Inikah Emosi Cinta

Cara Tepat Menenangkan Perempuan yang Sedang Menangis

Dari Kisahcintasejati.com, tempat asyik belajar keromantisan cinta untuk kamu dan si dia.

Cara Tepat Menenangkan Perempuan yang Sedang Menangis
Ilustrasi acak tentang Cara Tepat Menenangkan Perempuan yang Sedang Menangis (sumber: Pixabay.com)

Bagaimana cara tepat menenangkan perempuan yang sedang menangis, ini yang sering membuat laki-laki bingung dalam menghadapinya. Seperti yang kamu ketahui, rata-rata perempuan menangis setiap tahunnya sebanyak 30 hingga 64 kali dibandingkan laki-laki. Bahwa hormon prolactin dalam tubuh perempuan sebagai pemicu perempuan menangis. Persoalannya ketika perempuan sedang menangis, laki-laki tidak begitu paham apa yang harus dilakukannya.

Tak jarang, masalah ini laki-laki sering dianggap “tidak peka” oleh perempuan. Sebelum kamu menyalahkan laki-laki mengenai masalah ini, ada baiknya kamu memahami dulu dari sudut pandang laki-laki. Bukan tidak peka terhadap perasaanmu, menurut laki-laki ketika perempuan menangis. Dirinya langsung berpikir “Apa yang menyebabkannya menangis?” atau “mengapa dia menangis?”

Cara tepat menenangkan perempuan yang sedang menangis, kamu jangan langsung mencari penyebab yang membuatnya menangis ataupun bentuk pertanyaan. Hal ini akan membuatnya kesal dengan mengatakan kamu tidak peka terhadap perasaannya. Berikan waktu untuk dia menangis, ketika sudah reda kamu bisa bertanya dengan mendengarkan seluruh ceritanya tanpa memotong pembicaraannya

Hal ini disebabkan laki-laki sebagai makhluk logika, dia akan langsung mencari alasan mengapa perempuan menangis (apa yang membuatnya menangis). Tak jarang, sikap laki-laki yang ingin membantu malah jadi salah tingkah dan merasa bersalah tidak mampu membantu perempuannya.

Ujung-ujung laki-laki jadi bingung, kenapa perempuannya tidak berhenti menangis. Lakukan ini salah, lakukan itu salah. Kok tidak ada yang berhasil. Salah satu penyebabnya laki-laki tidak bisa mengidentifikasi sebab atau alasan yang membuat perempuan menangis. Akhirnya laki-laki tidak dapat menganalisis masalah itu dan tidak tahu harus berbuat apa untuk membantu perempuannya.

Baca juga:  Kiat Lupakan Mantan dan Siap untuk Jatuh Cinta Lagi

Berikut lima cara tepat menenangkan perempuan yang sedang menangis

Pertama, kamu harus berusaha tenang dengan cara diam sejenak dulu. Jangan menanggapi dengan logikamu dulu “Apa yang menyebabkan dia menangis”, sebaiknya hindari dulu itu. Ada baiknya kamu bersabar dan pasrahkan pundakmu sebagai tempatnya untuk mencurahkan air mata.

Dengan kata lain, biarkan dulu atau berikan sedikit waktu untuk dia mengeluarkan semua emosi dan perasaannya. Hindari juga, kamu jangan bertanya dulu alasan dirinya menangis. Berikan dia waktu untuk mencari ketenangan dalam pelukan perhatianmu. Jika dia sudah selesai menangis, kamu bisa masuk perlahan-lahan dengan pertanyaan “kamu masih sedih?

Kedua, penting untuk diperhatikan oleh kamu ketika perempuanmu menangis, sebaiknya kamu jangan menasihatinya. Apalagi kamu tidak tahu apa yang menjadi penyebab dia menangis. Sudah sewajarnya ketika melihat perempuan menangis, laki-laki langsung muncul keinginan untuk menghiburnya atau menenangkannya. Mulai dari menemani, melawak, hingga memberi nasihat yang intensif atau mendalam.

Seperti yang kamu ketahui, perempuan yang sedang menangis akan lebih sensitif perasaannya. Jika kamu salah dalam memberikan respon, baik itu perkataan maupun tindakan. Bukan malah menenangkannya, melainkan menyakiti perasaannya. Ujung-ujungnya kamu dan dia malah bertengkar, walaupun niatmu baik ingin membantunya. Jadi, kalau kamu ingin memberikan nasihat kepadanya, sebaiknya tahan dulu hingga dia selesai menangis agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Ketiga, tunjukkan sikap empati kepada perempuanmu. Bahwa kamu mengerti apa yang dia rasakan, caranya adalah kamu mendengarkan seluruh ceritanya tanpa memotong pembicaraannya. Hal ini akan membuat perasaannya menjadi lega atau nyaman. Walaupun perempuanmu membutuhkan nasihat dari kamu untuk membantunya keluar dari masalah. Cara ini menunjukkan kamu membiarkan dia terbuka dan berbicara tanpa kamu potong ceritanya.

Baca juga:  Betapa Konyolnya Mengandalkan Hubungan Cinta yang Labil

Hal ini membuat kamu bisa memahami dengan jelas mengenai masalah yang dirinya sedang hadapi. Dari sini, kamu bisa menyikapi dengan tepat apa yang membuatnya menangis. Dengan kata lain, dia tahu kalau kamu peduli terhadap perasaannya dengan mendengarkan masalahnya. Bahwa kamu mendengarkan apa yang menjadi masalahnya, kamu sudah berempati dalam menempatkan diri sesuai tempatnya (kamu memahami seandainya kamu berada pada posisinya).

Keempat, kamu harus berhenti menggunakan kata tanya “Kenapa” atau “Mengapa” untuk mencari jawaban atas tangisannya. Ketika perempuan sedang menangis mendengarkan bentuk kalimat pertanyaan, ibaratnya dia seperti dikritik oleh kamu ketika suasana hatinya sedang terluka. Hal ini akan membuatnya mudah tersinggung dan bukan jawaban yang akan kamu terima melainkan omelan. Bahkan, dia bisa menjauhimu daripada menceritakan masalahnya.

Tak jarang, dia akan mengatakan kamu tidak peka terhadap perasaannya. Jadi, serba repot walaupun niatmu ingin membantunya. Jika dia ingin menceritakan masalahnya, ubahlah bentuk pertanyaanmu “Kenapa” atau “Mengapa” menjadi pernyataan. Contohnya apa yang membuatmu gelisah? Ceritakan padaku apa yang terjadi? Atau Apa yang membuatmu gelisah? Contoh tersebut akan membuat perempuan lebih terbuka untuk menceritakan masalahnya, bahkan menyadari tidak ada alasan untuk dirinya berlama-lama bersedih.

Jika kamu memakai kata-kata “Apa ada hal buruk yang akan terjadi setelah ini?” Kalimat ini secara tidak langsung memberikan pesan kepada dia, bahwa ada orang lain yang tertimpa masalah lebih buruk tetapi dia masih tetap bertahan dan berjuang. Dengan kata lain, kata-kata ini untuk membuatnya berhenti menyalahkan diri.

Baca juga:  Cara Tepat Menolak Cinta Cewek Tanpa Menyakiti Perasaannya

Kelima, jika kamu sudah berusaha menenangkan dia melalui kata-kata empati tetapi tidak kunjung berhenti menangis. Cara terbaiknya adalah lakukan kontak fisik untuk membuat perempuan berhenti menangis. Contohnya kamu bisa memegang kedua tangannya, memberikan pelukan hangat, hingga memberikan pundakmu untuk dia bersandar sebentar. Hal ini dapat memberikan ketenangan dan mengurangi kegelisahan pada dirinya. Ketika dia sudah selesai menangis, kamu bisa mengajaknya bicara empat mata untuk membicarakan masalah yang sedang dihadapinya.

Kesimpulan cara tepat menenangkan perempuan yang sedang menangis

Untuk menghadapi perempuan yang sedang menangis, kamu jangan langsung mencari alasan apa yang membuatnya menangis ataupun bentuk pertanyaan “Mengapa” atau “Kenapa.” Hal ini akan membuatnya menjadi kesal dengan mengatakan kamu tidak peka. jadi, cara terbaiknya adalah berikan waktu untuk dia menangis, ketika sudah reda kamu bisa bertanya “kamu masih sedih?”

Hindari juga bentuk nasihat, apalagi kamu tidak begitu paham masalahnya. Untuk membuat perempuan mau menceritakan masalahnya, kamu bisa mendengarkan seluruh ceritanya tanpa memotong pembicaraannya. Jika kata-kata empati tidak dapat membuatnya berhenti menangis, ada kalanya memegang kedua tangannya dapat mengurangi kegelisahan pada dirinya.

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca artikel cara tepat menenangkan perempuan yang sedang menangis. Bagikan artikel ini agar bermanfaat tidak hanya untuk dirimu, tetapi juga teman-temanmu. Jika sahabat punya pengalaman atau tanda lain tentang cara memenangkan perempuan sedang menangis? Silakan berbagi via komentar di bawah.




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge