kata orang Mbak perempuan lebih cepat dewasa sifatnya. Terima kasih Mbak

    1. sama-sama sobat senang bisa membantu dan semoga bermanfaat, oh iya sobat tetap tingkatkan komunikasinya sama ceweknya agar lebih mengenal lagi karakter dan kebiasaannya

  8. sekarang aku malah pacaran beda 11 tahun min… ya tapi orangnya bisa menyesuaikan sich min jadi seru2 ja

    1. oh iya sista, selamat iya… pacaran beda usia kita bisa belajar menekan keegoisan maupun keegoan di dalam diri kita sendiri atau belajar dewasa

  9. Perbedaan itu memang aneh, cuman sebelum memulai suatu hubungan, pasti kita memiliki tujuan tertentu dengan memulainya hubungan seperti ini. Alasan itulah yang semestinya kamu pegang buat prinsip, janganlah malu atau minder dengan perbedaan ini, pacaran itulah yang membuat kita belajar buat nantinya kita teruskan hubungannya ke arah yang lebih serius, kalau kamu sudah siap (cowo yg muda) saatnya kamu harus berani untuk memperkenalkan ke keluarga, keluarga pasti selalu menjadi pikiran utama, tapi jangan putus asa dulu bro…. Kita tidak tahu kan bagaimana pendapat keluarga kita asalkan kamu sudah siap untuk memperteguh alasan mu memulai hubungan ini bro….

  10. hehehe dlu aq pernah min pacaran beda 8 tahun, tapi ga bertahan lama. soale ngrasa aneh klo kumpul ma temen2nya rasanya gimana gt…ga enak banget ngrasa kayak anak kecil ndiri

  11. aku beda usia 5 tahun dgn suami ku skrg … dan walopun hanya beda usia yg tidak terlalu jauh , tapi tetap saja di awal2 hubungan banyak terjadi perbedaan sikap dan perilaku …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge