Inikah Emosi Cinta

Bagaimana cara menghadapi pacar mulai menjauh dengan tepat

Bagaimana cara menghadapi pacar mulai menjauh dengan tepat
Ilustrasi Bagaimana cara menghadapi pacar mulai menjauh dengan tepat (sumber: Pixabay.com)
Dari Kisahcintasejati.com - tempat asyik belajar keromantisan cinta untuk kamu dan si dia.

Bagaimana cara menghadapi pacar mulai menjauh, padahal sudah menjalin hubungan bisa dikatakan cukup lama. Bahkan ada pula yang sudah memperkenalkan kepada keluarga masing-masing tetapi kenapa akhir-akhir ini pacar mulai berubah seperti jarang memberi kabar atau sikapnya acuh tak acuh.

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah tanyakan kepada pacar kenapa dirinya berubah. Dari sini kamu bisa mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya kenapa pacar berubah. Tentu saja untuk mengumpulkan semua informasi itu diperlukan komunikasi dua arah atau komunikasi langsung kepada pacarmu.

Kuncinya bagaimana cara menghadapi pacar mulai menjauh hanyalah berbicara dan bertanya secara jujur maupun terbuka atas perubahan sikapnya kenapa kok berubah. Jika dirinya mulai mencari-cari alasan yang aneh-aneh lebih baik tinggalkan saja daripada menjalin hubungan yang sia-sia hanya buang-buang waktu, usia, pikiran dan tenaga dengan seseorang yang tidak menginginkan kamu

Kunci sebuah hubungan yang nyaman dan awet adalah komunikasi dua arah (komunikasi langsung) untuk memahami dan mengerti seperti apa permasalahan yang sedang dihadapi. Komunikasi langsung merupakan satu-satunya cara untuk menghadapi pacar yang mulai menjauh.

Baca juga:  Lima Tanda Kamu Menjalani Hubungan Tidak Sehat

Namun, komunikasi ini tidak bisa berjalan dengan baik dan lancar jika hanya dilakukan dari satu arah saja. Kalau pihak lainnya tidak bersedia melakukan komunikasi secara jujur dan terbuka, malah yang ada bisa terjadi pertengkaran tiada henti.

Hubungan pacaran bisa dikatakan masih dalam tahap awal bukan tahap memasuki hubungan yang sebenarnya, umumnya hubungan tahap awal masih terlihat mesra-mesranya dan optimis bahwa hubungannya akan berlanjut (tidak pernah putus). Istilahnya, suka duka berbagi bersama dan dunia hanya milik berdua. Namun, kenyataannya lama-lama semakin meredup dan merasa hubungannya seperti berjalan di tempat.

Ketika hubungan cinta kian lama semakin meredup, serasa berjalan di tempat dan pacar mulai menjauh dari kamu sebelum membuat keputusan “apakah harus diteruskan atau berpisah”. Ada baiknya ajak dulu pacar untuk berbicara terus terang “kenapa kok berubah”.

Jika kamu menyadari akhir-akhir ini, pacar mulai menjauh seperti jarang menghubungi kamu, sikapnya mulai berubah jadi acuh tak acuh, atau hubungannya mulai meredup. Daripada kamu emosi dan marah tiada arah, ada baiknya kamu tanyakan langsung terlebih dahulu kepada pacarmu, “apakah ada alasan yang tepat kenapa pacarmu berubah”.

Baca juga:  Lima Alasan Inilah Membuat Cowok Belum Siap Menikah

Apakah ada kegiatannya yang membutuhkan prioritas atau perhatian paling utama, misalnya ada ujian, tugas kantor keluar kota, dikejar deadline, dirinya saat itu lagi sakit, atau ada keluarganya lagi sakit. Dari sini kamu bisa menilai dan menentukan dengan intuisi dari segala macam informasi yang kamu terima dan dapatkan tentang kebenarannya adalah salah satu cara menghadapi pacar yang mulai menjauh daripada kamu berasumsi tidak jelas.

Setelah kamu melakukan komunikasi langsung dan mengumpulkan semua macam informasi, ternyata pacar mulai mencari alasan tidak masuk akal (aneh-aneh) dan lebih memikirkan dirinya sendiri. Misalnya, tidak mau lagi memikirkan hubungannya ke depan, tidak mau lagi bersama orang yang dicintainya itu pertanda kamu harus mengambil sikap yang tegas terhadap pacar, yaitu mengevaluasi lagi hubungannya.

Tanda-tanda pacar sebetulnya ingin minta putus dan tidak tertarik lagi dengan kamu. Perilaku yang sering dijumpai adalah pacar mulai malas berkomunikasi, mulai menjauh, tidak lagi peduli dengan hidupmu, mulai menjaga jarak, tidak tertarik lagi untuk menghabiskan waktu bersama dengan kamu, kamu bukan lagi prioritas dalam hidupnya, moodnya sulit ditebak dan sering memberikan alasan yang berubah-ubah.

Baca juga:  Kenali Ragam Bentuk Tindakan Melukai dalam Pacaran

Kesimpulan bagaimana cara menghadapi pacar mulai menjauh:

Komunikasikan dulu kepada pacar atas perubahan sikapnya. Namun, jika hubungannya yang terjadi malah sebaliknya. Kamu harus berani mengambil sikap yang tegas dengan menanyakan arah hubungannya kepada pacar, apakah berlanjut ataukah putus. Sikap tersebut diambil untuk menegaskan kepada pacar, bahwa perasaan kamu bukanlah permainan yang seenaknya bisa di-reset ataupun di-restart.

Kamu boleh mencintai seseorang tetapi jangan melupakan untuk mencintai diri sendiri daripada menjalin hubungan yang sia-sia belaka hanya buang-buang waktu, usia, pikiran dan tenaga dengan seseorang yang tidak menginginkan kamu. Jadi, jika pacarmu mulai mencari-cari alasan. Maka, lebih baik kamu tinggalkan saja.

Terima kasih sahabat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca bagaimana cara menghadapi pacar mulai menjauh. Bagikan artikel ini ke teman-temanmu, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Berikan komentarnya atau ada yang ingin ditanyakan?




ARTIKEL LAINNYA

158 balasan untuk artikel ini

  1. Permisi Min saya mau tanya ni tapi sebelum nya curhat dikit gapapa ya kan

    saya punya pacar (cewe) seminggu emang belon ketemu ,dikarenakan bentrok dengan hari hari kerja ,seketika saya mau ketemu saya pulang kerja malem dia udeh larut tidur , dan seketika lamaan dia berubah 100% marah marah melulu katanya si lagi mumed dan pengen nenangin diri , tapi status disosmed diganti foto foto diapusin , dan pertanyaan saya apakah yang dipikirin cewe saya dan apakah dia bosen ??

    1. kalau dari ceritanya sobat, cewek itu bosan karena kurang perhatian dari sobat. pertanyaannya, apakah cewek itu sudah tahu posisinya sobat sudah bekerja? kalau cewek itu paham dengan pekerjaan sobat, ia akan mengerti kondisinya sobat. sayangnya ceweknya tidak mengerti kondisinya sobat yang sukanya marah-marah melulu

  2. Min saya mau tanya kenapa pacar saya gak ada kabar apa karna dia udah ada pengantiku terus waktu kami jumpa hari itu dia bilang sma saya kalau saya udah berubah terus saya tanya berubah kenapa tapi dia gk mau bilang. Saya harus gimana

    1. cowoknya tidak ada kabar bisa jadi, dia lagi bosan atau punya cewek lain daripada muncul penafsiran yang aneh-aneh, ada baiknya sista mengobrol dengan cowoknya, pilih waktu dan hari yang tidak menganggu aktivitas dua-duanya

  3. Min , saya binggung sma pacar saya min… Dia akhir” ini berubah jdi cuek , dan tdk perhatian lagi… Ada yg blang klo cwo kita berubah cuek ada orang ke3 , tpi klo memang benar knapa fto kita ber2 msih ada disosmednya min.. Dia lebih jarang ngabarin min , bles seadanya dan singkat.. Saya harus gmana min ? Tolong dibantu min solusinya , makasih min ..

    1. ada baiknya sista ajak cowoknya ketemuan empat mata untuk membicarakan masalah ini, tentukan tempat dan waktu yang tidak menganggu aktivitas sista maupun cowoknya, misalnya sabtu atau minggu, atau hari kosong

  4. Hallo min saya dengan pacar saya sudah 1 tahun pacaran, terus kita mau nikah karena sudah terlanjur hamil duluan. Semenjak saya hamil, dia berubah total. Dia jarang kasih kabar. Gak perduli lagi. Gak pernah chat saya duluan. Kadang ngeluarkan kata2 yang gak sepantasnya diucapkan membanding2kan saya dengan mantan nya. Kata nya dia saya menjebak dia. Karna saya dia gak jadi tunangan sama mantan nya. Sekarang saya bingung harus berbuat apa. Tolong saran nya min
    Terimakasih

    1. cowoknya bisa dikatakan tidak mau bertanggung jawab perbuatannya, terlihat dari sikapnya yang menyalahkan sista. sista harus tegas dengan cowoknya untuk bertanggung jawab atas perbuatannya, disarankan segera menikah dan tagih semua janji-janjinya dulu saat cowok itu mengajak sista “gituan” karena sista dan cowok itu dalam keadaan sadar saat “gituan”, untuk owok itu ada itikad tidak baik, sista bisa melaporkan ke polisi bagian unit PPA

  5. Min saya sudah tanya sama pacar saya kenapa dia berubah, apa karna ada yang lain atau gimana, namun dia menjawab, kata nya dia hanya menjaga jarak, dan bukan karna ada orang lain di hubungan ini, lalu berjarak 3 hari dia berkata kalau saya terlalu baik buat dia, hubungan kami hubungan jarak jauh min, apa yg harus saya lakukan min, tolong penjelasan nya min

    1. cewek mengatakan “kamu terlalu baik untuk saya”, banyak maksudnya sobat, mulai dari sudah bosan, sudah ada orang lain yang mengisi hatinya, mau PDKT dengan orang lain tetapi bukan dengan jalan selingkuh, sudah tidak menarik lagi di matanya, atau malas mencari alasan lain. dengan kata lain, cewek itu tidak mau kasih jawaban yang menyakitkan, lebih baik kasih jawaban yang aman saja.

  6. Min bagaimana jika pacar mulai berubah,sudah ketahuan suka chat perempuan lain, tapi ketika saya minta putus dia nya gak mau putus ? Knp ya min ? Jadi saya harus apa ?

    1. sista tanyakan kepada cowoknya kenapa kok berubah dan harus tegas tidak suka kalau chat dengan perempuan lain. jika frekuensi komunikasi dengan perempuan lain sudah sangat sering, tanyakan pada cowoknya maunya apa, serius atau tidak jalani hubungan bersama sista. kalau tidak ada itikad baik dari cowoknya (masih suka chat dengan perempuan lain), kami sarankan pikirkan ulang lagi hubungannya

  7. Saya pnya pacar min, dan saat ini saya sedang mengalami kehilangan kebiasaan yg seperti biasanya, contohnya hilang kabar dari doi, doi seperti mulai tak peduli, mulai, dan seperri sudah tidak semangat utk bersama saya lagi, tetapi ketika di tny diaselalu jawab aman semua aman, ketika saya meminta utk jujur jika dia bosan dan dia juga mengatakan tidak bosan , tetapi knp sikap dia berubah, sperti tidak menginginkan saya lagi, dan saya harus gimana ? Saya tkt salah langkah min,

    1. sebaiknya sista veni hilangkan semua perasaan tidak nyaman tetap berpikir positif, ajak pacarnya ngomong blak-blakan mengenai masalah yang dialami oleh sista, disarankan ketemuan secara empat mata dan pilih waktu yang tepat untuk mengobrol

  8. Hi..sia.saya pacaran sudh 5 tahun.tp slu LDR dlm stahun bisa skli atau 2 kli ketemu.dia jnji kan serius dn g kan klain hati jk masi ad hbgan.dn smpai skrng q slu percya itu.kami ud mulai mmbcarakan prnikahn.tp slu ad aj maslah.klu bukan di kluarga dia kadang kluarga q.jd dana yg kmi kmumpulkan sam2 terpakai..mulai dri awal lg.lama kelamaan dia jenuh q pun jg kok g ad kepastian.tp q slu ykin dia kan berusaha.dan ke tahun ke 5.kami ad problem mmbuat dia sdikit kurang prcya.krn uang tabungan kami.q pakai untuk menyelesaikan maslah adk q.memng sih q g ad blang.tp krn q kerj q kan mnggantinya tp sblm bs trganti dia minta uangnya krn ad kebutuhan mendadak.di situ bru ketahuan sebagian duitnya q pakai.dia marah2 langsung memaki q.berkata yg g pantas di ucapkan untuk calonnya.tp q ud minta maaf.q ganti uangnya jk dapet bonus lebaran tp dia g mau tau..memng sfat dia egois.mudah marah suka berkata kasar tp lama2 terbiasa q dgarnya.tp semenjak kejadian itu dia berubah total.g komunikasi g peduli ud cuek marah2 trus.pdhal uangnya ud q ganti..
    Je bgaiamana min q mnyikapinya

    1. sista harus minta maaf secara sungguh-sungguh dan sangat menyesal. kami memaklumi cowoknya sista marah besar karena kepercayaan yang dia berikan kepada sista sudah dilanggar oleh sista. apa pun masalah yang terjadi, jangan pernah memakai sedikitpun uang tabungan bersama. apalagi menggunakannya tanpa izin dikhawatirkan bisa terjadi penafsiran yang keliru (anggapan yang berbeda). kami sarankan sista sebelum ada ikatan pernikahan yang sah, hindari dulu untuk membuka tabungan bersama karena jika terjadi sesuatu di tengah jalan, misalnya kasus yang sista alami saat ini atau putus di tengah jalan akan kesulitan dalam membagi tabungan bersama itu

  9. Sedikit berbagi cerita ..dulu saya mulai pacaran sama si dia semenjak SMA awal kenal sama si dia lewat media sosial,wktu itu hubungan kita emang gak berjalan baik sering bertengkar masalah sepele yg ujung”nya berujung putus.Udah pacaran lama juga gak pernah ketemu karena emang jarak yg memisahkan.jd dia sudah kuliah saya masih SMA posisinya wktu itu,tp kita sama”kelahiran tahun 1993.sewktu ada liburan kelulusan SMA saya memutuskan untuk pergi buat nemuin dia untuk pertama kalinya,setelah ketemu terus jalanin hubungan lg sama dia, sering bertengkar masalah sepele seperti jarang balas chat lama ttp masih menjadi masalah utama dalam hubungan kami,dan lg”berujung kata”putus..sempat hilang kontak selama kurang lebih 1 tahun, ahirnya saya berinisiatif buat cari nmr kontak dia lg..setelah lama chatting karena saya merasa nyaman sama dia saya memutuskan untuk bertemu dengan dia yg posisinya sedang kuliah di surabaya dan saya di malang.tepatnya 25 desember 2014 hubungan kita kembali lg sampai sekrang 3 july 2017 tepatnya sudah 2 tahun 6 bulan 8 hari.dan selama 2 tahun 6 kita jalanin hubingan bersama ttp si dia yang mendominasi chatting saya hanya membalas chatting yg dia kirimkan.bukan berarti saya gak pernah chat duluan tp karena saya emang suka mencuri perhatian dia..dan itu semua mulai saya rasain berubh setelah 2 minggu terahir ..dia mulai jarang chat saya duluan,jarang ngajakin ketemuan kalau gak saya duluan yang ngajakin,dan saya mulai berfikir apa semua ini karma atas semua yg pernah saya lakuin 2 tahun lebih selama ini,?dan saya harus bagaimana menyikapi perubhan sikapnya?minta sarannya 🙂

    1. rakha perbaiki lagi komunikasinya, apalagi hubungannya LDR karena faktor komunikasi berperan penting. carilah juga penyebab kenapa selalu bertengkar karena masalah sepele dan perbaiki masalah itu dulu. ada kalanya rakha juga memberikan perhatian kepadanya, salah satunya rakha bisa chatting duluan kepada dirinya bukan menunggu dia chatting duluan. sebaiknya rakha tanyakan saja kenapa 2 minggu ini si dia berubah. apakah ada tugas kuliah, masalah keluarga, atau sudah bosan dengan hubungannya. kuncinya komunikasi.

  10. Sis sya 2 thun 1 bulan pcrn selama 1 bulan ini dia berubah total sama saya cuwek tp klo d ajak ketemu mau,d tanya mash cinta ktanya cinta tp jujur dia tidak lgi merasa nyaman krna sikap q slma 2 thun yg egois tiap hri harus telvonan,tidak mau ngalah tidak mengerti keadaan dia..jujur nyesel udh nyia”in si dia yg rela ngelakuin apapun demi saya
    Sekrg saya sakit hati terus karna dia cuwe terus saya hrus gimna sis?

    1. sista sakit hati atas sikapnya yang cuek, coba pikirkan bagaimana perasaannya dulu yang disakiti selama 2 tahun oleh sikap sista yang egois. ada baiknya sista minta maaf kepada cowoknya dan berjanji tidak mengulangi sikap yang konyol itu, sista harus bisa menunjukkan bukti kepada cowoknya, bahwa sista sudah berubah tidak egois lagi, pengertian, dan mau mengalah.

  11. Halo min mohon dijawab yaa
    saya pacaran udah 10 bulan, pacar saya (cowok) memang bisa dikatakan belum dewasa dan sangat egois. Pada 4 bulan pertama dia sangat mempercayai saya, mendengarkan katakata saya dan selalu saya ajak untuk berkembang menjadi lebih baik lagi
    tapi 6 bulan terakhir dia langsung berubah total, dia bilang karena saya terlalu sulit untuk dipahami, dulu saya menghimbau kepada pacar saya agar jangan terlalu cemburuan, lalu dia berubah jadi 100% tidak peduli pada saya dan beranggapan “nggak cemburu=nggak peduli”. Saya dulu juga pernah bilang jangan terlalu menghubungi saya tiap detik, saya harus kuliah dll, lalu dia berubah jadi tidak pernah menghubungi saya, saya telpon berkali2 selalu direject walaupun keadaan genting, saya minta ketemu dia banyak alasan, saya minta dia ke rumah tidak mau, saya minta bicara 4 mata dia selalu menghindar dan selalu memilih berbicara di chat yang 100% menimbulkan masalah baru.
    6 bulan terakhir saya sudah sabar dan berusaha memahami, namun ia semakin menjadi2, katakatanya kasar, tidak peduli, tidak mempriorotaskan saya dll. Seakan2 hanya saya saja yang berjuang dan dia lelah berjuang
    apa yang harus saya lakukan bila dia sudah tidak mau mendengarkan saya samasekali seperti ini? Apakah pilihan saya untuk putus itu tepat? Karena sudah 6 bulan saya berjuang dan bersabar. Terimakasih min mohon bantuannya

    1. ada baiknya sista lani minta maaf dan komunikasikan dua arah, bertatapan langsung dan hindari lewat media chat. untuk menanyakan kenapa kok berubah pada cowoknya, kemungkinan ada sikapnya sista yang membuatnya jadi kesal, kelihatannya ada kata-katanya sista pernah mengatakan “jangan terlalu cemburuan” karena dalam benaknya tidak cemburu = tidak peduli. jika sista sudah melakukan segala upaya dalam 1 bulan memperbaiki hubungannya tetapi cowok itu tidak ada respon, bahkan kelakuannya makin jadi. lebih baik sista memikirkan kembali hubungannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge