Inikah Emosi Cinta

Cara Tepat Menolak Cinta Cewek Tanpa Menyakiti Perasaannya

Cara Tepat Menolak Cinta Cewek Tanpa Menyakiti Perasaannya
Ilustrasi Cara Tepat Menolak Cinta Cewek Tanpa Menyakiti Perasaannya (sumber: Pixabay.com)
Dari Kisahcintasejati.com - tempat asyik belajar keromantisan cinta untuk kamu dan si dia.

Bagaimana cara tepat menolak cinta cewek tanpa menyakiti perasaannya, terutama ketika ada seorang cewek yang berani mengungkapkan cintanya. Ia kerap melakukan sesuatu yang membuatmu terperanjat atau terkejut atas sikapnya (kepo), seperti bertanya dengan sahabatmu atau menanyakan langsung kepadamu. Hal ini ia lakukan untuk mencari tahu segala hal tentang dirimu.

Dengan kata lain, ia ingin bertemu dan mengobrol banyak dengan kamu adalah sesuatu yang sangat menyenangkan baginya. Tak jarang, sikapnya sering mencuri-curi pandang, suka menggigit bibir bagian bawah, cara bicaranya yang lembut, suka menirukan kebiasaan kamu, hingga jaga image (jaim). Hal tersebut ia lakukan sebagai bentuk rasa cintanya dengan harapan kamu memiliki rasa cinta yang sama.

Salah satu cara tepat menolak cinta cewek tanpa menyakiti perasaannya adalah pilihlah kata-kata kata-kata tidak bermakna ganda atau memberikan harapan untuk mencegahnya sakit hati. Perhatikan pula penggunaan bahasa atau kata-kata yang baik dan sopan dalam menolak cintanya, termasuk jelaskan dengan jujur alasan kamu tidak dapat membalas cintanya

Jika kamu tidak memiliki perasaan yang sama, tentu saja kamu meresponnya (menolak) tanpa menyakiti perasaannya. Kamu sebagai laki-laki yang baik harus bisa menghargai perasaannya, terutama cewek yang berani mengungkapkan cintanya. Salah satu caranya kamu jangan langsung menghindari atau memandangnya rendah. Perempuan yang berani mengungkapkan perasaannya itu membutuhkan keberanian yang lebih. Bahkan, ia mau membuang dulu harga dirinya untuk mengungkapkan perasaannya.

Berikut enam cara tepat menolak cinta cewek tanpa menyakiti perasaannya.

Baca juga:  Empat Kebiasaan Sepele Ini dapat Merusak Hubungan Cinta

Pertama, berikan pengertian jika kamu ingin sendiri dulu. Alasan ini dapat memberikan gambaran kepada dirinya untuk memahami kondisi yang sebenarnya kamu inginkan. Seperti yang kamu ketahui, menjalani hubungan cinta memerlukan kedua belah pihak yang saling mencintai satu sama lain. Hal ini mungkin akan menyakiti hatinya sebentar daripada menerima cintanya, tetapi kamu tidak mencintainya itu akan jauh lebih menyakitkan hatinya. Dengan kata lain, jujur itu lebih baik daripada membohongi perasaannya.

Kedua, katakan kamu sedang fokus studi atau pekerjaan. Alasan ini dapat membuat dirinya memahami kondisimu, bahwa kamu tidak ingin diganggu oleh aktivitas asmara dan ingin fokus terhadap studi atau pekerjaan yang sedang kamu jalani.

Di sisi lain, alasan ini tidak menyakiti hatinya karena sesuai dengan logika (masuk akal) dan menyangkut pilihan masa depanmu. Jadi, sampaikan penolakanmu dengan kata-kata yang baik dan jelas. Hal ini dapat membantunya untuk memilih mundur atas jawabanmu sebagai balasan dari rasa cinta yang dimilikinya.

Ketiga, katakan saja kamu tidak pantas untuk dirinya dan kelak ada laki-laki lain yang lebih baik untuknya. Alasan ini menempatkan dirimu sedang berada dalam posisinya saat ini. Bahwa kamu mencintai seseorang, sayangnya ia tidak memiliki perasaan yang sama. Sikap ini memberikan pemahaman kepada dirinya, walaupun kamu tahu ia mencintaimu.

Kamu tidak bersikap sesuka hatinya terhadap perasaannya (mempermainkan perasaannya). Perkataan kamu tidak pantas untuk dirinya itu mirip dengan kalimat “kamu tidak bisa menemani dirinya.” Namun, jangan pernah kamu menambahkan kalimat harapan di belakangnya karena ia akan berpandangan buruk terhadapmu.

Baca juga:  Empat Cara Cerdas Mengontrol Emosi Ketika Marah dengan Pasangan

Keempat, berikan pengertian jika berteman itu lebih baik daripada berpacaran. Alasan ini sebagai bentuk penolakan secara halus, bahwa kamu lebih nyaman hanya sebatas teman. Apalagi hubungan pertemanan tidak mengenal kata putus cinta, termasuk kejujuran berperilaku dalam mengenal pribadi masing-masing. Misalnya, tidak mengenal kata jaga image (jaim), kepedulian, dan perhatian sepihak.

Seperti yang kamu ketahui, hubungan pertemanan tidak meletakkan kondisi meninggalkan atau ditinggalkan ketika ekspektasi tidak berjalan sesuai dengan realitas (kenyataan). Pilihan ini akan membuatmu bisa memberikan dukungan dalam hidupnya sebagai seorang teman bukan kekasih.

Kelima, ucapkan kata maaf jika kamu sudah memiliki pacar. Alasan ini merupakan kebenaran mengenai status dan perasaan dirimu. Kamu tetap bersikap baik dalam menyampaikannya, bahwa kamu tidak dapat membalas perasaannya karena sudah memiliki pacar. Untuk menyampaikan penolakanmu, gunakan kata-kata yang baik dan sopan agar tidak menyakiti perasaannya.

Hal ini sebagai ungkapan kejujuran mengenai komitmen perasaanmu terhadap satu orang saja (pacarmu), walaupun awalnya ia tersinggung mendengar hal itu. Namun, kejujuranmu lebih bisa diterima oleh cewek daripada kamu berbohong.

Keenam, lakukan jaga jarak untuk menghindari kesalahpahaman. Pilihan ini bukanlah sesuatu yang buruk, tetapi bentuk sikap untuk menghindari kesalahpahaman yang akan terjadi di kemudian hari. Misalnya, mengusik kamu lewat media komunikasi, masih membuntuti aktivitasmu lewat media sosial, atau ngeyel agar kamu menerima cintanya.

Seperti yang kamu ketahui, orang ngeyel adalah orang yang tidak mau memahami orang lain, tetapi memaksa orang lain untuk memahami dirinya. Yang bisa kamu lakukan dengan menjaga jarak dan aturlah temponya pelan-pelan (tidak terburu-buru), tujuannya agar ia tidak curiga kalau kamu ingin menghindarinya. Jadi, jangan pernah kamu langsung terburu-buru ingin menghindarinya.

Baca juga:  Cara Tepat untuk Memperoleh Restu Menikah dari Orang Tua

Contohnya kamu langsung tiba-tiba menghilang ketika ia mengungkapkan perasaannya. Hal ini dapat membuatnya sakit hati yang lebih dalam lagi, anggapannya kamu tidak menghargai perasaannya. Walaupun kamu memiliki hak untuk menolak cintanya maupun menghindari dirinya, seperti halnya dia juga memiliki hak yang sama untuk menolak dan menghindari cowok yang tidak ia sukai. Di sini, letak kematangan emosional seorang dalam menanggapi persoalan dalam hidupnya (dewasa atau tidak).

Kesimpulan cara tepat menolak cinta cewek tanpa menyakiti perasaannya

Gunakan bahasa atau kata-kata yang baik dan sopan dalam menolak cintanya. Pilihlah kata-kata tidak bermakna ganda atau memberikan harapan untuk mencegahnya sakit hati. Perlu kamu hargai keberaniannya dalam mengungkapkan perasaannya, walaupun kamu tidak membalas perasaan cintanya. Berikan pengertian secara jujur dan jelas alasanmu menolak cintanya, perhatikan pula jangan terburu-buru menghindarinya karena kamu tidak bisa membalas cintanya.

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca artikel cara tepat menolak cinta cewek tanpa menyakiti perasaannya. Bagikan artikel ini agar bermanfaat tidak hanya untuk dirimu, tetapi juga teman-temanmu. Jika kamu punya pengalaman atau tanda lain tentang cara menolak cinta cewek? Silakan berbagi via komentar di bawah.




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge