Inikah Emosi Cinta

Cara mengatasi rasa takut kehilangan orang yang dicintai

Dari Kisahcintasejati.com, tempat asyik belajar keromantisan cinta untuk kamu dan si dia.

Cara mengatasi rasa takut kehilangan orang yang dicintai
Ilustrasi acak tentang Cara mengatasi rasa takut kehilangan orang yang dicintai (sumber: Pixabay.com)

Bagaimana cara mengatasi rasa takut kehilangan orang yang dicintai dengan menelusuri dengan tenang dimana sumber kecemasan itu berada, kalau kamu tidak dapat menemukan sumber kecemasannya. Puncaknya bisa membuat kamu lama-lama semakin stres akibat terlalu dalam memikirkannya.

Memang sungguh tidak nyaman mengalami yang kamu rasakan, segalanya jadi serba takut dan serba khawatir. Ketika kamu berusaha semua hal diantisipasi sedemikian rupa bisa membuat dalam benakmu, diliputi rasa takut dan khawatir terhadap hal yang belum tentu terjadi.

Cara mengatasi rasa takut kehilangan orang yang dicintai menelusuri dengan tenang dimana sumber kecemasan itu berada terhadap hal yang belum tentu terjadi, rasa takut itu akibat kamu tidak dapat mengontrol pikiranmu sendiri, khawatir secara berlebihan tidak akan menghasilkan sesuatu hal yang positif

Gangguan kecemasan bisa jadi menghinggapi dalam dirimu, semua hal yang berkaitan erat dengan dirimu membuat kamu merasa tidak aman, tidak nyaman dan mengantipasi masa depan hubungan cintanya bersama orang yang dicintai dengan teropong buram membuat kamu jadi lebih cemas lagi dengan hal-hal yang sebetulnya belum tentu terjadi.

Baca juga:  Pacaran Lama Tidak Menjamin Kamu Akan Menikah

Kamu ada rasa ketakutan tidak mau kehilangan orang yang dicintai secara berlebihan seperti takut diputusin, takut diselingkuhi, atau takut si dia direbut oleh orang lain. Apa yang kamu khawatirkan itu merupakan tanda kecemasan, jadi kamu harus dapat mengontrol pikiranmu sendiri.

Jangan beri kesempatan pikiran yang mengontrol dirimu sebagai salah satu cara mengatasi rasa takut kehilangan orang yang dicintai. Khawatir secara berlebihan tidak akan menghasilkan sesuatu hal yang positif, jika pikiran antisipasi yang negatif itu muncul.

Segera ubah pikiran tersebut menjadi pikiran yang positif, atau pikirkan hal yang baik-baik saja. Contohnya aku mampu mengatasi semua hal itu dengan baik karena Tuhan akan membantuku, istilahnya kamu harus berfokus kepada keberhasilanmu sendiri dalam melewati hal-hal sulit tersebut.

Cara mengatasi rasa takut kehilangan orang yang dicintai dengan membayangkan kembali, ketika kamu sedang merasa cemas pasti pernah melewati proses tersebut sehingga kamu bisa kembali tenang karena kekhawatiran yang kamu rasakan atau pikirkan ternyata tidak terjadi.

Baca juga:  Sebaiknya Kamu Tanyakan Dulu Ketika Pacar Minta Break

Kamu bukan sekedar apa yang kamu pikirkan tetapi apa yang kamu rasakan juga, semua hal tersebut bisa memengaruhi apa yang kamu lakukan nantinya ke depan. Jika kamu berpikiran positif secara otomatis perasaan kamu akan merasa aman dan nyaman, namun bila kamu berpikiran negatif secara otomatis perasaan kamu akan merasa tidak aman dan tidak nyaman.

Apa pun yang kita lakukan, atau pikirkan secara otomatis akan mengikuti perasaan kamu. Ibaratnya siklus pikiran menuju perasaan menghasilkan sebuah perilaku yang nyata atas apa yang kamu pikirkan. Untuk cara mengatasi rasa takut kehilangan orang yang dicintai lebih dalam lagi diperlukan pembicaraan secara mendalam seperti bagaimana kamu dibesarkan sejak kecil sampai saat ini, apakah masa kecil kamu sudah terisi dengan kasih sayang dan rasa aman, atau sebaliknya.

Masa kecil yang terisi dengan rasa kurangnya kasih sayang, tidak aman dan penuh kekhawatiran akibat hal-hal traumatis. Reaksi terhadap peristiwa masa kini sering kali dijumpai akibat refleksi bagaimana kamu bereaksi terhadap peristiwa masa lalu atau masa kecil kamu.

Baca juga:  Lima Tanda Kamu Menjalani Hubungan Tidak Sehat

Semua hal tersebut terjadi tanpa kamu sadari, jadi perlu kamu menelusuri dengan tenang dimana sumber kecemasan yang terdalam. Lalu menempatkan sisa-sisa kecemasan yang kamu alami tersebut pada tempat yang semestinya.

Kesimpulan cara mengatasi rasa takut kehilangan orang yang dicintai:

Caranya dengan menelusuri dengan tenang dimana sumber kecemasan itu berada, rasa takut tidak mau kehilangan pacar akibat kamu tidak dapat mengontrol pikiranmu sendiri. Apa yang kamu khawatirkan merupakan tanda kecemasan terhadap hal yang belum tentu terjadi.

Jangan beri kesempatan pikiran yang mengontrol dirimu sebagai cara mengatasi rasa takut kehilangan orang yang dicintai. Khawatir secara berlebihan tidak akan menghasilkan hal yang positif, jika pikiran negatif muncul. Segera ubah pikiran tersebut menjadi pikiran positif, atau pikirkan hal yang baik-baik saja.

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca cara mengatasi rasa takut kehilangan orang yang dicintai, silakan bagikan agar bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Berikan komentarnya atau ada yang ingin ditanyakan?




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge