Kontak Batin Cinta

Curhat yang baik untuk mendengarkan keluh kesah kekasih

Curhat yang baik untuk mendengarkan keluh kesah kekasih

Curhat yang baik untuk mendengarkan keluh kesah kekasih terutama bagi yang menjalani hubungan jangka panjang, kalau jumlah frekuensi kita sama sang kekasih kurang sekali melakukan obrolan curhat secara mendalam maka kita akan kebingungan dalam menangkap apa maksud dan artinya pembicaraan kekasih kita.

Tak heran terjadilah miskomunikasi, apalagi kurangnya obrolan curhat secara mendalam bisa membuat kekasih merasa tidak dihargai dan tidak diperhatikan oleh kita. Kenapa? kita jadi kurang bisa menangkap pesan-pesan yang disampaikan oleh kekasih kita tercermin dari kelakuannya yang tiba-tiba marah-marah, sering murung, malas berkomunikasi, berubah cuek dan lain-lain.

Kalau dibiarkan begitu saja, lama-lama kurangnya obrolan curhat bersama sang kekasih dikhawatirkan kekasih kita bisa berbuat yang “tidak-tidak” dalam hubungan cintanya, ada kemungkinan hubungannya akan berubah menjadi tidak menyehatkan. Misalnya suka menyalahkan kekasihnya atas apa yang terjadi dalam hubungan cintanya, tidak mendapatkan sesuatu di dalam hubungan cintanya akhirnya mencari di luar sana dengan cara berselingkuh atau minta putus sepihak.

Obrolan curhat secara mendalam secara tidak langsung mengajarkan kita untuk tidak egois dengan memberikan kesempatan kepada kekasih kita dalam menyampaikan apa yang dirasakannya untuk disampaikan kepada kita secara jujur dan terbuka tanpa ada rasa malu atau takut, apalagi curhat bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan kemampuan menyimak dalam hal mendengarkan dan didengarkan secara utuh apa pun keluh kesah kekasih kita.

Cara curhat yang baik untuk mendengarkan keluh kesah kekasih secara tepat dan terarah untuk menangkap pesan-pesan yang disampaikan oleh kekasih kita terbagi menjadi 3 sesi:

1. Sesi pertama, mendengarkan apa keluh kesahnya.
Pada sesi ini kita memberikan kepada kekasih kita kesempatan untuk berbicara keluh kesahnya apa pun masalahnya atau apa yang sedang dirasakannya untuk disampaikan kepada kita secara jujur dan terbuka, ajaklah kekasih bisa bercerita apa saja yang membuatnya risau atau kepikiran dalam menjalani hubungan cintanya bersama kita.

Baca juga:  Pentingnya Perjanjian Pranikah sebagai Bentuk Perlindungan

2. Sesi kedua, menggali dan menganalisa keluh kesahnya.
Pada sesi ini kita berupaya menjawab untuk mencari jalan keluar terbaiknya dari informasi yang sudah didapatkan, kata lainnya menjawab keluhannya kekasih kita dengan bertanya secara mendalam apa yang dirasakannya dan gunakan bahasa yang lembut bukan bahasa yang memaksa.

Tujuannya agar emosi yang dirasakan oleh kekasih kita kembali tenang sehingga obrolan berikutnya bisa dilakukan dengan leluasa bukan dengan emosional (marah-marah tidak jelas) melainkan logika pola pikir, istilahnya kekasih kita bisa diajak untuk berpikir jernih.

3. Sesi ketiga, menemukan penyelesaian atas keluh kesahnya.
Pada sesi ini bisa dikatakan sesi curhat terakhir atau kesimpulan atas semua keluh kesah yang dirasakan oleh kekasih kita, untuk curhat terakhir disarankan melakukan obrolan yang santai namun tegas dan jelas terutama kalau kita memiliki seorang kekasih yang memiliki pendirian yang tidak konsisten dalam menjalani hubungan cintanya.

Sesi terakhir lebih diarahkan bersama-sama dengan kekasih kita untuk menemukan penyelesaian yang baik dan tepat bagi keduanya maupun hubungan cintanya bukan salah satu pihak saja, melalui obrolan curhat tersebut kita bersama sang kekasih bisa menemukan solusi yang terbaik akan muncul dengan sendirinya dari kedua pihak.

Baca juga:  Ini Bukti Jatuh Cinta Tidak pernah Datang Terlambat

Efeknya lewat obrolan curhat keduanya jadi termotivasi untuk membangun dan mengembangkan kualitas hubungan cintanya ke depan atau semangat dalam menjalani hubungannya, tercermin dari keduanya berupaya keras untuk membahagiakan dan menyenangkan kekasihnya.

Sangat disarankan curhat yang baik untuk mendengarkan keluh kesah kekasih dilakukan bertatap muka langsung (ketemuan) itu lebih baik daripada lewat aplikasi chat karena kekasih kita bisa melihat secara langsung bagaimana respon dan tanggapan dari kita, juga kekasih merasa diperlukan, dibutuhkan, diperhatikan dan didukung oleh kita.

Manfaatnya curhat bisa meningkatkan keintiman hubungan cintanya, jadi curhat tidak boleh asal kalau kekasih kita adalah
– Perempuan, ada keinginan ingin disentuh kebutuhan perasaannya dalam hal komunikasi dan perhatian, caranya ajaklah mengobrol apa pun topiknya dan dengarkanlah apa keluh kesahnya.
– Laki-laki, ada keinginan ingin disentuh kebutuhan kenyamanan egonya dalam hal memberikan support, caranya menemani dan berikan dukungan yang nyata atas perjuangannya dari titik nol.

Cara mengajak curhat berbeda antara laki-laki sama perempuan karena perempuan memiliki tingkat sensitivitas lebih tinggi dibandingkan laki-laki, kalau ada masalah perempuan akan dibawa ke dalam pikiran sedangkan laki-laki cenderung cuek dengan mengalihkan pada kegiatan hobinya.

Seringnya melakukan obrolan curhat dalam hubungan cintanya akan menciptakan kebahagiaan, kehangatan, ketenangan dan ketenteraman, tercermin dari hubungan cintanya terlihat romantis dan mesra tiap waktunya. Alasannya lewat curhat keduanya akan tercipta karakter-karakter yang bahagia, bijaksana dan semangat dalam menjalani hubungan cintanya ke depan.

Istilahnya keduanya memiliki niat dan tujuan yang jelas untuk apa menjalin hubungan cinta, keduanya serius berkomitmen dalam membangun dan mengembangkan kualitas hubungan cintanya ke depan, tercermin dari tiap pagi hari dirinya selalu memberikan kata-kata happy dan wise kepada kekasihnya agar semangat dalam menjalani kehidupan.

Baca juga:  Empat Kebiasaan Sepele Ini dapat Merusak Hubungan Cinta

Waktu yang tepat untuk melakukan obrolan curhat, pilihlah waktu dan hari yang tidak mengganggu aktivitas keseharian masing-masing pasangan, misalnya antara hari sabtu sampai minggu adalah waktu yang tepat untuk melakukan obrolan curhat secara mendalam, walaupun tidak ada masalah bisa melakukan obrolan dengan menanyakan aktivitas kesehariannya atau kesukaannya.

Manfaat lainnya obrolan curhat tidak hanya meningkatkan keintiman hubungan cintanya tetapi juga dapat menciptakan kenangan yang indah bersama sang kekasih, hal ini berkaitan erat dengan memori yang dimiliki oleh masing-masing pasangan dalam menjalani hubungan cintanya, kata lainnya lebih baik memberikan dan menciptakan kenangan yang indah daripada kenangan yang buruk.

Kesimpulan curhat yang baik untuk mendengarkan keluh kesah kekasih:

Diperlukan untuk keseriusan hubungan jangka panjang agar tidak terjadi miskomunikasi dalam menangkap pesan-pesan (maksud dan artinya) obrolan kekasih kita, apalagi curhat mengajarkan kepada kita untuk bisa menyampaikan apa yang kita rasakan kepada kekasih kita secara jujur dan terbuka tanpa ada rasa malu atau takut, tetapi di sisi lainnya bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan kemampuan menyimak keluh kesah kekasih kita.

Terima kasih sahabat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca curhat yang baik untuk mendengarkan keluh kesah kekasih, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Berikan komentarnya atau ada yang ingin ditanyakan?




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge