Kontak Batin Cinta

Ada masalah cinta tidak ada salahnya curhat dengan orang tua

Ada masalah cinta tidak ada salahnya curhat dengan orang tua

Kamu ada masalah cinta tidak ada salahnya curhat dengan orang tua, terutama masalah yang menyangkut keseriusan hubungan antara laki-laki dan perempuan. Mungkin bagi sebagian kamu mengobrol hal pribadi dengan orang tua adalah hal yang aneh, banyak yang bilang sarannya tidak gaul, kuno dan berisiko dimarahi.

Wajar saja kamu bilang seperti itu, kedekatan antara kamu dengan orang tuamu tidak begitu dekat untuk saling berbagi cerita. Padahal curhat dengan orang tua justru paling nyaman dan aman dibandingkan dengan orang lain, kenapa? ayah dan ibumu adalah sosok yang paling dekat dengan kamu sudah ada sejak dari kecil, ayah dan ibumu lebih memahami dan mengerti kamu luar dalam seperti apa sifatmu yang sesungguhnya dibandingkan teman-temanmu, bahkan pacarmu sendiri.

Ada masalah cinta tidak ada salahnya curhat dengan orang tua, memang zamannya berbeda tapi masalah dan polanya masih tetap sama tidak ada bedanya, jika kamu curhat dengan pacar atau temanmu sendiri terkadang keliru dalam memberikan solusinya karena mereka tidak begitu paham masalah dirimu alami dan masih kurangnya pengalaman

Hampir usia remaja cenderung lebih dekat dengan teman-teman sebayanya, termasuk juga ayah ibumu dulu pernah merasakan hal yang sama. Alasan remaja lebih dekat dengan teman sebaya karena temannya dianggap lebih paham mengenai kondisi dirinya daripada orang tuanya sendiri.

Remaja beranggapan orang tuanya tidak paham dengan kondisi atau masalah yang dirinya alami, padahal orang tuamu dulu juga pernah muda. Memang zamannya berbeda tetapi kalau mengenai masalah anak muda, terutama cinta. Tentu ayah ibumu masih memahaminya, bahkan polanya dijumpai masih tetap sama tidak ada bedanya. Jadi, kamu ada masalah cinta tidak ada salahnya curhat dengan orang tua.

Baca juga:  Pentingnya Perjanjian Pranikah sebagai Bentuk Perlindungan

Contohnya dulu tidak ada smartphone, sekarang ada smartphone. Bukan hanya kamu saja yang memakai smartphone tapi juga ayah ibumu menggunakan smartphone. Dulu ibumu melihat acara masakan di televisi tapi sekarang ibumu bisa melihat acara masakan tiap hari di youtube.

Contoh lainnya mengenai cinta, dulu ayah ibumu kalau kenalan lewat telepon, surat dan ketemuan. Tak heran, komunikasi dua arah bisa terjalin dengan rapi dan nyaman di antara keduanya. Bahkan ketika ada masalah yang muncul bisa teratasi dengan cepat tidak menunda-nunda berhari-hari, atau berminggu-minggu.

Namun kamu dan pacarmu bisa lancar mengeluarkan kata-kata mesra-mesraan atau sayang-sayangan lewat chat via smartphone tapi ketika ketemuan tiba-tiba kalian berdua saling jaim, ketika ada masalah yang muncul bingung sendiri bagaimana cara penyelesaiannya. Bahkan ada yang mendiamkan pacarnya sampai berminggu-minggu lamanya.

Kamu ada masalah cinta tidak ada salahnya curhat dengan orang tua tapi lihat juga situasinya, ketika ayah ibumu tidak sedang sibuk, atau posisi lagi santai. Kalau ayah ibumu sedang sibuk tapi kamu memilih curhat, misalnya ayah pusing sedang mengerjakan tugas kantor yang menumpuk, atau ibu sedang membuat laporan bulanan RT/RW sangatlah wajar kamu akan dicuekin.

Baca juga:  Apakah Ini Cinta atau Bukan untuk Mengetahui Perasaan Sendiri?

Saat ayah ibumu sedang posisi santai, kamu bisa curhat dengan mereka. Misalnya “ayah atau ibu, aku mau cerita nih” lalu tunggu respon dari ayah ibumu dulu. Kalau ada jawabannya “oke”, kamu bisa melanjutkan ceritamu panjang lebar.

Sebelum kamu curhat dengan ayah ibumu diperlukan trik jitu untuk mengawalinya, mulailah dengan obrolan ringan terlebih dulu seperti tanya kabar ayah ibumu sampai berita terbaru yang lagi hit saat ini bisa kamu sampaikan kepada ayah ibumu.

Setelah asyik mengobrol ringan bersama ayah ibumu, kamu bisa masuk pelan-pelan untuk curhat mengenai hal yang membuatmu penasaran, atau kepikiran untuk meminta sudut pandangan ayah ibumu yang jauh lebih bijak dan lebih luas pengalamannya.

Disarankan kamu jangan hanya curhat kalau lagi ada butuhnya saja, usahakan mengobrol santai tiap harinya dengan ayah ibumu juga. Jangan hanya sama pacar saja, kamu bisa meluangkan waktu untuk mengobrol tiap hari, bahkan berjam-jam lamanya tapi mengobrol dengan orang tuamu bisa dihitung dengan jari.

Asyiknya curhat dengan ayah ibumu, kamu bisa bercerita banyak hal dibandingkan dengan pacarmu sendiri, atau sahabat dekatmu terkadang ada rasa sungkan “malu untuk dibicarakan”. Kata lainnya semua rahasia terburukmu bisa diketahui oleh mereka luar dalam.

Saat kamu curhat dengan ayah ibumu secara otomatis kamu akan belajar berdiskusi untuk melakukan komunikasi yang baik dan sehat, manfaatnya bisa kamu rasakan ketika berinteraksi dengan orang lain. Ketika curhat kamu jangan langsung ngambek, atau membantah duluan. Kalau ternyata ada saran atau nasihat dari orang tuamu cukup tegas.

Baca juga:  Yuk Intip Cara Move On Ala 3 Selebriti Papan Atas

Dengarkan saja dulu, tidak perlu dibantah, pikirkan dengan pola logika yang jernih dan sehat. Jangan terburu-buru pakai emosi dulu, saran atau nasihat ayah ibumu itu. Mereka pernah mengalami masa remaja yang sekarang kamu jalani, walaupun beda zaman tapi polanya masih tetap sama secara tidak langsung ayah ibumu tahu solusi yang terbaik.

Kesimpulan ada masalah cinta tidak ada salahnya curhat dengan orang tua:

Bagi sebagian kamu curhat masalah cinta dengan ayah ibu adalah hal yang aneh, bahkan sarannya tidak gaul, kuno dan berisiko dimarahi itu artinya kamu tidak cukup dekat dengan ayah ibumu. Padahal curhat dengan ayah ibu justru paling nyaman, asyik dan aman dibandingkan dengan pacar atau temanmu sendiri.

Kamu beranggapan ayah ibumu tidak paham masalah yang dirimu alami, padahal ayah ibumu dulu juga pernah muda. Zamannya kamu dan ayah ibu memang berbeda tapi kalau masalah cinta masih tetap sama, bahkan polanya masih dijumpai tetap sama tidak ada bedanya dulu atau masa kini. Jadi, kamu ada masalah cinta tidak ada salahnya curhat dengan orang tua.

Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan waktu luangmu untuk sejenak membaca ada masalah cinta tidak ada salahnya curhat dengan orang tua, silakan bagikan agar bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua. Berikan komentarnya atau ada yang ingin ditanyakan?




ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Gravityscan Badge