Inikah Emosi Cinta

Bagaimana caranya agar tidak selalu merasa insecure

Bagaimana caranya agar tidak selalu merasa insecure

Bagaimana caranya agar tidak selalu merasa insecure kenali dulu apa penyebab utamanya, ada kemungkinan besar kita masih dihantui oleh kejadian di masa lalu yang tidak menyenangkan, ketakutan yang menyangkut adanya rasa kekhawatiran bahwa kekasihnya akan melakukan perbuatan yang sama seperti mantannya lakukan dulu.

Penyebab utamanya adalah kurangnya rasa percaya diri dan adanya ketakutan dari trauma di masa lalu akan terulang kembali sehingga efeknya membentuk sebuah pola pikir yang tidak sehat, kalau tidak segera diatasi lama-kelamaan hubungan cinta yang dijalani bisa mempengaruhi kebahagiaan di dalamnya.

Bagaimana caranya agar tidak selalu merasa insecure cari dulu apa penyebabnya dan buang jauh-jauh semua pikiran yang tidak sehat karena takut kejadian di masa lalu terulang kembali

Hal ini menandakan bahwa kita masih belum bisa move on dari bayangan masa lalu dan kita masih belum begitu percaya 100% dengan kekasih kita, disebabkan ada kemungkinan besar kita menjalin hubungan cinta bersamanya hanya sebagai pelarian semata agar bisa terlepas dari bayangan masa lalu.

Sikap kita masih belum percaya sepenuhnya kepada sang kekasih sampai kapanpun tidak akan pernah selesai, kalau kita sendiri tidak mau berdamai dengan pikiran dan perasaan kita sendiri. Lama-lama kita bisa terjebak di dalam pikiran dan perasaan kita sendiri, bahwa perbuatan mantan yang pernah menyakiti kita di masa lalu akan terulang kembali sehingga kita tidak bisa menemukan indahnya rasa dicintai dan mencintai.

Tak heran apa pun yang dikerjakan dan dilakukan oleh sang kekasih dalam mengembangkan hubungannya selalu saja salah atau keliru, sikap kita yang selalu saja penuh curiga dan tidak percaya kepada sang kekasih bisa membuatnya jadi ilfil. Melihat sikap kita seperti itu bisa membuat sang kekasih jadi capek dalam menjalani hubungan cintanya, kalau tidak ada perubahan yang berarti maka hubungannya rentan sekali untuk putus.

Baca juga:  Kenali Ragam Bentuk Tindakan Melukai dalam Pacaran

Alasan masih dihantui oleh kejadian di masa lalu berkaitan erat bahwa dirinya tidak mau jadi korban lagi kedua kalinya seringkali dijumpai karena mendengar kabar miring mengenai diri sang kekasih seperti tukang selingkuh, punya mantan banyak sekali, punya banyak hutang dimana-mana, pernah menghamili anaknya orang, dan lain-lain.

Kalau sikap kita mendiamkan atau membiarkan kabar miring tersebut, lama-kelamaan kita bisa terjebak dengan pola pikir yang tidak sehat dengan langsung mempercayainya. Untuk menghadapinya buang jauh-jauh semua kabar miring tersebut dengan mencari informasi yang sebenarnya lalu minta konfirmasi kepada sang kekasih dengan didukung oleh bukti yang konkrit, kalau ternyata kabar miring tersebut adalah benar sekarang tergantung sikap kita apakah berlanjut atau berhenti.

Alasan lainnya sang kekasih memiliki banyak teman atau orangnya dikenal supel, walaupun sang kekasih sesuai dengan harapannya kita seperti orangnya perhatian, penyayang dan bertanggung jawab untuk berkomitmen tetapi kita selalu merasa insecure dengan hubungannya karena tidak nyaman dengan kehadiran teman-teman dekatnya yang terlihat sangat akrab.

Istilahnya kita membatasi aktivitas keseharian sang kekasih terutama berkumpul bersama teman-teman dekatnya, “itu pacarku hanya untuk aku saja”, kata-kata tersebut seperti kita mengumumkan kepada semua orang bahwa dirinya adalah miliknya kita. Sikap itu menandakan ada semacam keegoisan berupa ketakutan bahwa segala bentuk perhatian dari sang kekasih akan dialihkan semuanya kepada teman-teman dekatnya.

Baca juga:  Kenali 4 Tanda Kamu Sudah Siap untuk Jatuh Cinta Lagi

Alasan paling dominan dari semua perasaan insecure adalah rasa tidak percaya diri karena takut kehilangan atau takut direbut oleh orang lain disebabkan pacarnya kelihatan sempurna, rasa tidak percaya diri berawal dari kesalahan yang kita ciptakan sendiri dengan anggapan bahwa kita merasa tidak pantas untuknya.

Anggapan tersebut muncul karena asumsi-asumsi yang tidak sehat keluar dari pola pikir kita yang negatif, “sekarang dia mau sama aku tetapi nanti setelah ketemu sama orang yang lebih baik dibandingkan aku pasti aku akan ditinggalnya”.

asumsi-asumsi yang tidak sehat akibat dari rasa tidak percaya diri bisa menghilangkan potensi diri yang kita miliki, lama-kelamaan perasaan tersebut bisa membentuk dengan sendirinya suatu pola pikir yang tidak sehat bahwa ketakutan kita selama ini memang benar-benar terjadi seperti “saya tidak cukup baik untuk dirinya”.

Untuk mengatasinya jangan terburu-buru untuk mencari pacar baru tetapi tenangkan dulu semua pikiran dan perasaan kita dari semua bayangan masa lalu, caranya bisa melakukan hobinya, berkumpul bersama keluarga atau sahabat, hindari mendengarkan jenis lagu yang galau bisa mempengaruhi suasana hati kita, juga lebih mendekatkan diri kepada Tuhan sebagai salah satu cara paling ampuh.

Bagi yang sudah memiliki pacar masih muncul perasaan insecure, jangan terlalu negative thinking belum tentu itu seperti yang kita pikirkan. Lebih baik tanyakan langsung kepadanya apa yang kita rasakan agar masalah yang terganjal di pikiran kita jadi cepat selesai dan gunakan gaya bahasa yang sopan dan baik bukan menyudutkan.

Baca juga:  Pacar Minta Break Tandanya Ia Suka Lari dari Masalah

Untuk mengetahui apakah pacar seperti yang kita pikirkan maka tunjukkan diri kita apa adanya tidak perlu dibuat-buat atau berperilaku jaim, nanti kita bisa melihat apakah sang pacar memang mencintai dan menyayangi kita secara tulus atau ada pamrih di belakangnya, istilahnya kita hanya dimanfaatkan olehnya.

Terakhir yakinkan diri dan terimalah sang pacar dengan pikiran yang jernih dan terbuka agar kita bisa belajar lebih mengenalnya, kuncinya tenangkan diri dan ubah pola kebiasaan dengan merelakan masa lalu dan fokuslah untuk masa depan, baca juga jangan PDKT terlalu lama bikin capek.

Kesimpulan bagaimana caranya agar tidak selalu merasa insecure:

Penyebabnya kurangnya rasa percaya diri dan adanya ketakutan dari bayangan masa lalu bisa membentuk pola pikir yang tidak sehat, adanya rasa kekhawatiran bahwa kekasihnya akan melakukan perbuatan yang sama seperti mantannya lakukan dulu. Untuk mengatasinya kita harus mencari dulu apa penyebabnya, caranya dengan merelakan masa lalu dan berfokus di masa depan.

Terima kasih sahabat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca bagaimana caranya agar tidak selalu merasa insecure, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Ada komentar lain sahabat?




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge