Apa Artinya Cinta

Apakah Ini Cinta atau Bukan untuk Mengetahui Perasaan Sendiri?

Apakah Ini Cinta atau Bukan untuk Mengetahui Perasaan Sendiri?

Apakah ini cinta atau bukan untuk mengetahui perasaan sendiri? Semua orang pasti pernah mengalami jatuh cinta, atau cinta pada pandangan pertama. Ada perasaan bergejolak di hati ketika melihat si dia. Rasa senang hanya muncul ketika bersamanya. Bahkan, senyummu selalu mengembang di hadapannya. Apakah ini cinta atau sekedar kagum?

Tergantung dari tindak kamu selanjutnya, yang akan kamu lakukan terhadap perasaanmu itu. Jika kamu menyukainya tanpa ingin memilikinya, atau ingin memilikinya tetapi hanya mengajak pacaran saja. Itu pun bukanlah cinta. Jika kamu ingin lebih dekat lagi dengan mengenal kepribadiannya, atau ingin menjalin keseriusan hubungan cinta dalam jangka panjang, inilah cinta yang sesungguhnya.

Apakah ini cinta atau bukan untuk mengetahui perasaan sendiri? Pengertian cinta belum tentu sama antara kamu dengan si dia, tidak ada definisi yang benar-benar bisa menjelaskannya karena cinta memiliki bentuk dan rasa yang beragam. Namun, persamaan yang bisa kamu dan si dia pahami adalah cinta memerlukan upaya nyata bukan asal-asalan

Cinta bisa datang, kapan saja dan menghampiri siapa saja. Ada orang yang memperolehnya dengan sangat mudah. Ada pula, orang yang harus berjuang dan berkorban banyak untuk mendapatkannya. Itu semua, belumlah cukup. Cinta memerlukan upaya nyata dari kamu agar tetap bertahan, tumbuh, dan mengakar kuat ke dalam perasaanmu.

Cinta memiliki bentuk dan rasa yang sangat beragam. Tidak ada definisi yang benar-benar bisa menjelaskan, apakah ini cinta seutuhnya atau bukan? Pengertian cinta bagi seseorang belum tentu, sesuai dengan pengertian cinta orang lain. Contohnya, kamu sendiri tentunya memiliki pengertian cinta yang berbeda dengan sahabatmu, ataupun si dia.

Apakah ini cinta atau bukan untuk mengetahui perasaan sendiri? Sering kali pengertian cinta didasarkan pada pengalaman pribadi. Kamu bisa belajar dari pengalaman cinta orang lain untuk menambah pengetahuan cintamu, terutama sosok yang mampu memberikan energi positif kepada pasangannya dalam menjalani kehidupan cinta. Contohnya, kehidupan cinta orang tuamu sendiri.

Baca juga:  Kenali satu perbedaan antara jatuh cinta dengan sebatas suka

Bahkan, film bertemakan cinta bisa memberikan pelajaran kepada kamu, bagaimana mendapatkan dan mempertahankan cinta. Meskipun, bersifat fiksi semata. Tidak ada salahnya mengambil hikmah, makna, dan manfaatnya. Berikut ini beberapa kutipan mengenai cinta dari beberapa film terkenal.

1. Film Frozen
Kalimat yang diucapkan oleh Olaf, tokoh boneka salju yang lucu nan bijak, “cinta adalah menempatkan kebutuhan orang lain sebelum kebutuhanmu.” Kalimat tersebut memiliki pesan yang sangat mendalam. Pesannya adalah cinta sering kali membuat kamu mau berjuang, dan rela berkorban demi orang yang kamu cintai. Meskipun, harus mengorbankan kepentingan dirimu sendiri.

Perjuangan dan pengorbanan cinta yang sesungguhnya dilakukan secara sukarela atas inisiatif sendiri, bukan diminta apalagi dipaksa. Jika kamu mencintai dan menyayanginya, pasti kamu tidak akan kuasa melihat orang yang kamu cintai berjuang dan berkorban untukmu. Dari sana, kamu akan timbul rasa menghargai atas apa yang telah si dia lakukan untuk menyenangkan dan membahagiakan kamu.

Jika kamu tidak bisa merasakan atau menghargai perjuangan dan pengorbanan si dia, untuk menyenangkan dan membahagiakan kamu. Artinya, kadar cintamu tidak setinggi si dia karena cinta dapat membuatmu mau berjuang dan berkorban untuk membuatnya bahagia. Bukanlah cinta, jika kamu mengambil manfaat dari orang yang kamu cintai tanpa memperhatikan kebahagiaan atau kebutuhan perasaannya.

2. Film Ketika Cinta Bertasbih
Petikan definisi cinta dari film ini, “cinta adalah kekuatan yang mampu mengubah duri jadi mawar.” Kalimat tersebut memiliki arti, bahwa cinta bisa membawa energi positif, yang mampu mengubah keadaan menjadi lebih baik.

Baca juga:  Tanda kamu dan dia adalah pasangan yang cocok satu sama lain

Cinta seharusnya membawa kebahagiaan, bukan kesedihan atau duka. Caramu mencintai harus dapat membuatnya bahagia, dan kamu juga bahagia. Artinya, tidak ada salah satu pihak yang mendapatkan keuntungan sepihak dari pasangannya, tidak ada kebohongan dan keegoisan dari salah satu pihak.

Bukanlah cinta, jika membuatmu merana dan tersiksa. Bukanlah cinta, jika membuat dia atau kamu berubah menjadi pribadi yang negatif. Dan bukanlah cinta, jika kamu membuat pasanganmu menjadi sedih dan terluka akibat sikapmu yang terlalu egois, mementingkan kebutuhan diri sendiri tanpa melihat kebutuhan pasangan.

3. Film Janji Joni
Kutipan dari film ini, “cuma ada satu orang buat satu orang. Itulah belahan jiwa.” Kalimat tersebut mengingatkan kamu, bahwa manusia itu diciptakan berpasang-pasangan oleh Tuhan. Seorang laki-laki diciptakan berpasangan dengan seorang perempuan dalam ikatan cinta yang suci oleh Tuhan, yaitu ikatan pernikahan.

Bukanlah ikatan sekedar mengumbar hawa nafsu semata, untuk memuaskan keegoan diri sendiri. Contohnya takut dikatakan jomblo secepat kilat berusaha mencari pacar, memiliki hubungan putus nyambung tiada henti, suka berselingkuh dengan berbagai macam alasan pembenaran, hanya berani mengajak ikatan pacaran bertahun-tahun lamanya tetapi tidak berani mengajak ikatan pernikahan, ataupun mengajak hubungan badan di luar nikah dengan berjanji akan dinikahi.

Manusia diciptakan berpasang-pasangan dalam ikatan cinta yang suci oleh Tuhan (pernikahan), artinya ada satu orang yang diciptakan untuk menjadi milikmu seorang sepanjang hidupmu. Atau, bahasa kerennya adalah belahan jiwa. Bahwa belahan jiwa cukuplah satu orang, Cinta tidak menginginkan persaingan, ataupun pengkhianatan. Hubungan cinta yang saling setia, apa pun kondisi yang dihadapinya. Kamu akan merasa cukup dengan dia seorang. Begitu pula, dia akan merasa cukup dengan kamu seorang.

Baca juga:  Pria Mudah Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama ketimbang Wanita

4. Film Habibie & Ainun
Kalimat yang diucapkan oleh Presiden Indonesia yang ketiga, Bapak Habibie kepada istrinya Ibu Ainun, “aku tidak bisa berjanji untuk menjadi yang baik, tetapi aku berjanji akan selalu mendampingi kamu.” Kutipan tersebut memiliki makna yang dalam, bahwa cinta tidak memerlukan kesempurnaan. Namun, cinta hanya memerlukan kehadiranmu untuk selalu berdampingan menjalani kehidupan, apa pun kondisi yang dihadapi.

Artinya, jangan cepat menyerah dalam berjuang untuk membahagiakan orang yang kamu cintai, dan berikan dukungan maupun semangat dengan tetap berada di sampingnya apa pun kondisi yang terjadi. Demikianlah cinta menurut para tokoh di layar televisi. Jika salah satu, atau beberapa di antaranya mirip yang kamu rasakan, bisa jadi itu cinta.

Kesimpulan apakah ini cinta atau bukan untuk mengetahui perasaan sendiri?

Pengertian cinta antara kamu dengan orang lain (si dia ataupun sahabatmu) belum tentu sama karena pengertian cinta setiap orang berdasarkan pengalaman pribadinya. Jadi, tidak ada definisi yang benar-benar bisa menjelaskan karena cinta memiliki bentuk dan rasa yang sangat beragam.

Namun, persamaan yang bisa dipahami adalah cinta memerlukan upaya nyata secara sesungguh-sungguh dari kamu agar tetap bertahan, tumbuh, dan mengakar kuat di dalam perasaanmu. Hingga cinta mampu memberikan energi positif kepada kamu maupun si dia dalam menjalani kehidupan cinta.

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca apakah ini cinta atau bukan untuk mengetahui perasaan sendiri? Silakan bagikan artikel ini agar bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua.




ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Gravityscan Badge