Apa Artinya Cinta

Cinta adalah seni untuk mendengarkan pasangan kita

Dari Kisahcintasejati.com, tempat asyik belajar keromantisan cinta untuk kamu dan si dia.

Cinta adalah seni untuk mendengarkan pasangan kita
Ilustrasi acak tentang Cinta adalah seni untuk mendengarkan pasangan kita (sumber: Pixabay.com)

Bagian utama dari cinta adalah seni untuk mendengarkan pasangan kita dibutuhkan 70 persen digunakan untuk membangun keromantisan dan kemesraan hubungannya lewat jalan komunikasi, seni mendengarkan untuk mengetahui dan memahami bagaimana karakter maupun kebiasaan pasangan lebih jauh lagi, apa visi misinya dalam membangun hubungan cintanya ke depan dan bagaimana pola interaksi komunikasi yang akan terjadi di dalam hubungan cintanya.

Apa jadinya kalau seni mendengarkan justru gagal dilakukan maka akan dijumpai miskomunikasi dalam hubungan cintanya, kita akan bingung dan tidak tahu bagaimana harus bertindak (bersikap) ketika tahu pasangan kita mulai berubah dalam hubungan cintanya, misalnya tiba-tiba cuek, susah dihubungi lagi, mulai menjauhi, tidak lagi peduli atau malas untuk berkomunikasi.

Kegagalan dalam berkomunikasi dalam hubungan cinta sama artinya kegagalan dalam memahami pasangan kita, kurang bisa menangkap pesan-pesan yang disampaikan oleh pasangan akibat kurangnya kemampuan kita dalam mendengarkan dan menyimak kebutuhan pasangan karena kita selalu menuntut dan menuntut kepada pasangan untuk menuruti semua kebutuhannya kita untuk dikabulkan olehnya.

Cinta adalah seni untuk mendengarkan pasangan kita dibutuhkan 70 persen digunakan untuk berkomunikasi tiap waktunya untuk membangun keromantisan dan kemesraan hubungan cintanya

Kegagalan dalam berkomunikasi bisa menimbulkan dampak yang cukup serius dalam hubungan cintanya, salah satu dampak akibat kegagalan memahami yang terkait dengan hal-hal penting seperti kurang bisa memahami pasangannya seperti apa orangnya kaget ketika berubah, bagi yang menjalani hubungan cukup lama jadi tidak jelas kapan waktunya menikah karena pasangannya tidak pernah membicarakannya atau selalu saja menghindar.

Baca juga:  Perempuan Terlahir sebagai Sosok yang Menguatkan

Dampak tersebut akibat kita tidak bisa menyampaikan secara langsung dan tegas apa yang dirasakan dan apa yang dipikirkan oleh kita untuk disampaikan secara jujur dan terbuka kepada pasangan karena faktor takut kalau berbicara atau menolaknya nanti akan “diputusin” atau “ditinggalin” sama pasangan kita.

Membina, membangun dan menjalani hubungan cinta diperlukan pemikiran yang bersifat metodologis untuk memahami pasangan kita, gagasan apa untuk memahaminya, bagaimana langkah-langkahnya untuk memahaminya dan apa saja titik-titik terpenting dalam memahaminya yang akan dihasilkan dalam hubungan cintanya ke depan.

Cinta adalah seni untuk mendengarkan pasangan kita sama seperti sebuah seni “kepiawaian” untuk memahami pesan-pesan yang disampaikan oleh pasangan kepada kita, istilahnya ada upaya memahami bersifat spontan langsung dipahami oleh kita dan ada upaya yang membutuhkan kejernihan logika pola pikir untuk dipahami oleh kita dalam menangkap pesan-pesannya, kalau kita gagal memahaminya akan dijumpai adanya situasi kesalahpahaman yang terjadi (miskomunikasi).

Apalagi menjalani hubungan cinta zaman sekarang yang di dalamnya terdapat konteks kehidupan masyarakat modern yang ditandai adanya suatu kemajemukan, kenapa? kita dan si dia adalah orang yang berbeda karakternya, berasal dari keluarga yang berbeda berarti berbeda pula pola asuhnya.

Baca juga:  Pria Mudah Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama ketimbang Wanita

Berbeda pula pola pikirnya, berbeda pula kebiasaannya, berbeda pula prinsip yang dimilikinya, berbeda pula daya juang dan daya tahannya, berbeda pula tingkat amarahnya dan emosinya, berbeda pula cara menghadapi dan menyelesaikan permasalahan.

Kalau kita tidak mau belajar mengenal dan memahami pasangan kita bisa terjadi kesalahpahaman yang disebabkan hanya mau menggunakan sudut pandangnya kita sendiri di depan pasangan, istilahnya tidak mau mendengarkan masukan atau pendapat pasangannya, apalagi seni mendengarkan dalam hubungan cinta sama artinya sebagai upaya untuk menangkap perspektif pasangannya.

Apabila kita dalam hubungan cintanya juga mengedepankan upaya untuk menangkap perspektif pasangan, artinya kita memiliki tujuan utama untuk mengungkap dan menghadirkan kembali secara utuh apa maksud pesan yang disampaikan oleh pasangan kita, upaya untuk menangkap perspektif pasangan bersifat psikologis karena di dalamnya ada pengertian “memahami” sama artinya “berempati”.

Cinta adalah seni untuk mendengarkan pasangan kita mengandung arti memahami adalah cara kita untuk bereksistensi dalam hubungan cintanya ke depan karena ini menyangkut kemampuan kita dalam menangkap pesan-pesan yang disampaikan dari pasangan kepada kita (kita mengerti apa maksudnya pasangan kita), efeknya keromantisan dan kemesraan bisa terjadi.

Baca juga:  Inilah Jawabannya Laki-laki Sulit Mengekspresikan Emosinya

Seni mendengarkan dalam hubungan cinta adalah tindakan memahami sebagai upaya untuk merawat hubungan cintanya menjadi harmonis, bermartabat dan lebih baik ke depannya. Menjalani kualitas hubungan cinta yang sehat dan baik bisa membantu kedua pasangan dalam mempertajam visi misi yang dijalaninya untuk apa menjalin hubungan cinta, apakah serius berkomitmen ataukah sekedar bersenang-senang.

Kesimpulan cinta adalah seni untuk mendengarkan pasangan kita:

Dalam menjalani hubungan cinta dibutuhkan 70 persen digunakan untuk berkomunikasi tiap waktunya untuk mengetahui dan memahami bagaimana karakter maupun kebiasaannya lebih jauh lagi, berkomunikasi berkaitan erat dengan seni mendengarkan apabila gagal dilakukan akan dijumpai miskomunikasi dalam hubungan cintanya.

Kegagalan dalam berkomunikasi sama artinya kegagalan dalam memahami pasangan kita, tak heran kita jadi bingung dan tidak tahu bagaimana harus bertindak (bersikap) ketika mengetahui pasangan mulai berubah, penyebabnya kita tidak bisa menyampaikan secara jujur dan terbuka kepada pasangan karena takut kalau berbicara nanti akan “diputusin” atau “ditinggalin” sama pasangan kita.

Terima kasih sahabat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca cinta adalah seni untuk mendengarkan pasangan kita, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Berikan komentarnya atau ada yang ingin ditanyakan?




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge