Inikah Emosi Cinta

Cara menghadapi pacar yang suka berkata kasar

Cara menghadapi pacar yang suka berkata kasar

Cara menghadapi pacar yang suka berkata kasar bahkan mengeluarkan kata-kata tak senonoh secara tidak langsung seperti tidak menghargai diri kita, kenapa perilaku pacar seperti ini bisa kita lihat dari bagaimana dia bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya atau bahasa kerennya tempat nongkrongnya.

Seperti yang kita tahu sepanjang pertumbuhan dan perkembangan pacar kita ditentukan dari interaksinya dengan lingkungan sekitarnya, pengaruh lingkungan ini akan menentukan perilaku pacar kedepannya karena sepanjang hidupnya pacar akan terus belajar dari apa yang dilihatnya dan didengarkannya.

Cara menghadapi pacar yang suka berkata kasar tidak boleh terlalu reaktif seperti memarahinya atau menjelekkan lingkungan pergaulannya bukanlah solusi yang tepat

Adanya figur model yang paling dominan di lingkungan pergaulannya bisa dijadikan oleh pacar kita sebagai tempat yang konkret untuk dipelajari dan ditirunya walaupun di dalam keluarganya sendiri sudah ditanamkan nilai-nilai dan norma-norma kebaikan tetapi figur model ini dianggapnya paling keren dibandingkan sosok orangtuanya.

Memang tidak bisa dipungkiri lingkungan pergaulan sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan pacar kita, semakin banyak berkenalan baik itu melihat dan terlibat dengan lingkungan pergaulannya maka sang pacar akan semakin tahu banyak mulai dari perilaku yang baik maupun perilaku yang buruk.

Baca juga:  Betapa Konyolnya Mengandalkan Hubungan Cinta yang Labil

Apakah pacar kita bisa memfilter perilaku tersebut, masalahnya kalau pacar kita lebih banyak terpengaruh oleh perilaku buruk lalu apa tindakan terbaik yang bisa kita lakukan. Hindari melakukan tindakan frontal atau tidak boleh terlalu reaktif seperti langsung memarahinya ataupun mengomelinya habis-habisan bukanlah solusi yang tepat.

Jangan pula kita menjelek-jelekkan lingkungan pergaulannya tetapi kita ajak pacar kita untuk dialihkan ke lingkungan pergaulan yang lain lebih positif sebagai alternatifnya, lakukan pengalihan ini dengan pelan-pelan sedikit demi sedikit dan usahakan jangan dipaksakan atau terburu-buru, hal ini penting agar kita tidak reaktif dengan langsung menyuruh pacar kita menjauhi lingkungan pergaulannya.

Kita tidak bisa mengontrol dan mengendalikan lingkungan karena dimanapun pasti ada pengaruh yang tidak baik, kuncinya kita bisa mengarahkan dengan mendiskusikan perilaku yang tidak baik tersebut dengan berfokus pada perbuatannya bukan pada orangnya untuk menghindari kesan sepertinya dia disalahkan oleh kita.

Penting untuk melakukan komunikasi dua arah dengan pacar, gunakan bahasa yang menyenangkan dan hindari memakai kalimat perintah yang negatif seperti menasihatinya dengan marah-marah tetapi pakailah kalimat ajakan yang lebih bernilai positif, katakan saja apa yang diinginkan dan sesuaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti olehnya, hindari bahasa kode-kodean supaya pacar bisa mengetahui dan mengerti secara jelas atas perilakunya yang tidak kita sukai.

Baca juga:  Kamu Merasakan Dilema Pacaran Bertahun-tahun

Buatlah pacar untuk berjanji tidak lagi mengucapkan kata-kata kasar tetapi janji ini juga harus diikuti oleh kita sendiri untuk melakukan hal yang sama, tujuannya membuatnya mengucapkan dan memegang janjinya sangat penting untuk memudahkan kita mengingatkan pacar ketika melanggarnya dan janji ini bisa membuat hubungan kedepannya penuh dengan aura positif.

Usahakan kita tidak berfokus pada perbuatan buruk akibat lingkungan pergaulannya tetapi berikan contoh perilaku yang bisa kita harapkan kepada pacar dan berikan penghargaan atas perilaku positifnya, misalnya “kok bahasa itu lagi sayang”, “sayangku bahasanya makin keren aku makin cinta deh”. Tambahkan referensi model yang baik dan positif terutama yang disukai oleh pacar agar bisa menirunya dan meneladaninya, misalnya tokoh idolanya.

Apabila pacar tetap saja tidak ada perubahan masih saja suka mengeluarkan kata-kata kasar bahkan malah parah tidak lagi menghargai kita secara utuh maka berikan sikap tegas dari kita dengan meminta putus darinya karena kalau pacar masih cinta dan sayang sama kita, dia akan mendengarkan kita apalagi ini untuk kebaikannya kedepannya.

Baca juga:  Pacaran Lama Tidak Menjamin Kamu Akan Menikah

Mengajak pacar mengenal dan memasuki berbagai macam lingkungan pergaulan bukan hanya lingkungan pergaulannya saja bertujuan agar keterampilan sosialnya terasah dan siap untuk terbiasa dengan situasi-situasi yang tidak menyenangkan apalagi semakin usia bertambah akan semakin luas pergaulannya dari sini pacar bisa belajar secara alami dengan beragam keadaan atau pengalaman hidup.

Kesimpulan cara menghadapi pacar yang suka berkata kasar:

Hindari melakukan tindakan frontal atau tidak boleh terlalu reaktif seperti langsung memarahinya habis-habisan atau menjelek-jelekkan lingkungan pergaulannya bukanlah solusi yang tepat tetapi ajaklah pelan-pelan jangan terburu-buru dengan mengalihkan ke lingkungan pergaulan yang baru lebih positif sebagai alternatifnya.

Terima kasih sobat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca cara menghadapi pacar yang suka berkata kasar, jangan lupa membookmark atau berbagi artikel ini ke teman-temanmu, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Sobat ada tanggapan lain?




ARTIKEL LAINNYA

2 Comments

    1. arjun syam bisa mengatakannya langsung kepada pacarnya dengan memilih waktu yang tepat untuk membicarakannya dan jangan terlalu memaksakannya untuk berubah dalam waktu singkat seperti maunya kita nanti bisa bentrok tetapi pelan-pelan saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge