Kontak Batin Cinta

Ada masalah jadilah pendengar yang baik

Ada masalah jadilah pendengar yang baik

Ada masalah jadilah pendengar yang baik salah satu cara buat menyemangatinya apabila kita mengetahui bahwa orang terdekat kita tiba-tiba perilakunya berubah jadi pendiam tidak seperti biasanya, orang terdekat tidak hanya seorang kekasih tetapi juga bisa sahabat atau keluarga kita sendiri.

Untuk membicarakannya jangan langsung menanyakan mengenai masalahnya pasti dia akan mengatakan “tidak ada apa-apa”, atau “aku baik-baik saja”, kenapa dia menolak untuk membicarakannya disebabkan dia merasa tidak nyaman dengan kondisi masalahnya disamping itu secara tidak langsung kita memaksakan dia untuk mau berbicara.

Biasanya seseorang tidak mau membicarakan masalahnya diikuti oleh sikap diamnya yang bikin orang-orang terdekatnya tidak tahan melihat sikapnya, dia bukan tidak percaya atau tidak nyaman dengan orang-orang terdekatnya melainkan ada sesuatu hal yang prinsipil tidak mau dibaginya atau dia ingin menyimpannya untuk dirinya sendiri.

Masalah akan kita temui dalam kehidupan, apakah kita siap untuk menghadapinya atau tidak menyukainya, itulah realitas kehidupan. Tak heran terkadang ada orang muncul pemikiran, “rasanya hidup ini tidak adil”, ada sebagian orang yang hidupnya enak dan nyaman tidak kekurangan apapun bahkan tidak memiliki masalah seperti yang kita alami sedangkan di sisi lain ada sebagian orang yang selalu sial dalam hidupnya seperti yang kita alami.

Baca juga:  Tanda kamu dan dia adalah pasangan yang cocok satu sama lain

Bahwa orang yang hidupnya enak dan nyaman tidak kekurangan apapun seolah-olah tidak memiliki masalah atau beranggapan masalah kita lebih berat dibandingkan orang lain, apa benar begitu? tidak juga itu kan menurut pemikiran kita sendiri, belum tentu apa yang kita pikirkan sama dengan pemikiran orang lain, mungkin saja masalah kita belum tentu berat dibandingkan masalah orang lain.

Seperti yang kita tahu bahwa dalam proses perjalanan kehidupan dari A sampai Z, mulai dari hidup yang enak dan nyaman akan dialami oleh setiap orang siapapun itu orangnya termasuk juga ketidakberuntungan. Bedanya kita tidak mengetahui kapan waktunya giliran kita tiba hal itu terjadi, sekarang tinggal bagaimana sikap kita untuk melihat dan menghadapi masalah tersebut.

Sikap orang dalam melihat dan menghadapi masalahnya tergantung dari bagaimana ciri-ciri kepribadiannya, bagaimana kekuatan kelenturan dan ketahanannya, bagaimana dukungan yang nyata dari orang-orang terdekatnya untuk memberikan semangat bisa mempengaruhi dampak terhadap kehidupannya.

Baca juga:  Modal cinta tidak cukup dalam membangun keromantisan hubungan

Orang yang tidak kuat menghadapi masalahnya bisa meninggalkan bekas yang amat dalam seperti jadi traumatik namun bagi orang yang kuat menghadapi masalah tidak membuatnya jadi terpuruk bahkan dia semakin tambah bijaksana dan kuat pribadinya atau istilahnya orang yang tahan banting.

Masalah bisa membuat seseorang lagi berproses tengah berjuang menghadapi perubahan dalam hidupnya, memang jalan menuju kesuksesan terutama hubungan percintaan untuk melewatinya rentan ditimpa gangguan depresi dan kecemasan tetapi hal ini bisa membuat kita jadi kuat untuk menatap masa depan maupun cita-cita yang kita miliki.

Kalau ada orang terdekat kita sedang mengalami masalah dalam hidupnya, kita bisa membantunya dengan memberikan dukungan yang nyata. Salah satunya jadilah pendengar yang baik dengan hati yang tulus untuk memperhatikannya, menemaninya dan mendengarkannya, siapa tahu dengan ketulusan hati kita maka dia mau terbuka kepada kita untuk berbicara mengenai masalahnya.

Jadi pendengar yang baik secara tidak langsung, kita tetap berada disampingnya sesulit apapun masalahnya kita ada disana untuk memberikan dukungan yang nyata supaya dia bisa sukses melewati masalahnya, kehadiran kita didekatnya bisa membuat kenyamanan dan keamanan perasaannya tetap terjaga dan stabil.

Baca juga:  Matangkan 5 Persiapan Pranikah Jika Ingin bahagia

Bahwa ada orang-orang terdekatnya tidak meninggalkannya seorang diri adalah momen penghargaan terhadap dirinya akan selalu diingat sepanjang hidupnya, baca juga cinta adalah komunikasi dua arah.

Kesimpulannya: ada masalah jadilah pendengar yang baik apabila orang terdekat kita tiba-tiba perilakunya berubah jadi pendiam, untuk membicarakannya jangan langsung menanyakan apa masalahnya pasti dia akan menolaknya apalagi kalau masalahnya menyangkut hal yang prinsipil.

Untuk membantunya jadilah pendengar yang baik disertai hati yang tulus untuk membantunya, siapa tahu dengan ketulusan hati kita, dia mau terbuka untuk berbicara mengenai masalahnya, jadi jangan pernah kita memaksakan dia untuk mau berbicara.

Terima kasih sobat sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca ada masalah jadilah pendengar yang baik, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu, semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Sobat ada tanggapan lain?




ARTIKEL LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gravityscan Badge