Apa Artinya Cinta

Bermain game real life membuat kita jadi pribadi lebih baik

Dari Kisahcintasejati.com, tempat asyik belajar keromantisan cinta untuk kamu dan si dia.

Bermain game real life membuat kita jadi pribadi lebih baik
Ilustrasi acak tentang Bermain game real life membuat kita jadi pribadi lebih baik (sumber: Pixabay.com)

Bermain game real life membuat kita jadi pribadi lebih baik seperti pengambilan keputusan, memanajemenkan pola pikir dan pola rasa yang kita miliki, bagaimana kita berinteraksi dengan pemain lainnya di dalam permainan tersebut.

Game real life (simulasi kehidupan) yang dimaksud adalah tipe interaksi sosial seperti The Sims, The Movies, Virtual Families, Kudos 2, Harvest Moon, Dream House Days, Second Life, Dota 2, League of Legends, Starcraft, atau sejenisnya.

Ketika kita bermain game simulasi kehidupan tipe interaksi sosial secara online bisa mengubah kita menjadi sosok pribadi yang lebih baik daripada sebelumnya, salah satunya membuat kita jadi lebih sosial karena bertemu banyak orang yang tidak bisa kita hitung jumlahnya.

Game interaksi sosial secara online setiap harinya pasti dimainkan oleh jutaan orang dari seluruh dunia, kita tidak hanya bertemu dengan orang-orang yang satu negara dengan kita tetapi juga berbagai negara lainnya yang pastinya memiliki sifat dan kebiasaan yang berbeda dengan kita.

Bermain game real life membuat kita jadi pribadi lebih baik bisa melatih kita untuk memiliki rasa tanggung jawab, berkomunikasi dan menghargai, semua itu akan terbawa di dalam kehidupan nyata

Bermain dalam sehari saja kita akan mengenali sifat-sifat orang yang berbeda negara, kita akan diberikan pengalaman baru bertemu dengan orang asing sehingga kita akan belajar bagaimana cara bersikap, membuatnya merasa nyaman dan menghormati kita sebagai pemain beda negara maupunn rekan satu timnya, berawal dari sana sikap tersebut menyebabkan perilaku kita lebih sosial di kehidupan nyata.

Sisi lainnya bermain game simulasi kehidupan tipe interaksi sosial yang jenisnya RTS (Real-time strategy) bisa membuat kinerja otak kita menjadi lebih baik “cognitively flexible”, kita akan mengalami peningkatan fleksibilitas kognitif yang bisa dilihat dari tugas-tugas di kehidupan nyata.

Baca juga:  Pria Mudah Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama ketimbang Wanita

Game jenis RTS penekanannya kepada pemeliharaan dan manipulasi dilakukan secara cepat dari berbagai sumber informasi yang kita terima ketika bermain game, tercermin dalam pengambilan keputusan membuat kita lebih berhati-hati dalam menyikapinya itulah alasannya kenapa bermain game real life membuat kita jadi pribadi lebih baik.

Ketika bermain game real life tipe interaksi sosial secara online tak jarang kita akan terlibat dalam team fight, di sini sikap kita bisa memilih untuk saling kerja sama sesama tim atau individual memamerkan skill yang kita miliki, namun ada risikonya kalau penerapan skill yang kita lakukan di waktu yang salah.

Tak jarang satu tim akan terkena imbasnya akibat kebodohan kita sendiri, teman-teman satu tim akan menyalahkan kita habis-habisan. Kalau kita mengaku bersalah dan berjanji tidak akan mengulangi lagi, satu tim akan memaafkan kita tetapi kalau kita melakukan sebaliknya sehebat apa pun kita akan dipandang sebelah mata “tidak diterima lagi” oleh komunitas gamer di tempat kita bermain game tersebut.

Kebiasaan bermain game real life membuat kita jadi pribadi lebih baik, tercermin dari sikap kita yang berhati-hati dalam pengambilan keputusan akan terbawa di dalam kehidupan nyata, apa pun yang kita lakukan akan memikirkan secara matang setiap langkah yang diambil oleh kita.

Kenapa? setiap keputusan yang kita ambil akan mendatangkan konsekuensi yang berbeda-beda ke depannya, hal tersebut membuat kita jadi lebih bijaksana dan sangat matang dalam memutuskan sesuatu. Di sisi lainnya tidak hanya berhati-hati dalam pengambilan keputusan tetapi juga menumbuhkan rasa tanggung jawab di dalam diri kita.

Awalnya kita bermain game real life tipe interaksi sosial secara online karena hiburan semata, kita hanya memikirkan kemenangan untuk membuat kita jadi kaya raya dengan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya tanpa memperdulikan rekan satu tim yang memerlukan dukungan kita.

Baca juga:  Menafsir Arti Mimpi Diputusin Pacar yang Masih Misteri

Pelan-pelan kita menyadari bahwa game real life tipe interaksi sosial berbeda dengan game lainnya, untuk mencapai tujuan kemenangan. Di sini kita harus saling kerja sama, saling membantu dan mendukung rekan satu tim sebagai tanggung jawab kita agar rekan satu tim tidak menjadi bahan bully tim lawan “tidak bisa individual”.

Tanpa kita menyadari bermain game real life membuat kita jadi pribadi lebih baik terlihat dari rasa tanggung jawab tersebut akan terbawa ke dalam kehidupan nyata selalu dipegang oleh kita, terutama ketika kita dihadapkan oleh tugas-tugas yang membutuhkan kerja sama tim.

Di sisi lainnya kita juga jadi lebih kreatif, kenapa? game real life tipe interaksi sosial secara online memberikan kita kebebasan untuk mengatur berbagai macam strategi, terutama ketika bertemu lawan yang berpengalaman atau berat. Tak heran kemampuan menganalisa kita jadi lebih baik sehingga dapat melatih juga daya kreativitas kita untuk menghadapi segala macam kondisi kehidupan nyata.

Keuntungan lainnya kita tidak hanya memiliki tingkat kesejahteraan emosional yang tinggi tetapi juga menyingkirkan rasa egois, kenapa? kita bermain game real life tipe interaksi sosial secara online tidak hanya butuh strategi yang tepat, kemampuan analisa yang baik untuk mencapai kemenangan tetapi juga kemampuan berkomunikasi yang baik dengan rekan satu tim.

Kita bisa saja tampil cuek, acuh tak acuh atau masa bodoh dengan rekan satu tim karena kita merasa hebat dan beranggapan bisa mencapai kemenangan seorang diri tetapi sikap kita itu bisa memancing rekan satu tim bahkan tim lainnya, kalau kita orangnya egois dan lama-lama para pemain yang ada di dalamnya akan menghindari kita.

Kalau kita bertindak sebaliknya tidak bersikap egois lebih peduli dengan rekan satu tim seperti memberikan perhatian, kita akan mendapatkan “respect” tidak hanya dari rekan satu tim tetapi juga rekan tim lainnya.

Baca juga:  Lima Alasan Inilah Membuat Cowok Belum Siap Menikah

Di lain sisi kita tidak hanya belajar untuk tidak egois tetapi juga belajar untuk mengontrol emosinya “belajar untuk sabar”, game real life tipe interaksi sosial secara online tidak hanya terdapat pemain-pemain yang berpengalaman tetapi juga pemain-pemain pemula “newbie” sering dijumpai berbuat kesalahan bisa memancing emosi dari pemain yang sudah berpengalaman.

Kalau kita ingin belajar melatih kesabaran dan belajar untuk tidak egois, kita bisa bermain game real life tipe interaksi sosial secara online, di sana kita tidak hanya bertemu dengan berbagai macam sifat, karakter dan kebiasaan orang dari berbagai macam negara tetapi juga ada sebagian pemain yang memang sengaja memancing emosi pemain lainnya agar kesal.

Kesimpulan bermain game real life membuat kita jadi pribadi lebih baik:

Bisa melatih kita untuk pengambilan keputusan yang tepat, memiliki rasa tanggung jawab, bagaimana memanajemenkan pola pikir dan pola rasa yang kita miliki, bagaimana kita menghargai dan menghormati para pemain, bagaimana kita berinteraksi dan berkomunikasi dengan para pemain. Semua hal tersebut secara tidak langsung akan terbawa di dalam kehidupan nyata.

Salah satunya kita jadi lebih sosial, lebih bertanggung jawab, bisa bersikap dan menghargai orang lain yang memiliki sifat dan kebiasaan yang berbeda dengan kita, mencari jalan keluar terbaik dari permasalahan yang muncul, kita bisa mengontrol emosi dan keegoisan yang kita miliki.

Terima kasih sahabat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca bermain game real life membuat kita jadi pribadi lebih baik, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Berikan komentarnya atau ada yang ingin ditanyakan?




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge