Kenali Pola Cinta

Cara ampuh menghadapi orang tua yang kepo

Cara ampuh menghadapi orang tua yang kepo

Cara ampuh menghadapi orang tua yang kepo pasti ada penyebabnya kenapa orang tua melakukan hal tersebut, biasanya itu terjadi karena salah kita sendiri yang menciptakannya, kenapa orang tua jadi kepo kepada anaknya disebabkan secara tidak sadar kita melakukan perbuatan yang bisa mengundang rasa kepercayaan dari orang tua mulai memudar.

Istilahnya kepercayaan yang diberikan oleh orang tua kepada kita, sayangnya dilanggar oleh kita sendiri dengan memperlihatkan sikap yang kurang bisa mempertanggungjawabkan dengan baik. Tak heran ada beberapa tingkah laku kita bisa membuat orang tua jadi penasaran, akhirnya mereka berusaha mencari tahu dari berbagai macam hal.

Cara ampuh menghadapi orang tua yang kepo bangun dulu komunikasi yang jujur dan terbuka disebabkan ada tingkah laku kita bisa membuat orang tua jadi penasaran

Lalu apa saja sasaran kepo yang sering dilakukan oleh orang tua kepada kita, biasanya menyangkut masalah sekolah, pertemanan, pulang larut malam, pacaran atau cinta. Tindakan kepo apa saja yang sering dilakukan oleh orang tua kepada kita seperti bertanya terus-menerus mengenai kehidupan pribadi kita, memeriksa semua barang pribadi milik kita dan mencari tahu dengan bertanya sama teman dekat kita.

Kenapa orang tua sering kepo mengenai privasi kita disebabkan ada perilaku kita sendiri yang tidak bisa menjaga dan memegang amanat dari orang tua (kita kurang bisa bertanggung jawab), mulai dari tingkat masih wajar sampai tingkat super ketat, jadi cara ampuh menghadapi orang tua yang kepo tergantung dari perilaku kita sendiri bagaimana untuk menjaga dan menjalani kepercayaan yang diberikan oleh orang tua.

Tingkat kepo orang tua masih tergolong wajar bisa dikatakan masih normal, kemungkinan besar orang tua kepo terhadap kita sebagai bentuk kekhawatiran tingkat biasa, merasa khawatir dan takut kalau anaknya terjadi apa-apa dalam hidupnya, biasanya orang tua yang melakukan kepo adalah seorang ibu.

Baca juga:  Pria Mudah Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama ketimbang Wanita

Misalnya bertanya secara langsung “sudah punya pacar”, “siapa nama pacarnya”, sabtu sore kita berdandan rapi dan wangi “mau pergi ke mana”, selalu mengecek sosial media mulai dari melihat update status atau like status kita, ketika ada acara kumpul-kumpul bersama keluarga apabila kita terlalu sibuk dengan gadget maka orang tua akan menegur “jangan main hp-nya terus”, “taruh dulu hp-nya”.

Tingkat kepo orang tua masuk tahap waspada bisa dikatakan masih setengah percaya, kemungkinan besar orang tua kepo terhadap kita sebagai bentuk kekhawatiran tingkat satu, ingin tahu apa yang kita lakukan dan diam-diam orang tua suka memperhatikan terutama menyangkut kehidupan pribadi kita, biasanya orang tua yang melakukan kepo terkadang ayah tetapi paling sering seorang ibu.

Misalnya sabtu sore kita berdandan rapi dan wangi “mau ke mana”, “sama siapa perginya”, “pulangnya jam berapa”, selalu mengecek sosial media tidak hanya like dan komentar status kita tetapi juga like status atau foto, ketika kita lagi sibuk dengan gadget tiba-tiba orang tua duduk di sebelahnya kita untuk mengintip apa yang kita lakukan, ketika ada acara kumpul-kumpul bersama keluarga apabila kita sibuk dengan gadget maka orang tua sering melihat kita ataupun gadget kita dengan tatapan tajam.

Tingkat kepo orang tua sudah masuk super ketat bisa dikatakan diawasi penuh apapun yang kita lakukan, kemungkinan besar orang tua kepo terhadap kita sebagai bentuk kekhawatiran tingkat tinggi, disini kita harus menjaga sikap dan perilaku kita karena apapun yang kita lakukan benar-benar diawasi ketat oleh orang tua, biasanya orang tua yang melakukan kepo frekuensi antara ayah dan ibu adalah sama tetapi seorang ayah lebih diam-diam memperhatikan kita.

Misalnya sabtu sore kita berdandan rapi dan wangi tidak hanya ditanya “mau pergi ke mana”, “sama siapa” tetapi juga mengawasi kita dengan cara mengantarkan ke tempat tujuan atau bisa juga membuntuti dari belakang, selalu mengecek sosial media tidak hanya like dan komentar status kita tetapi juga follow teman dekat kita, tiba-tiba orang tua masuk ke dalam kamar dengan memeriksa barang pribadi kita.

Baca juga:  Kenali 4 Tanda Kamu Sudah Siap untuk Jatuh Cinta Lagi

Ketika ada acara kumpul-kumpul bersama keluarga apabila kita sibuk dengan gadget, orang tua seperti tidak memperhatikan atau memperdulikan kita tetapi langsung mengintip dari belakang atau langsung menegur dengan mengambil hp-nya kita.

Tujuan orang tua kepo bukan untuk mengganggu kita namun sebagai bentuk perhatiannya karena mereka tidak mau anaknya sakit hati atau dilukai terutama menyangkut masalah cinta, setelah kita mengetahui apa alasannya, sasarannya dan tindakannya kenapa orang tua jadi kepo terhadap kita maka ikuti empat cara ampuh menghadapi orang tua yang kepo.

Pertama, tumbuhkan dan berikan rasa percaya orang tua kita dengan cara lebih terbuka lagi kepada orang tua apapun itu, baik itu masalah sekolah, pertemanan maupun hubungan cinta. Kalau kita tidak terbuka malah cenderung tertutup maka tingkat penasaran orang tua kita semakin tinggi dan bangun juga tingkat komunikasi yang lancar dengan orang tua tidak hanya sama pacar saja.

Kedua, Kalau tidak suka dengan kepo yang dilakukan oleh orang tua, sampaikan langsung kepada orang tua. Gunakan bahasa yang baik dan sopan bukan menuliskan status di sosial media yang isinya menghina orang tua kita itu tidak akan menyelesaikan masalah, malah menambah masalah baru dan kita bisa dikatakan sebagai anak yang tidak tahu diri atau orang yang labil oleh orang-orang di sosial media.

Ketiga, mengetahui secara jelas batasannya dan jangan melakukan sesuatu hal yang mencurigakan, dua hal tersebut wajib kita jaga dan pegang sampai kapanpun, istilahnya jangan sampai kita menyesal di kemudian hari atas kebodohan yang kita lakukan sendiri.

Contohnya suka berada di dalam kamar seharian, terima telepon diam-diam, atau sering pulang larut malam melanggar jam malam. Kalau kita sering melakukannya dan orang tua pernah menegur tetapi kita tidak mau mendengarkan, jangan salahkan kalau orang tua akan mengawasi semua kegiatan apapun yang kita lakukan dan mengambil fasilitas yang diberikan oleh orang tua kepada kita seperti smartphone, tablet, uang saku, internet, kunci kendaraan dan lain-lain.

Baca juga:  Enam Alasan Cewek yang Belum Siap Diajak Menikah

Terakhir, bangun quality time bersama keluarga tidak hanya sama pacar saja, berikan waktu kita bersama orang tua seperti mengobrol ringan bersama orang tua, ajak nonton film di ruang keluarga, menemani orang tua belanja, kalau ada masalah cobalah untuk curhat dengan orang tua, kalau memiliki pacar coba untuk diperkenalkan kepada orang tua.

Komunikasi yang jujur dan terbuka dengan orang tua tidak hanya menumbuhkan kepercayaan orang tua kepada kita tetapi juga kita bisa memperoleh ilmu yang berharga dari orang tua kita, misalnya cara mendekati cowok atau cewek yang kita sukai, jangan lupa orang tua kita pernah merasakan dan menikmati masa muda seperti kita rasakan saat ini, baca juga pahit manis cinta pertama seorang remaja.

Kesimpulan cara ampuh menghadapi orang tua yang kepo:

Kita sendiri yang menciptakan ada sebuah tingkah laku dari kita bisa membuat tingkat kepercayaan yang diberikan oleh orang tua mulai memudar bisa membuat orang tua jadi penasaran, akhirnya berusaha mencari tahu dari berbagai macam hal. Sasaran kepo yang sering dilakukan oleh orang tua menyangkut masalah sekolah, pertemanan, pulang larut malam, pacaran atau cinta. Untuk mengatasinya kita harus lebih terbuka, bangun komunikasi yang jujur dan terbuka.

Terima kasih sahabat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca cara ampuh menghadapi orang tua yang kepo, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Ada tanggapan lain?




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge