Kenali Pola Cinta

Apa yang harus Aku Lakukan Saat Jatuh Cinta Pertama Kali

Apa yang harus Aku Lakukan Saat Jatuh Cinta Pertama Kali
Gambar Apa yang harus Aku Lakukan Saat Jatuh Cinta Pertama Kali (Pixabay)

Apa yang harus aku lakukan saat jatuh cinta pertama kali? Itulah pertanyaan yang sering muncul dalam benakmu. Seperti yang kamu ketahui, jatuh cinta merupakan fase kehidupan yang akan dirasakan oleh setiap manusia. Tepatnya, saat memasuki masa puber dalam hidupnya. Dirinya akan mulai tertarik dengan orang yang disukainya.

Ia merasa orang yang disukainya sangat menarik hatinya, apalagi diperhatikan oleh orang yang disukainya ada rasa sangat bahagia. Di sisi lain juga, ada rasa kesal yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, saat orang yang disukainya bersikap baik kepada orang lain. Sikap ini, biasa kita mengenalnya dengan nama cemburu.

Apa yang harus aku lakukan saat jatuh cinta pertama kali? Kuncinya adalah bersikaplah secara wajar, jangan stalking berlebihan, jangan berkorban secara berlebihan, dan jangan terlalu banyak berharap dahulu. Hal terakhir yang perlu diingat, saat kamu jatuh cinta jangan lupakan Tuhan dalam hubungan cintamu

Orang pertama kali jatuh cinta akan merasakan sensasi bahagia yang luar biasa. Namun, ia juga akan merasakan kebingungan atas sensasi jatuh cinta ini. Muncul pertanyaan-pertanyaan dalam benakmu, apa yang harus aku lakukan agar ia menyukaiku? Apa yang harus aku lakukan agar ia melirikku? Apa yang harus aku lakukan agar ia nyaman kepadaku? dan lain-lain.

Apa yang harus aku lakukan saat jatuh cinta pertama kali? Kuncinya agar kamu tidak terlihat aneh dan canggung di depannya adalah bersikaplah secara wajar, jangan stalking berlebihan, jangan berkorban secara berlebihan, dan jangan terlalu banyak berharap dulu.

1. Bersikaplah secara wajar
Maksudnya adalah kamu bertingkah laku seperti biasanya, tidak berlebih-lebihan ataupun dibuat-buat. Dengan kata lain, jadilah dirimu sendiri apa adanya. Jika kamu tidak menjadi dirimu sendiri dikhawatirkan akan terlihat aneh baginya, seperti bicara gagap, sesak napas, tangan gemetaran, tiba-tiba keringat mengucur deras, dan lain-lain.

Baca:   Inilah Jawabannya Laki-laki Sulit Mengekspresikan Emosinya

Salah satu cara untuk bersikap wajar adalah tarik napas dalam-dalam melalui hidung, lalu keluarkan pelan-pelan melalui mulut. Lakukan beberapa kali, hingga kamu merasa tenang atau siap untuk bertatap muka maupun berbicara dengan si dia. Tanamkan dalam pikiranmu, bahwa orang yang kamu sukai itu adalah teman biasa atau teman akrab yang sudah lama kamu kenal.

Perlu kamu ketahui, saat kamu ada keinginan ingin diperhatikan ataupun mendapatkan perhatiannya sangat besar. Kelakuanmu secara tidak sadar akan berubah semakin aneh dan aneh lagi. Bahkan, ia malah jadi ilfill dengan kamu saat melihat kelakuan anehmu. Jadi, santai saja agar kamu tidak terlihat aneh di depannya.

2. Jangan stalking secara berlebihan
Maksudnya carilah informasi mengenai orang yang kamu sukai secara wajar dan sumber terpercaya. Misalnya, keluarga dan sahabat terdekatnya. Ketika kamu menaksir seseorang, pasti akan berusaha keras mencari segala hal tentang dirinya. Mulai dari siapa nama lengkapnya, kesukaannya apa, alamat rumahnya, keluarganya, hingga media sosialnya.

Untuk mencari informasi ini, apakah kamu termasuk tipe yang mana? Diam-diam ataukah terbuka saat mencari informasi tentang dirinya. Jika kamu tipe orang yang terbuka, sikapmu akan cenderung bertanya secara frontal kepada orang-orang di sekitarnya, seperti teman-teman terdekatnya. Sikapmu ini malah membuat orang yang kamu taksir jadi ilfill karena kamu dianggap terlalu agresif.

Baca:   5 Tips Ketika Sahabat Jadi Cinta Agar Hubungannya Tidak Canggung

Jika kamu tipe orang yang diam-diam mencari informasi mengenai dirinya. Kamu akan cenderung bersikap lebih tenang dan santai tidak terburu-buru. Semua kamu lakukan sendiri secara bergerilya melalui media sosialnya ataupun aplikasi chatting, seperti WA, Line, BBM, dan lain-lain.

Sikap ini bisa dikatakan kamu PDKT secara diam-diam, atau kamu mengenalnya dengan cara tarik ulur. Namun, cara ini memiliki kelemahan. Jika kamu terlalu lama tarik ulur, ia akan pergi menjauhimu karena kamu dianggap tidak serius atau hanya mempermainkan perasaannya saja.

3. Jangan berkorban secara berlebihan
Maksudnya adalah cintailah juga dirimu sendiri, jangan terlalu mencintai seseorang secara berlebihan. Jika kamu mencintai secara berlebihan, dikhawatirkan kamu akan bersedia melakukan atau merelakan banyak hal untuk semata-mata menarik perhatiannya. Mulai dari pikiran, tenaga, usia, uang, hingga perasaan.

Tujuannya agar kamu tidak menyesal di kemudian hari, ketika ia sudah tidak mencintaimu lagi ataupun tiba-tiba ia minta putus dari kamu tanpa memberitahukan alasannya. Rata-rata orang yang jatuh cinta akan bertindak “bodoh” atau mau dimanfaatkan agar dicintai oleh si dia.

Tak jarang, dirinya akan tersadar ketika orang yang disukainya. Malah jadian dengan orang lain, akhirnya semua hal yang dilakukannya menjadi sia-sia belaka. Jadi, cintailah orang yang kamu sukai sewajarnya saja. Jangan dimasukkan perasaan terlalu dalam (cukup 30-40% saja pakai perasaan).

4. Jangan terlalu banyak berharap dulu
Maksudnya adalah saat kamu melakukan PDKT dengan seseorang, pegang prinsip jangan terlalu banyak berharap dulu kepada si dia. Jika ia menerima cintamu, silakan bergembira dan jalani dengan komitmen yang serius (jangan main-main). Namun, jika ia tidak menerima cintamu, jangan terlalu bersedih ataupun galau berkepanjangan. Kamu harus move on karena life must go on, kawan.

Baca:   Pacar Minta Break Tandanya Ia Suka Lari dari Masalah

Kuncinya adalah jangan berlebihan dan lakukan sewajarnya dalam mencintainya. Dengan kata lain, jangan terlalu berharap banyak atau menggantungkan kebahagiaan kepadanya. Jalani saja dan biarkan waktu yang menjawabnya, apakah benar-benar cinta ataukah sekedar perasaan kagum saja?

Jika kamu bersikap baik atau memenuhi segala keinginannya agar mendapatkan hatinya, saat hubungan mulai hambar (bosan). Kamu jadi malas untuk memperjuangkan lagi karena kamu berpikir ia sudah menjadi milikmu. Tak jarang, hubunganmu kandas di tengah jalan.

Kesimpulan apa yang harus aku lakukan saat jatuh cinta pertama kali

Kuncinya adalah bersikaplah secara wajar, jangan stalking berlebihan, jangan berkorban secara berlebihan, dan jangan terlalu banyak berharap dulu. Hal terakhir yang perlu kamu ingat adalah saat jatuh cinta, jangan lupakan Tuhan dalam hubunganmu. Tetaplah berdoa agar cintamu tidak membutakan mata, pikiran, dan perasaanmu. Silakan jatuh cinta, tetapi kamu harus mampu berpikir jernih (gunakan logika bukan hanya perasaan saja) agar tidak melakukan hal-hal bodoh yang dapat merugikan diri sendiri di kemudian hari.

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca apa yang harus aku lakukan saat jatuh cinta pertama kali. Bagikan artikel ini agar bermanfaat tidak hanya untuk dirimu, tetapi juga temanmu, pacarmu, ataupun keluargamu. Jika kamu punya pendapat lain tentang jatuh cinta pertama kali? Silakan berkomentar di bawah.




PILIHAN PEMBACA


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *