Kontak Batin Cinta

Bangun komunikasi efektif agar mesra hubungannya

Bangun komunikasi efektif agar mesra hubungannya
Ilustrasi Bangun komunikasi efektif agar mesra hubungannya (sumber: Pixabay.com)
Dari Kisahcintasejati.com - tempat asyik belajar keromantisan cinta untuk kamu dan si dia.

Bangun komunikasi efektif agar mesra hubungannya terutama bagi kita yang menginginkan hubungan jangka panjang yang baik dan sehat di dalamnya, pada tahap pertumbuhan hubungan cinta seringkali terjadi miskomunikasi dengan sang kekasih maka pertengkaran bisa terjadi karena adanya perbedaan maksud dan tujuan.

Memang dalam menjalin hubungan cinta di dalamnya ada dua orang yang berbeda, mulai dari pemikirannya, pemahamannya, pengertiannya, perasaannya, bagaimana untuk menekan keegoisan maupun keegoannya, bagaimana dalam memandang sesuatu hal, bagaimana menerima dan menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi.

Kalau di dalamnya pasangan kekasih atau salah satunya tidak ada kemauan untuk belajar saling mengenal dan memahami buat menerima kekurangan maupun kelebihan kekasihnya maka proses komunikasi dua arah yang efektif tidak mungkin akan terjadi maka jangan heran akan terjadi keegoisan di dalamnya.

Untuk bangun komunikasi efektif agar mesra hubungannya ada kemauan untuk belajar social skill atau belajar untuk peka agar komunikasi yang lancar bisa terjadi

Langkah awal untuk membangun hubungan cinta yang baik dan sehat: bagaimana cara kita bersama sang kekasih ketika menghadapi permasalahan yang terjadi, bahwa permasalahan dalam hubungan cinta sebagai sarana bagi keduanya untuk mengatasi konflik yang terjadi, berawal dari sana kita akan mengetahui dan memahami secara jelas bagaimana karakter sang kekasih maupun diri sendiri.

Baca juga:  Kenali 10 Tanda Cowok Serius yang Siap Menikahimu

Bangun komunikasi efektif agar mesra hubungannya dengan cara melatih social skill, apa itu social skill: kita belajar untuk merespon mengenai kenyamanan dan keamanan perasaan kekasih kita atau bahasa kerennya kita belajar untuk peka sehingga akan terjadi sinkronisasi komunikasi di antara pasangan atau menyambung bicaranya.

Komunikasi efektif untuk menekan dan menghindari dari sikap tidak mau mengalah ataupun mau menang sendiri, sikap tersebut bisa membuat hubungannya menjadi tidak tenteram atau selalu emosi karena sang kekasih merasa tidak dihargai dirinya secara utuh oleh kita.

Pentingnya komunikasi efektif untuk menjadi penengah atas munculnya perilaku-perilaku yang mengecewakan atau membuat tidak nyaman hubungannya, penengah disini maksudnya apapun yang terjadi lebih mengedepankan berkomunikasi atau mengajak mengobrol agar mau menyadari dan mengerti dengan kondisi hubungannya bukan mengedepankan keegoisannya sendiri.

Bangun komunikasi efektif agar mesra hubungannya bisa menghindari dari sikap sepihak dalam hal perhatian, salah satu kekasih hanya menuntut dan meminta untuk mencurahkan seluruh perhatian kepadanya namun sayangnya dia tidak pernah melakukan hal yang sama seperti kekasihnya lakukan kepada dirinya.

Artikel lainnya: Proses timbulnya rasa cinta adalah proses adaptasi.

Baca juga:  Kamu Pilih fisik atau Kepribadian dalam Memilih Kualitas Pasangan

Selalu saja ditemukan adanya kata-kata “kekasihnya tidak perhatian sama aku”, kata-kata tersebut menekankan suatu alasan untuk memuaskan hasrat keegoisannya dengan mengatakan bahwa dirinya lebih berhak untuk bahagia, tak heran kebahagiaannya harus lebih diutamakan dibandingkan kekasihnya sendiri.

Dia beranggapan segala bentuk perhatian yang diberikan kepada kekasihnya tidak berkurang sama sekali, namun bagi kekasihnya beranggapan tidak demikian, bahwa dalam menjalin hubungan cinta pasangan kekasih memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk membahagiakan pasangannya secara rata dan adil bukan sepihak.

Dalam membangun komunikasi yang efektif penting untuk diperhatikan dengan menyediakan momen bentuk perhatian yang privat kepada kekasihnya, misalnya kekasih kita memberikan kejutan istimewa di hari ulang tahun kita maka di hari ulang tahunnya kita melakukan yang sama dengan memberikan kejutan istimewa kepada kekasih kita, kekasih kita membayari tiket nonton film bioskop maka kita yang membeli makanan dan minuman ringannya.

Keuntungan lainnya dari bangun komunikasi efektif agar mesra hubungannya bisa menghindari dari perselisihan sepihak dalam menyelesaikan masalah yang terjadi dalam hubungannya, kata lainnya tidak membesar-besarkan masalah maupun tidak menunda-nunda dengan cara mendiamkan kekasihnya berminggu-minggu lamanya.

Masalah yang sebenarnya bisa langsung diselesaikan dengan baik, namun sikapnya setiap kali ada masalah lebih senang untuk menghindarinya daripada menghadapinya apalagi menyelesaikannya. Tak heran selalu ditemukan orangnya akan minta putus dengan alasan merasa tidak ada kecocokan setiap ada masalah atau kesulitan dalam hubungan cintanya.

Baca juga:  Empat Cara Cerdas Mengontrol Emosi Ketika Marah dengan Pasangan

Cara terbaik untuk mengatasi masalah yang terjadi dengan melemparkan suatu gagasan atau solusi yang membuat kekasih kita berpikir untuk menemukan titik temunya atau jalan keluar terbaiknya, cara ini mengajarkan bertanggung jawab untuk mengatasi masalah secara bersama-sama bukan saling menyalahkan agar fondasi kedekatan di antara pasangan bisa memperkecil kemungkinan terjadinya masalah yang lebih besar.

Baca juga: Proses tumbuh kembang hubungan cinta yang baik.

Kesimpulan bangun komunikasi efektif agar mesra hubungannya:

Kalau kita menginginkan hubungan jangka panjang yang baik dan sehat maka kita wajib memahami dan mengetahui terlebih dahulu bahwa menjalin hubungan cinta ada dua orang yang berbeda satu sama lainnya. Disini pentingnya kemauan belajar social skill atau belajar untuk peka agar komunikasi yang lancar bisa terjadi.

Terima kasih sahabat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca bangun komunikasi efektif agar mesra hubungannya, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Berikan komentarnya atau ada yang ingin ditanyakan?




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge